Maunjun Papuyu!

6:50:00 AM

Berawal dari modem yang selalu bilang "Connection failed!". Aku yang pagi-pagi sekali untuk menghidupkan internet, tapi anehnya kali ini modemnya entah lagi galau atau apa selalu bilang "connection failed". Syukur-syukur tuh modem nggak bilang "Aniv failed". Mungkin semua yang punya tanggal jadian hari ini bakalan mengubur hidup-hidup kenangannya bersama mantan tuh si modem.

Jujur, selama beberapa hari liburan aku bosan banget. Banget, banget, banget.  Beberapa hari ini aku hanya mengisi dengan membaca buku dan menonton drama korea. Yup! Drama korea yang terdiri 20 episode dan butuh waktu 5 hari untuk menghabiskan episodenya. Dan, itu beda lagi dengan teman aku. Yang hanya mungkin 1 hari untuk menghabiskan episode dramanya itu. Aku gagal menjadi fans :( Maafkan akuuu LeeMinHo :')

"Kamu mau ikut ke rumah nenek?" Tanya tante padaku. Aku tak menghiraukan pertanyaan tante dan terus mencoba untuk mengkoneksikan modem. Pada akhirnya aku menyerah dan..."Jalan kerumah nenek becek nggak? Banyak nyamuk?" tanyaku. "Nggak kok" jawab tanteku singkat. Kemudian aku bergegas untuk mengganti pakaian. Setelah bersiap-siap kami pun berangkat dan lets go!

Sekitar 1 jam akhirnya sampai kerumah nenek, sebentar beristirahat dan siap-siap lagi untuk maunjun. Ada yang tau maunjun? Orang Banjarmasin pasti tau nih? Yup, Maunjun itu artinya Memancing. Kayaknya sih hari ini maunjun Iwak Papuyu. Iwak Papuyu? Tau nggak Iwak Papuyu apa? Iwak itu artinya ikan. Dan Papuyu itu ya nama ikan aja sih. Jadi maksudnya Ikan Papuyu. Penasaran sama Iwak Papuyu?

 Ini tempat pemancingannya, dan yang dipegang itu namanya Unjunan. Ya, unjunan itu alat untuk memancing. Dan kegiatan yang dilakukan namanya maunjun atau memancing. Mengerti?

Tempat pemancingan yang dipenuhi Bunga Teratai

  
Iwak Papuyu atau Ikan Papuyunya bunuh diri :D






 
Iwak Papuyu atau Ikan Papuyunya berhasil bunuh diri :(

Ini hasil tangkapan hampir 4 jam






Setelah itu aku dan tante kembali lagi ke rumah nenek. Ada beberapa hal yang aku suka dari rumah nenek itu. Yang pertama, pemandangannya indah banget. Kedua, angin disana sepoi-sepoi. Dan, ketiga tanpa polusi.

 
Pemandangan depan rumah
Pemandangan belakang rumah
Pemandangan disamping rumah
Ber-Selca Ria :)
Teteup, awannya bagus banget. Love it!
And then, ikan yang tadi udah siap menjadi santapan. TARAAAAAAAA~~~

Kalo kalian di Banjarmasin, Rugi nggak nyobain :)
And, the last... how beautiful this flower? Ini namanya bunga tinta. Kalo nggak salah ya? :D

You Might Also Like

14 comments

  1. di Jawa, Iwak itu ya artinya juga ikan. Tapi iwak jenis papuyu itu aku baru tahu. Kalau ikan kecil di empang di sini bilangnya ikan wader, tapi ya ukurannya jauh lebih kecil dari iwak papuyu. Yang jelas, ikan kecil macam ini enaknya disantap dengan dicocol sambal, nyam! :D

    ReplyDelete
  2. Kirain ikan Papuyunya besar-besar. Eh ternyata, papuyunya ketil-ketil semua yak!! Hehehe
    Hem.. pemandangannya serat perdesaan banget.. pas seperti di rumah kakak dik! Rumah kakak juga begitu.. tapi, ngga seindah itu...

    Aku suka langitnya yang cerah itu.... cerah banget....

    ReplyDelete
  3. Iwaknya lucu kali kecil-kecil. Imut haha.

    Di Garut juga ada tuh nama ikan kecil gitu. Tapi aku lupa-_-

    Setuju banget sama kamu. Emang kalo di rumah nenek, di kampung, suasananya masih seger-seger banget. Cocok buat menenangkan pikiran yang mumet setelah disibukkan sama rutinitas mingguan. Entah kerja, kuliah atau sekolah.

    Udah gitu asiknya tanpa polusi. Sejauh mata memandang, biasanya lebih banyak liat yang hijau-hijau. Bener-bener memukau :)

    Btw, salam kenal ya. Ini pertama kali aku berkunjung dan ninggalin jejak.

    ReplyDelete
  4. kenapa tuh modemnya? jangan-jangan belum dikasi makan lagi, makanya ngambek. :|

    jadi maunjun itu artinya memancing ya, aku gak begitu tau bahasa banjar meskipun didaerahku banyak banget orang banjar. ikan papuyu itu kalo gak salah disini namanya ikan puyu. hehe.

    hijau banget ya pemandangan dirumah nenek mu. pemandangan kayak gitu udah langka ditempatku sekarang. pasti sejuk banget apalagi tanpa polusi.

    eh iya, yang katamu bunga tinta, itu kalo ditempatku namanya keduduk/kedodok, itu buahnya kalo udah membuka kulitnya bisa dimakan lho, manis banget rasanya, dan nanti lidahmu jadi ungu2 gitu. pernah nyobain gak?? hehe

    ReplyDelete
  5. wah, ikam urang banjar kah? pantas pina banjar banar bahasanya.
    ulun jua orang banjar cuma banjar versi samarinda.

    loh, tulisannya ikan papuyu bukan pepuyu ya? jadi selama ini aku dibohongin!! ikannya enak cuma banyak tulang jadi agak ribet sih. keren juga disana ada pemancingannya. disini nggak ada :|

    ReplyDelete
  6. Salam kenal ya, De Fatimah. Aku tinggal di kampung nun di lereng gunung yang sinyalnya sering lemot. Senang baca kisah memancingnya. Ehm, jadi ingat masa kecil kala mancing di balong aki. Foto bunganya bagus. Tajam. BTW, pakai modem apa?
    Mancing sampai 4 jam gitu apa gak capek? Tapi gratis? Duh, mau deh mancing gratisan. Kirim dong ikan aslinya, hehe becanda. ;) Gak punya balong nih.

    ReplyDelete
  7. eh aku baca ini tiba-tiba nyampe di paragraf ketiga gaya bahasanya berubah sama yang sebelumnya ahaha :D

    btw baca buku apa qil?

    Ih itu gue ngakak yang ikan papuyu yang bunuh diri, plis deh -_- btw suasana pedesaan selalu menyenangkan

    ReplyDelete
  8. enak banget yaa liburan ke rumah nenek, daripada bete terus liburan ga ngapa-ngapain di rumah di tambah modem yang daritadi ngajain lo berantem mulu wkwk.

    itu ikan papuyu kalo di daerah ku disebutnya ikan mujaer, tapi kalo kecil-kecil gitu biasanya paling enak di goreng sampe garing biar kresss banget pas waktu di makan.

    selamat berlibur yaa, cari ikan papuyu yang banyak wkwk

    ReplyDelete
  9. iwak papuyu ? aku sih biasanya lebih suka manggil iwak betik... itu kalo digoreng rasanya gurih - gurih gimana gitu...

    ReplyDelete
  10. modem yanng failed to connect emang bikin bored, tapi justru kegiatan ke rumah nenek lah yang seru :D

    inndah banget itu kolam. masih alami kyknya y mbak? mana ada bunga teratainya lagi. gaul!

    itu ikan papuyu kok miripi ikan mujaer tapi versi mini nya yah ? ehehe

    ReplyDelete
  11. waah, di palembang juga ada ikan kayak gitu. tapi namanya ikan patin. asyik banget liburan ditempat nenekmu apalagi tempatnya sejuk. nggak ad polusinya. bakalan betah disana aku (ngimpi)

    ReplyDelete
  12. nonton drakor 5 hari 20 episode, hmm klo gw bisa nonton 1 harian kalau abg lee minhoo yang main. :D
    Wah, seru ya main ke rumah nenek. Pemandangan nya cantik, asri, masih alami khas pedesaan. Seru bisa liburan begitu, sekali-sekali menyatu dengan alam *bahasanya. Daripada liburan nge-mall mulu kan mending gini bisa merefresh otak dan pikiran.

    ReplyDelete
  13. waahwahhh manteppp postingan yang ini, bangga bisi ading blogger yang nulis tanpa ragu atau malu lawan tempatnya sorang. postingannya sambil memperkenalkan ke orang luar kalsel jua yg ini, apalagi ada bahasa banjar-nya juaa, kerennnnnn! :D

    ReplyDelete
  14. lokasinya dimana itu ?? mau mancing juga. tolong lokasi lengkap nya. biar ke tkp langsung :)

    ReplyDelete