KEINDAHAN BUKIT MATANG KALADAN : RAJA AMPAT KALIMANTAN SELATAN

10:53:00 PM



Hallo, selamat hari Senin lagi nih dan tentunya aku akan membuat kalian menantikan weekend. Nah, kali ini aku akan mengajak kalian melihat sisi keindahan salah satu wisata yang ada di Kalimantan Selatan lebih tepatnya sekitar Banjarbaru. Aku akan mengajak kalian menyusuri Bukit Matang Kaladan, bukan mantan ya dibacanya nanti malah gak bisa move on dari mantan lagi. Hihihi
View Bukit Matang Kaladan


Bukit Matang Kaladan ini bisa menjadi referensi weekend kalian yang bingung mau kemana. Selain dekat juga gak perlu merogoh kocek sampai jutaan rupiah. Tapi kalau kalian dari luar Kalimantan sih mesti bayar ongkos pesawat dulu. Nah, untuk masuk ke Bukit Matang Kaladan ini kalian hanya perlu membayar Rp. 3.000 per orang, murah banget kan?

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Matang Kaladan

Kapan kalian ke Bukit Matang Kaladan?

Bukit Matang Kaladan ini terletak di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, atau lebih tepatnya di Kalimantan Selatan. Kalau dari  kota Banjarmasin itu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dan jaraknya kurang lebih ya sekitar 55 KM. Tapi, jika kalian mulai Banjarbaru jaraknya sekitar kurang lebih 20 KM untuk menuju Matang Kaladan ini. Eits, ini belum sampai puncak bukitnya ya.

Nah, sebelum naik ke puncak Bukit Matang Kaladan ini kalian harus parkir kendaraan di Dermaga. Setelah parkir, kalian harus menempuh jalan setapak untuk sampai ke atas Bukit Matang Kaladan. Untuk menuju puncaknya emang perlu perjuangan gaes, karena jika kita ingin menikmati sesuatu yang indah itu gak selalu mudah. Cielah, sama dengan filosofinya ketika naik bukit Matang Kaladan ini perlu perjuangan baru deh bisa lihat view yang luar biasa keren banget.

Untuk menuju puncak bukit Matang Kaladan ini membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit tergantung kekuatan kaki kalian melangkah sih,tapi tenang di tengah-tengah perjalanan biasanya ada gazebo untuk melepas penat kalo kaki kalian mulai cape. Oh iya, kalian gak perlu takut kesasar disini karena kalian bisa nanya rute untuk menuju puncaknya sama penduduk yang ada di sekitar sana. Tenang, mereka ramah-ramah kok jadi gak perlu takut buat tanya sama penduduk sekitar Bukit Matang Kaladan.

Kemaren waktu awal-awal tahun 2018, aku berkunjung ke Bukit ini lagi ternyata ada alternatif “Ojek Puncak” yang disediakan disini loh. So, buat kalian yang gak terbiasa cape naik bukit tapi penasaran ingin menikmati keindahan Bukit Matang Kaladan ini jangan khawatir. Untuk harga ojek puncak ini kalian cuman bayar 20 ribu untuk 1 kali naik, tapi untuk turun ke dermaganya bayar lagi dong. Jadi jika kalian menggunakan ojek puncak untuk pulang-pergi di Bukit Matang Kaladan ini akan merogoh kocek sebesar Rp 40.000. 

Gimana? Mau berjuang jalan kaki menempuh bukit ini yang dengan kemiringan 60 derajat atau memilih untuk naik ojek puncak. Suka-suka kalian deh ya pilih mana, tapi jika kalian memilih untuk berjalan kaki tentunya perjuangan capenya akan terbayar ketika sampai puncak. Karena, ketika sampai di puncak kalian akan disugugkan pemandangan seperti Raja Ampat. Beneran deh gak boong, hahaha

Baca juga >>> #AYO KEBANJARBARU : WARNA-WARNI KAMPUNG PELANGI BANJARBARU

Pemandangan di atas Puncak Matang Kaladan

 

Sesampainya diatas puncak bukit ini kalian akan merasakan seperti melihat pemandangan Raja Ampatnya Kalimantan Selatan. Banyak terdapat pepohonan yang masih hijau dan asri. Dan ketika di atas puncak Matang Kaladan ini kalian akan melihat Waduk Riam Kanan, sumpah deh ini waktu pertama kali aku menginjakkan kaki di bukit ini berasa melihat lukisan yang luar biasa indahnya. Gak perlu jauh ke Raja Ampat dulu deh, di Kalimantan Selatan juga ada kok. Hahaha

Seiring waktu berjalan, sekarang di atas bukit ini sudah tersedia spot-spot foto yang instagramable banget deh. Di sini ada sekitar 5 spot foto yang bisa kalian jadiin tempat berfoto yang instagramable banget. Tapi untuk berfoto di sana sih kalian harus bayar sekitar Rp 5000 – Rp 15.000 tergantung kalian nego aja deh sama paman yang jaga spot foto. Tapi, biasanya untuk 1 spot foto kalian harus bayar Rp 5000, biar murah fotonya rame-rame aja jadi dikasih diskon deh. Hahaha
Spot foto di Bukit Matang Kaladan

Spot foto di Bukit Matang Kaladan

Spot foto di Bukit Matang Kaladan

Spot foto di Bukit Matang Kaladan

Spot foto di Bukit Matang Kaladan
Banyak banget kan spot foto yang emang instagramable banget? Kalau kalian mau hemat foto dengan background pemandangannya aja udah keren banget kok. Udah berasa di Raja Ampat.

Di Bukit Matang Kaladan ini kalian bisa menginap juga loh. Bukit ini salah satu tempat yang cocok buat kalian yang suka menghabiskan waktu weekend untuk bermalam  dan menikmati sunrise di pagi hari. Tak heran jika biasaya setiap malam minggu atau weekend banyak para pendaki yang bermalam disini, kalau bisa sih menginap disini rame-rame biar seru sekalian nyalain api unggun dan menikmati pemandangan langit yang penuh bintang (selama cuacanya gak hujan).

Gimana? Tertarik untuk mengujungi Raja Ampat versi Kalimantan Selatan? Liburan gak perlu jauh yang dekat aja, yang penting udah refreshing. Bahkan gak perlu merogoh kocek yang banyakkalian sudah bisa cuci mata dengan pemandangan yang luar biasa indah ini.

Tonton juga video cuplikan keindahan Bukit Matang Kaladan Kalimantan Selatan



 

You Might Also Like

18 komentar

  1. Sudah lama aku pengen ke sini tapi selalu batal. Malah keduluan anakku ke sini.Jadilah dia pamer banget ke aku. Asli bagus banget di sini menurut cerita dia. Tambah pengen aku setelah baca tulisanmu ini.

    ReplyDelete
  2. Sudah lama aku pengen ke sini tapi selalu batal. Malah keduluan anakku ke sini.Jadilah dia pamer banget ke aku. Asli bagus banget di sini menurut cerita dia. Tambah pengen aku setelah baca tulisanmu ini.

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget wisata bukit bukit. Mupeng ah liat ini. Kalai aku versi naik ojek sih sukanya. Tapi kalau jalan berdua aj sama suami mending milih jalan kaki aja kali ya. Jadi kalai capek bs minta gendong. *Eaa..

    ReplyDelete
  4. Eh kayanya dulu pas karyawisata SMA pernah naik bukit juga dan pemandangannya rada sama dengan ini deh, tapi bukan Bukit Matang Kalandan namanya, hiks lupa akunya. Semoga bisa dieksplor lagi wisata2 alam kaya gini di Kalsel yah, supaya warga kita ga kurang tempat piknik lagi :D

    ReplyDelete
  5. Ah, keren banget. Mupeng ih mau ke sana juga. Nggak nyangka di Banjarbaru ada tempat wisata kece kayak gini. Mudah-mudahan bisa jalan-jalan ke sana juga nanti.

    ReplyDelete
  6. Iya ya, kalau jalan kaki itu feel-nya lebih kerasa. Begitu sampai di tempat tujuan rasanya lebih senang. Hehe... Aku sendiri belum pernah kesini. Boleh deh ditandai siapa tau kepingin berkemah juga kapan-kapan :D

    ReplyDelete
  7. Ih ya ampun seru deh, Fatimah ajakin aku kesini. hihi
    Aku jarang banget jalan-jalan keluar kota Bjm. Huhu :(

    ReplyDelete
  8. Aku tidak ikut kesana karna butuh perjuangan.hiks dan aku kurang suka bukit yang harus jalan kaki wkkwk

    ReplyDelete
  9. Waktu pertama kali baca nama tempatnya, aku kira lokasinya di Hulu Sungai Tengah XD

    Aku suka naik bukit dengan jalan kaki. Jadi teringat masa-masa kuliah dulu. Sekarang masih kuat atau tidak ya?, hahhah

    Asli keren tempatnya. Semoga suami ntar mau diajak jalan-jalan ke sini XD

    ReplyDelete
  10. Belum pernah kesini dan totally penasarannn .. Ini dri bjb ke arah mrtapura, cmpaka atau plehari ??

    ReplyDelete
  11. Sayangnya aku tidak punya jiwa yg suka travelling,,jadi hanya bisa memandang spot yg indah lwt foto 😁

    ReplyDelete
  12. Ini mirip yang di Kandangan tapi gak ada airnya si bawahnya itu. Keren nih. Bener kayak Raja Ampatnya Kalsel. Anway, aku kadang sebel sama diriku sendiri yang walaupun jalan tapi nggak terlintas mau mengabadikannya melalui tulisan.

    ReplyDelete
  13. sempet mikir dulu tadi, kok raja ampat di kalimantan
    ternyata mirip yak

    ReplyDelete
  14. Sangat Indah, mirip tempat wisata di Papua ... saya lupa namanya

    ReplyDelete
  15. pemandangannya indah banget ya, di tambah spot fotonya juga lumayan banyak.. :)

    ReplyDelete
  16. iya view pemandangannya sekilas mirip yang di raja ampat.

    ReplyDelete
  17. Sayang sekali di spot2 tertentu harus bayar lagi, padahal kan klo kita upload di sosmed, itu akan jadi promosi gratis bagi Bukit Matang Kaladan.:))

    ReplyDelete

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN