Unforgettable Experience!

9:17:00 PM 17 Comments A+ a-

“Masa putih abu-abu adalah hal yang mengesankan”
Awal Masuk SMA...
06 Juli 2011 – 08 Juli 2011
Pada hari itu aku sudah resmi menjadi siswa di SMA ini. Itu artinya aku harus melalui masa MOS (Masa Orientasi Siswa) selama 3 hari. Berbagai peralatan yang harus disiapkan, mulai dari sapu lidi, bakul, dan topi purun (topi yang dibuat dari daun kelapa yang dikeringkan). Dan bagi anak cewe rambutnya harus dikepang tiga, diikat memakai pita warna merah putih, dan bagi anak cewek yang memakai jilbab, pitanya di jepit di luar jilbab (bayangin aja deh ya sendiri :P). Selama beberapa hari itu kami diperintahkan untuk membawa makanan yang namanya dikasih tau pake tebak-tebakan. Misalnya, snack petualang (Taro), air mata gunung (Aqua), 2 batang shampo kucing (Kit-Kat). Nah yang tebakan 2 batang shampo kucing itu yang gokil banget, ada anak yang bawa shampo kit buat nyuci sepeda motor dan 2 ranting pohon :D. Kalo aku sendiri bawa 2 batang coklat Kit-Kat. Waktu itu aku sms-an sama salah satu kakak panitia MOS, kakaknya baik banget mau ngasih tau jawaban tebak-tebakkannya.
Dan, tibalah dihari terakhir masa MOS, ada sesi minta tanda tangan sama kakak-kakak panitia. Panitianya banyak banget, sekitar 50 orang. Kalo minta tanda tangan tuh gak segampang jatuh cinta. Terkadang kalau kakak seniornya baik, minta langsung dikasih, ada yang disuruh berpose dulu terus kakak seniornya dengan muka licik membidikkan kameranya kepada kami, ada yang disuruh nyanyi, joget, dan ada juga yang disuruh menyatakan cinta. Aku salah satu korbannya, waktu itu aku minta tanda tangan sama kak Panji.
Aku : Kak, Permisi boleh minta tanda tangannya gak?
Kakak Panitia : Siapa nama kamu?
Aku : Nama ulun (aku) Fatimah Ka *sambil senyum*
Kakak Panitia : Oh, Bilang dulu sama ka Iqbal “I LOVE YOU”! Baru aku kasih tanda tangan *senyum licik*
(Aku berjalan menuju tempat ka Iqbal)
Aku : Ka Iqbal, I LOVE YOU *malu-malu*.
Ka Iqbal : Iya *senyum*
Aku : Ulun (aku) disuruh ka Panji ka *sambil senyum*
(Setelah itu aku berlalu pergi, dan meminta tanda tangan ka Panji)
Aku : Kak, tadi udah bilang sama ka Iqbal *menyodorkan buku buat tanda tangan*
Kak Panji : Oh, iya. *sambil mengasih tanda tangan*
Setelah sesi tanda tangan sudah selesai. Maka acara Mos pun ditutup. Artinya mulai hari ini kami sudah benar-benar resmi menjadi siswa/siswi di SMA ini.
11 Juli 2011
Hari ini perjalanan putih abu-abu dimulai. Akankah perkataan orang-orang selama ini benar? “Masa putih abu-abu adalah masa yang paling menyenangkan”. Aku pikir masa SMA ini bukan hanya masa putih abu-abu. Karena, dalam satu minggu memakai baju putih abu-abu itu cuma hari selasa. Bagaimana dengan hari yang lainnya? Sekolahku punya banyak seragam. Jadi setiap hari itu berbeda seragam. Saking banyaknya, sampai-sampai aku pernah salah pakai jilbab. Saat itu hari rabu, seharusnya pakai jilbab putih. Tapi aku malah pakai jilbab hitam. Untung tidak diberikan sanksi, karena para guru pasti memahami kan wajar baru awal-awal masuk sekolah.
Seragam sekolah dari hari Senin sampai Sabtu.

Mungkin ini adalah masa penuh warna, seperti warna seragam sekolahku. Aku ditempatkan dikelas X-D. Saat kelas X aku mendapatkan teman-teman yang sinisnya minta ampun, dan juga ada yang baik hati, lebih parahnya aku mendapatkan wali kelas yang gokil banget. Wali kelas aku itu namanya Bapak Palui (nama disamarkan) . Bagaimana tidak gokil? Pernah pagi-pagi sekali beliau kesekolah, kebetulan waktu itu aku sudah berada dikelas, dan si Bapak bawa air satu botol aqua dan air itu di siramin dikelas X-D. Gak tau apa maksudnya, mungkin dikelas kami ada sesuatu. Setiap lomba kebersihan kelas, kelas kami tidak mendapatkan gelar kelas terbersih malahan kelas yang paling kotor. Oleh karena itu, kamipun disuruh bersih-bersih sampai mau maghrib. Dan akhirnya kelas kami mendapatkan gelar kelas terbersih. YEAAHHHH!
Oh, iya satu lagi. Wali kelas kami itu mengajar pelajaran Eknomi. Beliau selalu nyumpahin kena sariawan dan selalu bilang kalo gak mau sariawan puasa 3 hari. Jadi setiap kali kami melakukan kesalahan misalnya, kalo ada yang berbohong. “Kalo berbohong nanti kena sariawan” kata bapaknya. Ada lagi kalo ketahuan main hape waktu pelajaran beliau juga bilang kaya gini “Kalo main hape jam pelajaran Bapak nanti hapenya rusak atau lebih parahnya hilang”. Jadi setiap kali pelajaran ekonomi gak ada yang berani main hape.
***
To be a secret admirer...
Saat SMA aku mempunyai seseorang yang aku kagumi. Aku mengagumi seorang kakak kelas, namanya sebut saja si R. Sejak kelas X aku sudah menyukai si R, entah apa yang membuatku menyukainya. Aku tak punya cukup alasan untuk itu. Yang aku tau ketika aku melihatnya, ada perasaan senang, dan selalu ingin melihatnya. Pernah sekali waktu, ketika si R bermain sepakbola dilapangan, aku memperhatikannya diam-diam. Sesekali aku tersenyum geli melihat tingkah lakunya. Bahkan aku juga pernah mengabadikannya sewaktu bermain bola dilapangan menggunakan kamera handphoneku. Banyak hal yang aku lakukan ketika menjadi secret admirer. Mulai dari gencar mencari tau tentang nama lengkapnya, tanggal lahirnya, twitter, facebook, nomor handphone, alamat rumahnya. Lengkap banget ya? Tak hanya sampai disitu aku pun pernah mengirimkan sebuah surat kepada si R, yang berakhir surat itu malah diposting ditwitternya sendiri. Selama 2 tahun aku mengagumi si R, dan saat hari perpisahan tiba keinginanku terkabul. Aku bisa mengabadikan momen bersamanya meskipun hanya satu kali seumur hidup. Pada hari itu aku senang banget :)
Foto si R sewaktu bermain bola :)
Kita tinggalkan kisah si R, karena jika aku menceritakannya bisa-bisa bikin satu novel. Dilain waktu aku akan menceritakannya lebih detail lagi. Ada satu kisah lagi, aku juga pernah mengagumi teman sekelasku, sebut saja namanya S. Si S ini cowok yang sangat cuek, pendiam, pokoknya kepribadiannya susah ditebak. Tapi ternyata cueknya itu yang bikin aku terjatuh kedalam perasaan yang tak terdefinisikan. Waktu itu ada acara disekolahku. Hari sabtu, aku lagi asyik makan sama teman dikantin. Tiba-tiba ada seseorang yang memanggilku. “Fatimah, ada bawa staples gak?” tanyanya kepadaku. “Iya, ada kok” jawabku sambil menyodorkan staples sama si S. Setelah selesai pinjem, si S tak lupa mengucapkan terima kasih dan berlalu pergi. Aku yang menyadari kejadian tersebut jadi salting. Kenapa? Bayangin aja ada cowok yang kamu suka bela-belain nyari kamu cuma buat pinjem itu doang, kenapa gak minjam sama yang lain? Jawabannya cuma ada dua. Pertama, si S gak tau siapa yang punya staples itu selain aku dan yang kedua si S memang niatnya cuman pengen ketemu aku? Hih! Geer banget! Sejak saat itulah aku menyebut staples ini “meskipun kecil tapi besar manfaatnya”. Yaiyalah, meskipun benda ini kecil tapi banyak yang butuhin. Salah satunya si S yang bela-belain nyari aku cuma buat pinjem staples doang :P
Staples yang dicari si S sampai kekantin :)
***
Hal yang paling memalukan itu....                         
17 Februari 2012
Setiap hari Jum’at disekolahku itu ada acara dari jam 07:30-09: 00. Biasanya ada acara ceramah agama, bersih-bersih kelas, ataupun para gurunya senam. Tapi hari ini berbeda, hari ini acara “Sosialisasi Sasirangan” yang diisi oleh Ikatan Putra Putri Sasirangan. Jadi setelah sesi terakhir mereka punya pertanyaan, dan yang jawab itu nanti dipilih kakak-kakaknya. Dan, akibat kehebohan teman-temanku, aku dipilih maju kedepan. Ini pertama kalinya aku berada di depan ± 540 siswa. Malu banget, sumpah! Badan aku gemetaran banget. Aku tidak sendiri di depan tapi juga ada cowok. Setelah itu aku dikasih pertanyaan “Yang mana merupakan baju sasirangan asli dan yang printing dan apa perbedaannya? ” tanya kakak cewek sambil memperlihatkan 2 baju yang bercorak sasirangan. “Kalo sasirangan asli serat-serat jahitannya terlihat jelas sedangkan yang printing tidak terlihat jelas” jawabku.
Setelah itu aku disuruh kembali ketempat untuk mendengarkan penjelasan. Ketika kembali ketempat aku malu banget dan berusaha menenangkan diri. Selesai mendengar penjelasan, akupun dipanggil lagi ke depan. LAGI! dan ternyata jawabanku benar! Aku pun mendapatkan hadiah seutas kain yang berbentuk seperti selendang. Meskipun cuma itu, tapi diberikannya secara terhormat. Kenapa? Selendangnya dipasangin sama kakak cowok yang ganteng. Setelah itu aku dan kakanya foto bareng, duh so sweet. Meskipun kejadian itu malu-maluin tapi sukses bikin teman-teman aku iri :P
Kain selendang yang diberikan kakak ganteng, aku gak punya foto yang bareng kakaknya sih :(




***
Ketika Pelajaran kosong....
Dimana-mana yang namanya murid itu paling senang kalo pelajaran kosong. Mau yang pinter atau yang gak pinter sekalipun. Itu menurut hasil observasi selama ini. Jadi, hal apa yang sering dilakukan para murid untuk mengisi kekosongan itu? Ada yang kekantin, ada yang bergosip ria, ada yang nonton film, bahkan ada juga yang main UNO. Nah kalo dikelas aku sih biasanya kalo gak nonton film atau main UNO. Sewaktu kelas XI, ketika pelajaran kosong. Kami menghabiskan waktu untuk bermain UNO. Biasanya yang kalah dikasih bedak atau dikasih truth or dare (kejujuran atau tantangan). Kalau lagi gak ada bedak maka kami memilih truth or dare. Dulu, dikelas XI IPA 3 itu ada kelompok yang gila banget main Uno. Iya! Sampai waktu pelajaran pun mereka sempat-sempatnya main secara sembunyi-sembunyi.
Main Unonya gak cuma dikelas tapi sepulang sekolah juga :p
Ketika ada pelajaran kosong kami tidak hanya main uno ataupun menonton film. Tapi, ada hal yang lebih gila lagi yang kami lakukan. Yaitu ngajakin guru pengajar bikin video. Begini ceritanya....
04 Maret 2013
Hari ini ada acara di sekolah, biasanya ketika ada acara kami sebagai murid yang normal akan mempunyai aura “malas belajar”. Dan, hari ini seharusnya kami belajar TIK. Bapak yang bersangkutan pun sudah siap mau masuk kelas. Tapi, kami bilang sama bapaknya “Pak, kelas lain aja gak ada yang belajar masa kita belajar?”tanya kami serentak. Bapaknya hanya senyum, bapanya memang murah senyum sih! Terus ada lagi yang teriak “Pak, kita bikin video harlem shake aja pak?” tanya salah seorang teman dikelasku. Bapaknya pun bingung, terus “Oh, yaudah deh!”. Bapaknya memang baik banget mau aja dibawa bikin video. Dan kami pun mulai bikin video harlem shake. Buat yang mau lihat videonya silahkan klik DISINI. Jangan pernah meniru adegan itu ya!!!
***
Keburu dikunci pagar....
11 Februari 2014
Setiap pukul 07:30 tepat, pagar disekolahku akan ditutup. Maka, bagi siswa yang datangnya lewat dari jam tersebut dikunciin pagar. Dulu pernah diterapkan, bagi siswa yang terlambat maka disuruh pulang. Tapi akhir-akhir ini peraturan tersebut tidak diterapkan lagi. Hari ini aku telat 5 menit saja. Dan terpaksa harus nungguin sampai pagarnya dibuka lagi. Ternyata aku tidak sendiri, juga ada yang lainnya. Setelah menunggu 10 menit pagar pun dibuka, dan absen dulu buat yang terlambat. Biasanya bagi yang terlambat akan dihukum, mulai dari bersih-bersih sampai lari keliling lapangan. Syukurnya hari ini kami hanya disuruh bersih-bersih. Tapi, meskipun tidak diberi hukuman berat. Aku khawatir bagaimana nanti jika aku masuk kelas. Karena hari ini jam pelajaran pertama itu Bahasa Indonesia. Sebenarnya sih Bapaknya gak menggigit, hanya saja pasti dibikin malu depan kelas. Yasudahlah itu urusan belakangan, pikirku. 
Dihukum teteup eksis :P
 
Setelah bersih-bersih kami pun di suruh kembali ke kelas masing-masing. Dikelasku, XII IPA 2 aku tidak sendiri tapi ditemani oleh 2 orang cewek. Terus si A bilang ke B “Eh, B kita bolos aja yuk mending kekantin, daripada harus ketemu bapaknya dikelas”. “Iya, sih bapaknya nanti pasti bikin malu kita” jawab si B. Lalu si A nanya ke aku “Gimana fatimah?”. “Aku gak berani bolos” jawabku. Setelah sampai di depan kelas si B ngomong lagi “Aku gak berani masuk” katanya. “Iya, aku juga gak berani. Mending kamu aja deh fatimah masuk kalo kamu berhasil nanti baru kami masuk” kata si B. Akupun mulai bingung, antara mengikuti ajakan mereka ataupun berani masuk kekelas sendirian. Dan aku pun berpegang teguh sama prinsip “Lebih baik aku dimarahin guru daripada harus ketahuan bolos”. Deg, memberanikan diri masuk kekelas sendirian.
“Pak maaf telat” kataku. “Hah? Kenapa telat?” tanya bapaknya dengan muka serius. “Ngg...ngg.. tadi pak itu tadi macet” jawabku. “Macet? Apa yang macet?” tanya bapaknya lagi. Teman dikelas pun mulai rame nakut—nakutin sambil bersorak-sorak. “Sepeda motornya pak” jawabku ngasal. “Sudah diperbaiki gak motornya?”. “Mmm, yang macet itu jalannya pak” jawabku sambil nyengir gak jelas. “Jalannya bisa macet ya?” tanya bapanya. Setelah itu bapanya ngomong lagi “Yaudah sana duduk, besok kesekolahnya jam 9 ya?” kata bapanya. “Iya pak” jawabku. Duh sebenarnya kesal banget digituin, tapi mau gimana lagi yang penting udah masuk kelas meskipun dipermalukan gitu. Bapaknya memang gitu, kalo ada yang telat pasti dibilangin “besok kesekolah jam 9 ya?”. Bukan berarti bapaknya nyuruh beneran ya, tapi itu semacam sindiran lebih tepatnya :D
***
Itulah beberapa pengalaman yang terjadi dimasa SMA. Mungkin masih banyak lagi hal-hal yang terjadi dan aku sendiri sudah lupa. Beberapa bulan lagi aku akan meninggalkan masa-masa yang paling berkesan ini. Bukan hanya aku, tapi semua kelas 12 SMA/SMK. Harapannya semoga kita lulus Ujian Nasional dan diterima di PTN yang diinginkan. Amin! Suatu hari nanti kita akan merindukan masa-masa SMA ini :)


Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

17 comments

Write comments
Julian
AUTHOR
March 24, 2014 at 1:00 AM delete

cie cie yg menganggumi R sampe segitunya :) ,, seneng bgt ya kyknya kalo ge ceritain si R ,, btw loe pernah di kagumi secara rahasia gk ?????

Reply
avatar
March 24, 2014 at 3:04 AM delete

bener2 masa SMA tuh...
btw "ulun" itu kata dari bahasa daerah ya..ak baru tau nih...
dan foto si R nggak jelas banget..keliatan kalo diambil diem2..bener2 secret admirer sejati..hahaha

Reply
avatar
Mei Wulandari
AUTHOR
March 24, 2014 at 4:00 AM delete

ckckckckckck panjang bener postingannya Fatimah, untung kelar juga bacanya hahaha
btw itu MOSnya aneh, baru tau snack petualang adalah taro, dan air mata gunung adalah Aqua. yg lebih aneh tu KIT-KAT jhahaaa aku ja ga sampai kepikiran ke situ, enak ya kamu dikasih tau sama kakak kelas :)

Ahayyy aku tau siapa si R itu, dia adalah KAK REI, iyaaa kan?? pas lulusan kamu berhasil foto ma dia? ihiiiirrr

emang sih masa-masa SMA tu ga terlupakan, banyak manisnya tapi ada memalukannya
itu kenapa seragammu tiap hari beda?? capek nyucinya ntar hadeww
sukses ya moga menang GAnya

Reply
avatar
Dewi Chunyang
AUTHOR
March 24, 2014 at 5:10 AM delete

Yap. benar banget.
Kalau ingat-ingat masa SMA, pasti gak ada habisnya.
Ada saja yang diceritain, dari yang masnis sampai yang pahit, bhkan ampe yang kecut pun masih teringat jelas. Hahahah ... :D

Reply
avatar
Fatimah Aqila
AUTHOR
March 24, 2014 at 5:48 AM delete

Hahahaha, aku selalu senang menceritakan orang-orang yang pernah singgah dihidupku kak :)
Pernah gak ya? gak tau sih kak, kan namanya juga rahasia pasti yg yg mengagumi ya rahasia dia sendiri sih :D

Reply
avatar
Fatimah Aqila
AUTHOR
March 24, 2014 at 5:50 AM delete

Iya kak, ulun itu artinya aku dalam bahasa banjar. Biasanya digunakan kpd org yg lebih tua kak :D

Hahahaha, begitulah yg namanya secret admirer kak... Cinta diem2 :D

Reply
avatar
Fatimah Aqila
AUTHOR
March 24, 2014 at 5:53 AM delete

Hahahahha, memang aneh kak... Ya gitu deh. Iya beruntung gitu dpt kenalan kakak kelas yg baik hati :D

Hahahaha, duh kak mei tau aja :D iya kak, memang udah gitu seragamnya beda-beda tiap hari :D iya kak, makasih :)

Reply
avatar
Fatimah Aqila
AUTHOR
March 24, 2014 at 5:56 AM delete

Hahahaha, mungkin masa SMA tak akan lekang oleh waktu pokoknya :D

Reply
avatar
mela hartono
AUTHOR
March 24, 2014 at 6:47 AM delete

Ah~ baca postinganmu ini bikin aku senyum-senyum sendiri tahuuu... keinget masa2 MOS itu.
Disuruh bawa bekal aneh-aneh: tempe harus ukuran 10cm PAS! pisang ukuran 15cm PAS! (ini akhirnya ke rumah makan yang ada pisangnya bawa2 penggaris), telor goreng tapi kuningnya diluar. roti yg dlm 1 roti ada tiga rasa. Belum lagi kostum MOSnya yang harus dipake dalam range beberapa kilo dr sekolah, jadi klo ada kakak pembina yang tahu kita gak pake kostum MOS waktu jalan ke sekolah, pasti didamprat.

Disuruh bilang I LOVE YOU ke kakak kelas atau jadi perantara cekcok antar kakak kelas juga pernah nih. nulis surat cinta buat kakak kelas juga pernah, mana dipaling akhir surat harus dikasih cap bibir pake lipstik.

Naksir kakak kelas juga (pasti) pernah lah... Heee~ jadi kangen. Makasih yah, udah mengingatkanku dengan kenangan nyebelin sekaligus indahnya masa MOS.

Reply
avatar
Fatimah Aqila
AUTHOR
March 24, 2014 at 6:55 AM delete

Iya, pokoknya masing2 dari kita mempunyai cerita sendiri deh pokoknya tentang SMA :D

Ha? sampai segitunya pakai lipstik :D

Wah, kakak udah lulus dong ya? iya masa-masa SMA itu memang bikin kangen :D

Reply
avatar
March 24, 2014 at 6:06 PM delete

Waaah masa orientasi siswaa. Gue jadi inget waktu gue jadi bocah ingusan yang baru masuk SMA dulu. Dimarahi sama panitia mos, disuruh kerja bakti, pokoknya meskipun capek seru banget lah pokoknya.
Btw kita seangkatan loh.

Waktu jam kosong... hmm gue sih lebih sering main hp dan terjun ke dunia maya, enak banget lah pokoknya bisa main sosial media sepuasnya kalo lagi jam kosong. Tapi terkadang juga nonton film juga trus di tayangin di lcd kelas.

Seru banget lah pokoknya masa putih abu-abu ini. Tapi sayangnya tahun ini gue harus ninggalin semua itu karena sebentar lagi kontrak masa SMA ku sudah habis.

Reply
avatar
Fatimah Aqila
AUTHOR
March 25, 2014 at 6:14 PM delete

Hahahaha, iya panitia mos mah kerjaannya marah2 tanpa sebab :D

Nah! nonton film di lcd juga sering sih dikelas. Waaaaaaaaaaa, oh iya kita seangkatan ya. Mau gak mau kita harus mengakhiri kontrak ini. Harus pokoknya hehehe

Reply
avatar
Liaalicious-
AUTHOR
March 26, 2014 at 8:13 PM delete

Bener, masa SMA itu emang masa yg paling indah~
Shampoo kucing? Kit-Kat? Kok kepikiran kayak gitu ya? Wkwk. Kreatif kakak kelasnya :D Asik banget dikasih bocoran. Waktu aku dulu MOS sih boro-boro. Yg ada luntang-lantung gak jelas nanya sana-sini =))
Eh, itu beneran seragamnya tiap hari ganti? Buset dah. Bingung ya pasti pas awal-awal? Sampai salah make tuh, haha.

Reply
avatar
Fatimah Aqila
AUTHOR
March 26, 2014 at 11:17 PM delete

Hahahahaha iya kreatif banget. Syukur banget kemaren aku ketemu kk kls yg baik kaya gitu :D

Iya, beneran itu seragamnya asli kayak gitu :D Iya bingung banget sempat pernah salah jilbab sih hahhaa

Reply
avatar
April 19, 2014 at 8:41 PM delete

buset, bener2 dijabarin ya mas SMA nya, sampe yg jadi secret admirer nya juga ada. keen kerennn...
moga menang yaaaw :D

Reply
avatar
FatimahAqila
AUTHOR
May 2, 2014 at 6:13 AM delete

Hahahaha syukur syukur nggak aku bikin novel yam :D

Reply
avatar
November 30, 2017 at 4:55 AM delete

Panjang rambutnya seberapa itu sampai digulung?

Reply
avatar