Menikmati Gemericik Air di Manggasang

11:37:00 PM 22 Comments A+ a-


Assalamualaikum :)
Hari ini aku mau melanjutkan cerita liburan beberapa minggu yang lalu di kota Barabai, liburan yang sangat mengasyikan. Karena liburan kali ini lebih dekat dengan pemandangan alam yang Subhanallah membuat takjub untuk mereka yang memandangnya.
Hari pertama di Kota Barabai, aku bersama temanku yang lain pertama kalinya untuk mengunjungi tempat wisata yang bernama Manggasang. Pertama kali mendengar nama itu agak asing ditelinga, soalnya belum pernah sama sekali berkunjung kesana. Kira-kira Manggasang itu tempat apa? Yang penasaran lanjutin bacanya ya! 
Manggasang

Manggasang adalah salah satu objek wisata di Kalimantan Selatan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dan ternyata, Manggasang itu punya  arti yaitu mengelap atau menyapu sesuatu dengan menggunakan kain. Manggasang terletak sekitar 15-20 KM dari Kota Barabai berada di Kecamatan Hantakan. Menempuh perjalaan sekitar 15 menit untuk menuju tempat wisata Manggasang. Untuk menuju Manggasang bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi, ataupun angkutan pedesaan. Tetapi lebih enaknya kalo berkunjung kesini mending pake kendaraan pribadi, karena bisa sepuasnya berlama-lama menikmati tempat wisata Manggasang ini. Sumber :  disini
Sesampainya disana, Subhanallah aku sangat takjub dengan pemandangan di Manggasang ini. Pepohonan yang hijau, gemericik air yang terdengar merdu, dan bebatuan yang terhempas derasnya air yang mengalir. Tak lupa untuk mengabadikan momen ini. Setelah puas mengabadikan momen, kami pun segera menceburkan kaki di antara bebatuan dan air yang mengalir dengan deras. Pokoknya airnya adem banget deh. Kami mengurungkan niat untuk berenang disana. Karena, alasannya simpel, kalo cewek ribet gonta ganti baju. Yaudah kami terpaksa hanya menceburkan sebagian kaki.
Tiwi, Suli, Damai, Widya, Fitri, dan Akuuu

Bebatuannya licin jadi pegangan yang kuat sama temannya :D

Byurrr! ademm :D

Ditengah danau Manggasang :D

Bidadari lagi main air :P

Untuk berkunjung ke tempat ini tidak perlu merogoh kocek yang terlalu besar. Kalian hanya perlu membayar uang parkir yang mana untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 2000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp. 5000. Oh, iya bagi yang tertarik untuk berenang tapi enggak bisa berenang, bisa menyewa ban seharga Rp. 5000.
Airnya deras bangetkan?
Jernih banget nih airnya

Hati-hati terbawa arus yaaa!

Adik-adiknya lagi main air nih!

Panorama Manggasang dari kejauhan

Ada rumah pohon tuh!

Sebenarnya Manggasang ini bukan hanya sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati gemericik air, tapi terkadang juga dipergunakan untuk mencuci kendaraan, baik sepeda motor ataupun mobil. Tempat ini juga terkadang digunakan untuk sepasang muda-mudi merajut cinta. Pokoknya, tempat ini indah banget deh, baik untuk menikmati bersama kekasih ataupun keluarga, atau bersama sahabat. Bersama siapapun ditempat yang indah, pasti selalu ada kenangan indah.
Habis main air pada mabuk :D
Manggasang ini berbeda dengan tempat wisata seperti Pagat Batu Benawa. Karena Manggasang ini belum sepenuhnya dikelola sebagai tempat wisata, sehingga tak banyak orang yang tahu akan keberadaannya. Semoga pemerintah setempat akan lebih mengembangkan potensi wisata di daerah tersebut. Harapannya, jika tempat ini lebih berkembang, semoga kebersihan lingkungannya tetap dijaga. Ingat ya, Jangan mengotori tempat wisata yang kalian kunjungi. Karena kasihan jika nanti anak cucu kalian tidak bisa lagi menikmati wisata yang ada di daerah kalian ataupun disekitarnya.

Yang penasaran cerita liburan ke Pagat Batu Benawa keep staytune on my blog ya! Lebih seru lagi deh :)

*Note : Foto di ambil dari koleksi pribadi*

Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

22 comments

Write comments
June 2, 2014 at 12:39 AM delete

Jadi, Manggasang ini nama sebuah sungai ya? Main di sungai memang kegiatan yang mengasyikan. Eh, kalau musim hujan apakah airnya bertambah deras dan jadi keruh?

Reply
avatar
Latifah Ratih
AUTHOR
June 2, 2014 at 1:38 AM delete

Wah Kereen..... Sayang banget gag sempat kesini pas Ke Banjarmasin bulan lalu...
Salam Kenal Fety.... Sy Lathifah
Ditunggu Kunjungan Baliknya di Lapak Lathifah ^_^

Reply
avatar
sandal pedot
AUTHOR
June 2, 2014 at 3:08 AM delete

Hmmm...belum sepenuhnya dikelola, ya? Pantes kok sepi banget...
Tapi menurut gue, mending gak usah di kelola deh, soalnya pasti lingkungannya jadi rusak kalo banyak manusia disana..hehehe

Reply
avatar
Nenna Massara
AUTHOR
June 2, 2014 at 6:31 AM delete

sungai ? kenapa harus bayar? apa ini suatu sungai yang di pugar? :3 /
kalo belum dikelola mending jangan dulu deh ...
di jaga ekosistemnya dulu :3

Reply
avatar
Isnanur utami
AUTHOR
June 2, 2014 at 6:38 AM delete

woaahh, yang baca postingan ini langsung berasa hawa2 adem seger gimanaaa gitu hehe *terlalu mendramatisir*

postingannya selalu tentang liburan nih, bikin ngiri. eh, tapi bagus deh. punya banyak referensi berlibur. yah, meskipun jauuh. tapi siapa tau kalo lagi ke Kalimantan, bisa mampir. Hihi :D

Reply
avatar
June 2, 2014 at 9:18 AM delete

kerenn banget ya Manggasang. udah masuknya ga bayar pula, cuman bayar uang parkir doang. gini ini nih wisata yang paling menguntungkan buat jaga kantong biar ga seret tapi tetep bisa memandang dan menikmati suasana yang indah.

itu airnya keliatan seger banget yaa, jernih pula. bahkan banyak sekali fungsinya, selain buat mandi anak-anak, juga bisa dibuat nyuci kendaraan. tapi itu emang segitu yaa kedalamannya? kok dangkal banget.

yaa semoga aja deh masyarakat sekitar bisa menjaga lingkungan yang asri seperti ini. bener apa kata lo, biar anak cucu kita juga bisa mencicipi nikmatnya gemericik air di manggasang.

Reply
avatar
Lina Setya
AUTHOR
June 2, 2014 at 12:18 PM delete

Objek wisata yang lumayan buat refreshing dan nge cass semangat buat aktivitas lagi. Sayang banget ya enggak nyebur. Padahal pasi adem banget tuh. Hehehe. Masalah baju mah tinggal berjemur lagi aja di situ, ntar juga kering.:D

Selamat liburan. Ditunggu cerita lainnya:)

Reply
avatar
FatimahAqila
AUTHOR
June 2, 2014 at 6:34 PM delete

Iya itu kayak sungai gitu, nah kalo masalah itu sih aku kurang tau hehhe

Reply
avatar
FatimahAqila
AUTHOR
June 2, 2014 at 6:37 PM delete

Yah nanti disempatin ya berkunjung kesana :D

Yoi, salam kenal juga :)

Reply
avatar
FatimahAqila
AUTHOR
June 2, 2014 at 6:53 PM delete

Tapi kalo nggak dikelola biasanya juga biasanya bakalan punah sih -__- hehhe

Reply
avatar
FatimahAqila
AUTHOR
June 2, 2014 at 6:54 PM delete

Ya itu sebagai mata pencarian warga daerah sekitar kak :)

Reply
avatar
FatimahAqila
AUTHOR
June 2, 2014 at 6:58 PM delete

Iya kak jangan lupa mampir yaaaa kalo kekalimantan :D
Aku siap kok jadi guide hahhhaa

Reply
avatar
FatimahAqila
AUTHOR
June 2, 2014 at 7:02 PM delete

Hahahha iya keren banget :D

Iya lumayan lah dangkal nggak terlalu dalam banget, karena ada bebatuan juga disana.

iya bener banget :D

Reply
avatar
FatimahAqila
AUTHOR
June 2, 2014 at 7:04 PM delete

Wuahahhaha kami kesananya pas sore kak Lin, jadi cuacanya nggak panas banget :D

Sip! keep staytune diblog aku ya kak :)

Reply
avatar
Iva Mairisti
AUTHOR
June 2, 2014 at 7:21 PM delete

emang sih keliatan banget masih belum terekspos, masih sunyi gitu, kadang berpikiran ada baiknya gak terekspos biar gak hancur sama visitor tapi terkadang juga berpikiran kenapa gak dipromosikan, kan bisa jadi aset daerah, aku emang plin plan, hehehe aku liat manggasang ini seperti sungai, tapi itu bilangnya di caption danau, sebenarnya apa ya?
benar juga sih, kalau cewek ribet banget mau gonta ganti baju, tapi yang penting bener katamu, kebersamaan :D

Reply
avatar
FatimahAqila
AUTHOR
June 2, 2014 at 8:00 PM delete

Wuahahha bingung juga nih ini sungai apa danau :D apa aja deh yang penting air va :P

Iya, cewek ribet banget zzz

Reply
avatar
latif anshori
AUTHOR
June 3, 2014 at 8:09 PM delete

wah lagi-lagi terkendala dengan paketan, alhasil fotonya hanya sedikit yang keluar -____-.

itu bagus ya,,,, kira-kira kalau buat arung jeram bisa ga ya ?.

atau hanya buat mandi, cuci motor, cuci mobil, seperti yang kamu jelaskan diatas ?

Reply
avatar
June 3, 2014 at 8:48 PM delete

Ya ampuuunn subhanallah. Airnya jernih banget ya Fat. Aku sampe ggeleng-geleng kepala. Masih adakah sungai sejernih itu? Masalahnya, di tempatku tinggal udah nggak pernah liat air sejernih itu lagi. Miris:(

Iya tempatnya emang banget. Apalagi tempatnya luas. Kayaknya itu asik buat arung jeram loh. Ya tapi harus tau jalurnya juga ya biar nggak nyasar. Hihihi.

Semoga aja pemerintah bisa ngelolanya ya. Dirawat juga deh biar tempatnya tetep bersih dan terjaga keindahannya.

Reply
avatar
dalikewara
AUTHOR
June 4, 2014 at 1:53 PM delete

Uuuhh... Kalau udah baca postingan tentang wisat-wisata gini, bikin aku lepas kendali... Maunya pengen langsung kesana aja. Dan menikmati sendiri gimana sensasinya...

Tapi Manggasang keren banget... Airnya bening... Cakep banget tuh dibuat mandi atau hanya sekedar nyelemin kepala. Biar segernya ikut merasuk. Terus ada rumah pohonnya lagi. Klop deh. Habis maen air, langsung nongkrong dirumah pohon kayaknya asik.

Reply
avatar
Nurul Huda
AUTHOR
June 9, 2014 at 8:51 AM delete

Keren banget. Ini manggasang berarti masih alami, belum ada fasilitas dari pemerintah, tapi sepanjang enggak begitu rame dan kebersihannya terjaga, enggak masalah, kesan alami pedesaannya membuat ini seperti bukan tempat wisata. Ini rumah impian!

Btw yang aku bingungin sih nama tempatnya itu kok agak-agak aneh didenger ya, seenggaknya buat aku yang udah lama tinggal di ostrali, apalagi kota Barabai, iyak, itu kota di propinsi apa sih? ,_,v

Reply
avatar
June 10, 2014 at 8:34 PM delete

fyi, aku pas baca manggasang jadi menggosong masa-_- wkwkwk. manggasang pasti adem banget tuh, airnya masih seger banget keliatannya, tapi itu lingkungan di sekitarnya masih kurang tertata gitu ya kak? coba aja kalo dirapihin lagi pasti debes!

Reply
avatar
July 16, 2014 at 8:29 PM delete

Salam kenal, aku urang banjar, jujur aja aku rancak ke manggasang pas mudik. Keren nih diulasnya secara menarik

Reply
avatar