Happy Earth Day 2015

3:25:00 PM

“Jika kamu tidak dapat melakukan hal-hal hebat, lakukan hal-hal kecil dengan cara yang hebat.” ~ Napoleon Hill

Hai, apakabar nih? Semoga kalian dalam keadaan yang sangat baik. Aku harap begitu. Oh iya, hari ini hari apa teman-teman? Yep, hari ini hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April. Selamat hari bumi ya, cintai bumi ini ya. Muehehehe
sumber disini

Kira-kira kenapa sih ada perayaan hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April ini? Ternyata ada sejarahnya loh :


Sejarah peringatan Hari Bumi (Earth Day) diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup. Gagasan tentang peringatan Hari Bumi mulai disampaikan oleh Gaylord Nelson sejak tahun 1969. Saat itu Gaylord Nelson memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas.

Dukungan ini mencapai puncaknya pada tanggal 22 April 1970. Saat itu sejarah mencatat jutaan orang turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York untuk mengecam para perusak bumi. Majalah TIME memperkirakan bahwa sekitar 20 juta manusia turun ke jalan pada 22 April 1970.

Moment ini kemudian menjadi tonggak sejarah diperingatinya sebagai Hari Bumi yang pertama kali. Tanggal 22 April juga bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) sekaligus musim gugur di belahan bumi selatan. Sejak itu, pada tanggal 22 April setiap tahunnya Hari Bumi (Earth Day) diperingati.

Sejarah mencatat, Hari Bumi merupakan kampanye untuk mengajak orang peduli terhadap lingkungan hidup. Gerakan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Hari Bumi telah menjadi sebuah gerakan global yang mendunia hingga kini. Pelaksanaannya di seluruh dunia dikordinasi oleh Earth Day Network’s, sebuah organisasi nirlaba beraggotakan berbagai LSM di seluruh dunia.

PBB sendiri memilih tanggal 20 Maret saat di mana matahari tepat diatas khatulistiwa sebagai peringatan Hari Bumi. Ini mengacu pada ide “hari bagi orang-orang Bumi” yang dicetuskan aktivis perdamaian John McConnell. Hari yang lebih dikenal sebagai “Hari Bumi Equinoks” ini diperingati PBB setiap tahunnya sejak 21 Maret 1971. Namun PBB juga mengakui tanggal 22 April sebagai hari bumi yang dilaksanakan secara global. PBB secara resmi merayakannya 22 April sebagai “International Mother Earth Day“. (Sumber : disini)
***
 Nah, itulah sekilas sejarah peringatan hari Bumi, Untuk memperingati hari Bumi kali ini banyak loh guys kegiatan yang bisa kita lakukan. Salah satunya berpartisipasi dalam kegiatan yang aroma-aromanya menjaga bumi dari kerusakan gitu deh pokoknya. Aku senang banget nih, untuk tahun ini  bisa ikut dalam kegiatan memperingati hari Bumi pada hari ini.

Lumayan banyak loh kegiatan yang diadakan di kampus pada hari ini. Mau tau apa aja? Hari ini program studi aku sendiri mengadakan soft opening untuk acara yang kami adakan "ECOSOUNDSATION 2015." Apa itu ECOSoundsation?
ECOSoundsation itu adalah nama acara yang diadakan oleh  Fakultas Teknik Prodi Teknik Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat yang mana ini adalah agenda yang memang diadakan setiap tahunnya. Rangkaian acara yang diadakan pun berjangka dari bulan April hingga September. Banyak event-event yang tentunya sayang untuk kalian lewatkan bersama #ECOSoundsation2015 kali ini loh guys!

Contohnya saja di acara soft opening hari ini, masih dalam rangkaian acara #ECOSoundsation kami mengadakan acara "Bakti Kampus." Dalam acara Bakti kampus ini juga banyak kegiatan yang kami lakukan, misalnya bersih-bersih halaman kampus, menanam pohon, pengolahan biopori, dan lain-lainnya. Untuk penjelasan lebih lanjutnya, biarkan foto yang berbicara ya guys!














Nah, tidak hanya sampai disini. Kami juga masih ada kegiatan yang lain yang tentunya masih dalam rangkaian acara #ECOSoundsation2015. Nanti pada hari Sabtu dan Minggu, kami akan mengadakan "Grand Opening ECOSoundsation." Banyak acara yang kami adakan loh guys : Ada acara Stand Up Comedy, Dance Competition, orasi, bazar, mewarnai (tingkat TK), melukis bak sampah (tingkat SD). Yang di meriahkan oleh Cha_Catuk Reggae, Southdistric, Parodi Waktu, Beatbox, LoL dan banyak lagi.  Jadi buat kalian yang bingung mau kemana atau yang mau dukung teman kalian langsung aja datang ke Museum Lambung Mangkurat dan buat kalian yang datang bisa mendapatkan bibit pohon gratis loh. 


Jadi, buat kalian yang masih berada di wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, dan sekitarnya jangan lupa ya guys datang. Dijamin deh pokoknya acaranya pasti seru, muehehe. Buat kalian yang berada diluar daerah jangan bersedih ya gak bisa datang, meskipun kalian gak bisa berpartisipasi untuk datang. Kalian masih bisa kok melakukan hal-hal kecil untuk Bumi ini tetapi mempunyai manfaat yang besar nantinya. Hal kecil yang bisa kalian lakukan itu, salah satunya "jangan membuang sampah sembarangan, contohnya saja bungkus permen." Meskipun menurut kalian bungkus permen itu kecil, tapi jika dibayangkan 1000 orang yang membuang bungkus permen sembarangan pasti bakalan jadi lautan sampah jugakan? Think before you act, gaes :)

Oh iya, masih dalam rangkaian #ECOSoundsation2015 nih. Kami juga mengadakan lomba "Menulis Essay" loh! Nah bagi kalian yang punya bakat ataupun minat buat ikutan silahkan di cek disini ya >>> Panduan Lomba Menulis Essai

"Cintai Bumi ini. Karena hanya dengan cinta kita dapat mengubah segalanya. Begitu pun dengan mencintai bumi ini kita dapat mengubah hal-hal yang tak mungkin menjadi mungkin. Kita dapat mengubah bumi yang tandus & gersang menjadi lebih hijau."



You Might Also Like

4 comments

  1. hari mencintai mantan adalah? :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. STOP BAHAS MANTAN KA ADIT!!!! :) *eh maaf cps wuahahah

      Delete
  2. Apa jari Adit tuh bahas mantan terus..

    Sedih juga lihat keadaan bumi sekarang, sudah tua malah semakin digundulin.
    Menurut saya yang wajibnya memeringati Hari Bumi adalah pelaku pertambangan.

    -H2O-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iih ka Adit nih kd tepisah lwn mantan, kemanapun mantan selalu dibawa-bawa zzzz

      Yep, bener banget kak pelaku pertambangan harus memperingatinya! Kalo bisa mereka menanam lagi hutan yg gundul gitu wkkwkwk

      Delete