PEREMPUAN DAN ROKOK, BERBAHAYA?

11:41:00 PM



Halooooo, tidak terasa hari ini sudah memasuki hari ke 20 Ramadhan artinya hari Lebaran sebentar lagi dong. Sedih sih ternyata sebentar lagi Ramadhan meninggalkan kita semua. Gue paling senang pada saat bulan Ramadhan. Kenapa? Karena saat siang hari gue nongkrong di kampus atau tempat-tempat tertentu “tidak ada orang yang merokok”. Rasanya tuh hidup gue lebih damai tanpa adanya asap rokok dibandingkan dengan hari biasa kanan kiri pasti ada aja orang yang merokok.
Hasil gambar untuk KANKER KARENA ASAP ROKOK
Source : here 

Nah, karena perokok pasif itu bisa beresiko terserang kanker paru-paru sekitar 25% jadinya gue merasa takut dong. Bukan cuman takut, pokoknya kalau udah nyium aroma rokok itu rasanya kesel banget. Selain beresiko terserang kanker paru-paru ternyata perempuan yang menghirup asap rokok juga berdampak sama kesehatan lainnya. Wah-kira-kira apa aja tuh???


Cepat Penuaan Dini

Source : Pinterest

Pastinya kita sebagai perempuan selalu ingin terlihat lebih muda daripada usia kita dong ya? Nah, siapa sangka karena rokok itu kita harus membuang jauh-jauh harapan untuk terlihat muda. Racun yang ada di asap rokok sehingga menyebabkan sel-sel kulit mengalami penuaan dengan cepat. Bahkan, bagi si penikmat rokok ini lebih berbahaya lagi “ada penelitian yang membuktikan ternyata mengkonsumsi 10 batang rokok dalam sehari dan dilakukan selama 10 tahun maka menyeybabkan kulit menjadi kusam.

 Resiko Kanker Payudara & Kanker Serviks

Menurut Lopez-Carrillo seorang professor epidemiologi di National Institute for Public Health, Meksiko, produk rokok tembakau menghasilkan dua aliran asap, yaitu asap yang masuk dan dihisap oleh perokok itu sendiri serta asap yang dikeluarkan sebagai efek pembakaran rokok. Nah, Asap efek pembakaran inilah yang mengontaminasi lingkungan sekitar, termasuk juga membahayakan kesehatan orang-orang yang tidak merokok seperti perempuan dan anak-anak.

Perempuan yang sering terpapar asap rokok  ternyata memiliki resiko 3 kali lebih tinggi. Wuih? Kebayang gak tuh tiap hari ketemu asap rokok dan kanker payudara semakin mengintaii kalian? Ngerikan? Bukan Cuma kanker payudara, ternyata kanker serviks pun juga berbahaya bagi perempuan yang mengkonsumsi rokok.

Bahan-bahan kimia penyebab kanker yang terdapat pada asap rokok akan mempengaruhi organ tubuh yang lain. Zat-zat berbahaya tersebut kemudian diserap melalui paru-paru dan menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah kita. Beberapa peneliti pun telah menemukan zat-zat yang terdapat pada asap rokok dalam area serviks wanita perokok. Zat-zat tersebut akan merusak DNA dari sel-sel leher rahim dan dapat berkontribusi terhadap perkembangan kanker serviks.

***

Nah, dengan bahaya yang gue sebutkan diatas ternyata berbicara tentang rokok ini memang lebih banyak bahayanya ya dibandingkan manfaatnya. Sebenarnya sih masih banyak lagi bahayanya, yanggue sebutin diatas sih menurut gue ngeri. Tetapi, gue masih heran kenapa orang-orang diluar sana masih setia menjadi penikmat rokok? Padahal di berbagai iklan di tulis peringatan yang selalu berbunyi “Merokok menyebabkan kanker paru-paru dan bronchitis kronis” beserta foto yang menurut gue lumayan mengerikan, bahkan gak cuman lumayan sangat cukup mengerikan.

Bahkan, lebih parah lagi kidz zaman now sekarang yang bahkan mereka belum cukup umur untuk mengkonsumsi rokok, mereka ikut-ikutan mnegkonsumsinya. Gue sih mikirnya, mereka gak sayang sama kesehatan mereka ya? Setelah gue teliti, ternyata gengsi. Ibaratnya tuh kalau kids zaman now belum bisa mengkonsumsi rokok itu belum keren. Wah, gak habis pikir deh gue kalau menghubungkan antara mau dibilang keren dan dampak merokok itu sendiri.

Kira-kira hal apa sih yang membuat rokok begitu mudah dikonsumsi bahkan oleh kids zaman now yang notabene mereka “belum punya penghasilan”. Harga rokok yang murah? Yes, ternyata faktor harga rokok yang sangat murah membuat kids zaman now ataupun penikmat rokok masih enggan berpaling kelain hati. Wah, ternyata akar dari semua ini dari harga rokok yang begitu murah. Andai saja harga rokok mahal, mungkin kita, anak-anak, saudara, perempuan di dunia ini pasti akan lebih damai. Why?

ROKOK HARUS MAHAL


Yep, gue sangat setuju dengan adanya roko harus mahal, artinya dengan adanya #rokokharusmahal misalnya #rokok50ribu akan berdampak yang signifikan. Salah satunya penikmat rokok akan berkurang, bahkan gue yakin kids zaman now yang katanya gak keren kalau belum merokok itu bakal berpikir 1000 kali untuk membeli rokok yang harganya mahal.

Membeli rokok dengan harga #rokok50ribu menurut gue sih mending beli hal yang lain. Misal Bapak-bapak mending memenuhi kebutuhan si istri di dapur daripada membeli rokok semahal itu. Bahkan dengan adanya rokok mahal pastinya berdampak baik dong bagi kaum perempuan. Artinya, asap rokok tidak lagi menghantui kami-kami para perempuan dengan segala resikonya. Wah ternyata dampak rokok menjadi mahal itu bakal besar banget dong ya. Nah kalian juga bisa mendukung #RokokHarusMahal dengan cara menandatangi petisi yang ada dibawah ini :


Selain petisi yang bisa ditandatangani kalian juga bisa mengikuti talkshow mengenai #rokokharusmahal di Radio Power FM (89.2) streaming di jam 09.00 -  10.00 WIB lohhh, yuk yang penasaran catat ya tanggal talkshownya. Hihihi


Catat ya tanggal talkshow lengkapnya 
PUKUL : 09.00-10.00 WIB 
1. Jumat, 11 Mei 2018 ;
2. Rabu, 16 Mei 2018;
3. Rabu, 30 Mei 2018;
4. Rabu, 6 Juni 2018;
5. Rabu, 20 Juni 2018;
6. Rabu, 11 Juli 2018;
7. Rabu, 25 Juli 2018;
8. Rabu, 15 Agustus 2018

Atau kalian bisa streaming di KBR.id/ KBR Apps atau tonton di Facebook Kantor Berita Radio-KBR

Dan buat kalian para blogger dan mendukung #rokokharusmahal kalian bisa ikutan lomba blog dengan tema ini.  

Ketentuannya, buat artikel dari pembahasan talkshow tersebut

Ketentuan spesifik lomba:

1. Follow akun social media KBR :


2. Tulisan sesuai tema pembahasan dalam talkshow.

3. Upload tulisan di blog pribadi dengan memuat frase :
  • Program radio Ruang Publik KBR
  • #rokokharusmahal #rokok50ribu
  • Backlink ke website KBR.ID


4. Kirim link blog ke email ruangpublikkbr@gmail.com dengan subject LOMBA BLOG, sertakan juga biodata Anda (Nama, Domisili, Akun Medsos;twitter, FB, IG dan Nomor HP )

5. Share tulisan di blog ke media sosial Anda dengan mention salah satu akun media sosial KBR dan mencantumkan #rokokharusmahal #rokok50ribu

6. Blogger diperbolehkan mengirimkan tulisan untuk semua episode talkshow 
(Ada 8 episode yang akan kami hadirkan hingga Agustus)

7. Pemenang akan dipilih oleh juri dari KBR

8. Ada 3 pemenang di masing-masing episode dengan hadiah total Rp 1,2 juta
Tiga tulisan terbaik dari tiap episode akan dilombakan lagi di akhir program untuk dipilih oleh dewan juri menjadi juara 1,2, dan 3. Total hadiah dari episode 1 hingga akhir program Rp 17 juta. Keputusan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Pendaftaran tiap episode kami tunggu paling lambat 7 hari setelah talkshow


Yuk, kita dukung penuh program kampanye #rokokharusmahal agar semakin banyak yang sadar bahwa merokok itu tidak baik bagi kesehatan dan juga tidak baik untuk perekonomian :p

You Might Also Like

0 komentar

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN