Tips H-30 Menuju Ujian Nasional!!!

4:56:00 PM 4 Comments A+ a-


Assalamualaikum, readers :)
Mungkin ini postingan terakhir untuk bulan ini, kenapa? Karena sebentar lagi aku akan berperang. Hah kenapa? Oke langsung aja ya. Yang kelas 3 SMA pasti pada tau kalo hari ini menjelang H-30 menuju Ujian Nasional. Deg-degan? Pasti. Apa saja yang kalian sudah persiapkan? Senjata? Strategi? Atau kalian sudah menyerah sebelum melalui perperangan ini? Menuju 3 hari yang akan merubah segalanya. Tapi tidak untuk merubah dunia, hanya untuk merubah hidupmu saja (read : untuk yang kelas 3 SMA/Sederajat).
Aku sendiri pun masih belum banyak senjata untuk berperang, oleh karena itu mulai hari ini, detik ini, akan mempersiapkan segalanya. Tak ada kata terlambat jika kamu masih mau berusaha. Ingat, segala yang kalian korbankan saat ini akan terbayar nanti. Meskipun pengorbanan yang sangat menyita waktu, dan tenaga. Lelah? Pasti. Tapi, bagaimana dengan orang tua kalian yang membesarkan kalian sampai sebesar ini? Tak ada kata lelah dalam kamus mereka. Kalian yang hanya perlu duduk manis di depan meja belajar dan berhadapan dengan setumpuk buku  tanpa harus membanting tulang begini masih mengeluh? Think again!
Kali ini aku akan memberikan beberapa tips-tips untuk menyiapkan segala senjata yang dibutuhkan menuju H-30 Ujian Nasional. Disimak ya :)
1.      Study Hard
Masih ada waktu 30 hari untuk belajar dengan giat, ingat gak ada kata terlambat jika kalian masih mau berusaha. Memang 30 hari itu waktu yang singkat, jika kalian hanya memanfaatkan untuk santai-santai saja. Tapi jika kalian menggunakannya, maka 30 hari ini akan menjadi hari yang bermanfaat. Apakah aku harus belajar tanpa mengenal waktu? Belajar boleh giat, tapi harus ingat waktu. Ingat disini tidak hanya materi yang perlu kalian kuasai tapi kesehatan juga perlu. Kenapa? Nanti akan aku bahas pada point selanjutnya.

Tapi, selama kalian masih kuat belajar sampai tengah malam sekalipun. Yaudah, ladenin aja! Lahap semua soal, ingat loh ya gak ada perjuangan yang sia-sia. Biasanya  kalo belajar sampai tengah malam ngantuk banget? Coba deh kalian belajarnya ditemani musik yang energik  gitu, pasti belajarnya semangat dan gak kenal waktu lagi. Kalo gak bisa juga gimana? Kalo gitu jam belajarnya diganti jadi dini hari, sekitar jam 3 pagi gitu. Kan kata orang kalo belajar pagi-pagi itu cepat menyerapnya.

Bagaimana dengan pelajaran yang gak paham? Coba tanyakan kepada teman yang paham. Aku terkadang juga gitu, apalagi fisika sama kimia nih. Duh, susah banget untuk dipahamin. Kalo kalian sudah bisa memahami apa yang belum kalian pahami tadi, wuih itu rasanya senang banget.Aku sendiri pun begitu, kemaren-kemaren gak suka sama fisika dan kimia. Alasannya, simple aja “karena aku gak ngerti sama sekali”. Sekarang mah udah cinta banget sama fisika, kimia, dan matematika :D

2.      Jaga Kesehatan
Sekarang ini musim-musimnya sakit. Apalagi bagi yang daya tahan tubuhnya lemah, cepat banget tuh terkena penyakit. Apalagi sekarang lagi musimnya Flu dan Batuk. Wuih, untuk penyakit yang satu ini aku selalu tidak pernah absen. Entah kenapa -___- Bagi kalian yang bentar lagi mau berperang (read : Ujian Nasional) ingat ya kesehatan itu perlu. Pokoknya makan-makanan yang bergizi dan jangan lupa makan vitamin, oke :)
Kalo kalian sakit saat Ujian Nasional nanti, bahaya banget. Kenapa? Bisa-bisa kalian Ujian sendirian atau yang biasanya disebut ujian susulan. Pokoknya jaga kesehatan, jangan sampai ujian sendirian.

3.      Berdoa
Ini hal yang terpenting nih, ada usaha pasti ada doa. Tanpa campur tangan Sang Pencipta semua usaha kalian bakalan sia-sia. Makanya, rajin-rajin berdoa kepada-Nya agar kita semua dimudahkan dalam menghadapi Ujian Nasional dan lulus dengan nilai yang memuaskan. Amin :)

Itulah beberapa tips yang bisa aku berikan, semoga bermanfaat ya. Oh iya, ada obrolan singkat beberapa hari yang lalu melalui chat BBM sama ka Yeyen. Ka Yeyen itu adalah alumni yang tahun kemaren baru lulus. Kurang lebih seperti ini :
“Apa yang dikorbankan sekarang pasti hasilnya sesuai dengan apa yang dikorbankan. Do the best pokoknya de. Nikmati saja capenya sekarang, kalo nanti hasilnya udah keluar terus sesuai dengan apa yang dikorbankan, rasa capenya pasti terbayar. Melihat orang tua menangis saat menerima amplop kelulusan itu rasanya..... senang banget de ae. Rasa terbayar perjuangan beberapa hari menghadapi UN, kalo melihat orang tua bangga dengan hasil kita. Cobai ja de ae”

Itulah obrolan singkat yang sangat memotivasi, terima kasih ka Yeyen yang sudah memberikan motivasinya. Dan juga, bagi yang membaca artikel ini mohon doanya ya semoga aku dan semua yang menghadapi UN lulus Ujian Nasional dengan nilai yang memuaskan. Amin Yarabbal Alamin :)

Sampai berjumpa dibulan depan ya! Mungkin aku akan memberikan tips saat ujian berlangsung.

Wassalam


Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

4 comments

Write comments
Sky iNN
AUTHOR
March 14, 2014 at 10:06 PM delete

jangan lupa contekannya. hehe ternyata uda sebulan lagi ya.. gud luck deh buat admin yang bentar lagi UN..

Reply
avatar
Adittya Regas
AUTHOR
March 16, 2014 at 5:53 AM delete

semoga dimudahkan ya de UN nya :D
dimudahkan nyotek, dimudahkan buka kerpean, dimudahkan browsing #eh

Reply
avatar
Fatimah Aqila
AUTHOR
March 25, 2014 at 3:02 AM delete

Hahahaha, iya waktu emang gak kerasa :D

Reply
avatar
Fatimah Aqila
AUTHOR
March 25, 2014 at 3:04 AM delete

Iya kak, Amin yarabbal alamin :)
Umalah doanya ka :D tahu banar hahaha

Reply
avatar