Ask.fm : Tempatnya Orang Kepo

1:32:00 AM

Assalamualaikum :)

Baru-baru ini salah satu media sosial Ask.fm lagi booming.  Nah kali ini aku pengen ngasih tahu hal-hal yang berhubungan dengan Ask.fm. Meskipun di zaman yang serba canggih ini tidak menutup kemungkinan ada beberapa orang yang masih bertanya-tanya apa sih Ask.fm itu? Gunanya Ask.fm untuk apa?



#Apa sih Ask.fm itu dan gunanya Ask.fm apa?
Ask.fm itu media sosial untuk bertanya-tanya kepada siapapun misalnya teman, keluarga, pacar, gebetan, mantan, sampai artis sekalipun. Kegunaannya cuma buat bertanya.

#Cara membuat Ask.fm gimana?
Cara membuatnya cukup gampang, tidak sesulit melupakan mantan kok. Kalian tinggal pergi ke halaman website Ask.fm disini. Lalu tinggal ikuti langkah selanjutnya, dan selesai. Silahkan kepoin siapa pun yang kalian mau. Mau kepoin penulis ini juga boleh kok disini .
.
#Keunikan Ask.fm itu apa aja ya?
1.      Nggak punya akun Ask.fm tetap bisa kepo sama siapa aja
Ask.fm ini tidak terlalu memberatkan bagi seorang yang keponya kebangetan tapi malas untuk membuat akun Ask.fm. Kenapa? Pokoknya syaratnya cuma : yang pengen dikepoin punya akun Ask.fm dan udah tau username akun yang pengen dikepoin, udah gitu aja. Biasanya orang menyebutnya anon/non (Anonim). Biasanya kalo orang yang dikepoin dapat pertanyaan dari sipenanya tapi Anonim, mereka bakalan ribut kayagini :

Off Anon dong!
Off anon woy! Entar aku dikirain nge-ask sendiri lagi!

Maksudnya off anon apa? Maksudnya mereka nyuruh kalian buat jangan pakai Anonim, tetapi memperlihatkan username (jika punya akun Ask.fm)

Kenapa bisa jadi Anonim? Caranya gimana? Begini caranya, lihat gambar dibawah ini!
Kalo pengen anonim (nggak pake username) centang yang berwarna merah

Kalo pengen pake username (off anon) jangan dicentang yang berwarna mh


2.      Tidak bisa melihat followers atau following akun orang lain
Ask.fm ini beda dengan Twitter dimana kita bisa melihat siapa aja orang yang di follow dan siapa aja yang jadi followers. Coba deh kalian kepoin salah satu akun siapa aja, pasti nggak ada tulisan following atau followers yang bisa kita lihat. Tapi kalian sendiri tetap bisa kok buat lihat following atau followers kalian sendiri.
Tidak ada kotak followers atau following seperti twitter


3.      Cuma ada fasilitas like
Jika twitter ada fasilitas reply, retweet, dan favoriets. Jika di facebook ada fasilitas like dan komentar. Maka di Ask.fm ini cuman ada fasilitas buat like (menyukai). Menyukai apa? Menyukai jawaban-jawaban orang lain. Nah jika banyak orang menyukai jawaban di setiap jawaban-jawaban yang kalian jawab itu bisa jadi peluang untuk memperbanyak terkenal atau followers. Tapi harus di ingat ya jika kalian punya akun Ask.fm jangan terlalu banyak menyukai jawaban orang lain dalam rentang waktu yang dekat. Kenapa? Karena itu malah jadi spam di beranda teman-teman yang memfollow kalian. Bahkan Ask.fm ini juga bisa limit seperti twitter loh!
Tinggal klik tanda love maka otomatis kalian akan me-like jawaban punya orang lain.
Kalo nggak sengaja klik love, pengen dibatalkan gimana dong? Tenang, caranya : tekan kurang lebih 3 detik lalu tekan lagi lovenya. Selamat mencoba :3

#Istilah-istilah dalam Ask.fm

Jika kalian hidup di tempat yang berbeda-beda pastinya juga punya hal yang berbeda dong ya? Mulai dari adat istiadat, kebudayaan, sampai bahasa. Nah begitu pun di Ask.fm juga punya bahasa tersendiri loh. Bahkan kalo kalian baru saja mengenal Ask.fm bakalan membuat bingung. Aku aja waktu pertama kali masing bingung. Apa itu PAP, IMP, DESC, dan lain-lainya. Agar kalian tidak buta arah maka kalian wajib mengetahui bahasa gawl di dunia Ask.fm.

-          PAP (Post a picture) : orang yang bertanya meminta kita untuk mengupload foto/gambar
Biasanya mereka akan menuliskannya di kolom pertanyaan seperti ini :
PAP Selfie dong
Pap ootd dong
PAP Meme dong
Pap foto terbaru dong
Pap foto paling cantik
Pap foto paling jelek dong
Pap sama pacarnya dong
Dan pap pap lainnya :p

-          IMP (Impersonate) : Orang yang bertanya meminta kita untuk menjawab apa saja yang di ucapkan si orang yang bertanya kepada kita. Biasanya teman kalian/ penanya akan menuliskan di kolom pertanyaan di Ask.fm kamu seperti ini :
Imp aku donggg :)
Impersonate aku dong :D

Bingung mau jawab apa? Intinya sih tulis apa yang biasanya di omongin/dilakukan si penanya sehari-hari. Misalnya kaya gini:

Eh B jalan yuk!
Fotoin aku dong
Aku cinta kamu
Aku kangen kamu
Kamu jahat L
Bosan nih L
-          Desc (Describe) : Mendeskripsikan si penanya atau orang yang dimaksud
Bentuk pertanyaannya seperti ini :
Desc aku dong :)
Desc pacar kamu dong
Desc mantan kamu dong
Desc desc lainnya
Contohnya gimana? Lihat difoto aja deh yaaaaa
Contoh jawaban describe nih!


-          Tbh (To be honest) : Mengungkapkan hal yang dimaksud dengan sejujurnya tentang sesuatu yang ditanyakan. Misalnya:
Tbh pacar kamu donggg
Tbh diri kamu sendiri dong
Dan tbh tbh lainnya :D
Untuk jawabannya seperti apa kalian pasti udah sangat pahamkan? Jadi tidak perlu aku jelaskan :P yang pasti kalian hanya wajib menjawab dengan jujur!
-       Likers get like : Yang ngelike answer kamu bakalan dapat like juga dari si penanya. Pertanyaannya biasanya sih kayagini : Likers get like dongg :)
-    Likers get question : Yang ngelike answer kamu bakalan dapat ask (pertanyaan) juga dari si penanya. Intinya sih likers get ... itu banyak macamnya. 
-   Fi (First Impression) : Sipenanya pengen kamu menuliskan/menjawab kesan pertama kamu bertemu dengan sipenanya atau yang lainnya. Biasanya pertanyaannya seperti ini :
Fi aku donggggg :D
-         LI (Last Impression) : sipenanya pengen kamu menuliskan/menjawab kesan terakhir bertemu.
-    A-Z : Sipenanya pengen kalian mendescripsikan A-Z, nggak beda jauh sih sama describe. Bedanya ini dalam bentuk A sampai Z. Mereka biasanya bakalan nanya kayagini :
A-Z aku donggg
Bingung jawabannya gimana? Kurang lebih gini :
A : Anak blogger
B : Blogger able
C : cantik bangetzz
D : disakitin terusss
E : Emm putih bangetzz
Pokoknya A sampai Z dehhh :D

-          Fact (Fakta) : Sipenanya pengen kalian nyebutin fakta tentang dirinya. Biasanya mereka bakalan nanya kayagini :
Fact aku donggg
10 Fact dong :P
Fact seikhlasnya dong :3
Contoh jawaban fact nih!

-          Dear (Name) : Sipenanya ingin kalian memberikan pesan buat dia. Tergantung sih pesannya gimana. Misalnya :
Dear aku dong...
Dear mantan...
Dear gebetan...
contoh jawaban dear nih!

- #Mager : Malas gerak


Kayaknya itu dulu aja deh bahasa-bahasa gawl yang perlu aku kasih tau, lebih dan kurangnya silahkan ditanyakan. Kalo aku bisa bantu, Insya Allah di bantu :)

Nah, disetiap hal yang kita lakukan atau prbuat pasti ada dong dampak yang kita dapat. Mulai dari dampak positif sampai dampak negatif. Para pengguna Ask.fm pastinya juga dapat dong dampak positif dan negatif. Apa sajakah itu?

#Dampak Positif pengguna Ask.fm
1.      Dapat Ilmu
Pengguna Ask.fm juga bisa kok dapat ilmu. Tergantung juga sih? Tergantung apa ya? Tergantung kalian kepoin siapa. Dan dapat ilmu apa aja ya?
Pertama, tentang fashion style. Yep, biasanya ada salah satu pengguna Ask.fm, bukan cuma salah satu sih banyak kok yang gaya fashionnya menginspirasi. Dan biasanya sipenanya/fans pengen tau apa sih rahasianya biar fashion stylenya juga keren kayak gitu.
Kedua, tentang tips kecantikan. Sama halnya dengan yang pertama. Sipenanya juga penasaran dong biar cantik. Biar putih, nggak jerawatan, dan lain-lainnya. Pokoknya terkadang para pengguna Ask.fm itu tiba-tiba jadi penasehat kecantikan, hedehh -__- Biasanya sipenanya nanya kayagini:
Kakak pakai apa sih biar nggak jerawatan?
Kakak lipsticknya pakai apa?
Kakak pakai bb cream ya?
Kakak mukanya kok mulus banget kayak aspal?
Kakak pakai lotion apa sih?
Ketiga, tentang negara tetangga. Kalo kalian suka follow orang yang berada diluar negeri pastinya kalian bisa dong kepoin tentang negara mereka. Nggak bisa bahasa inggris? Jangan khawatir, orang Indonesia juga ada dong yang tinggal di luar negeri dan pastinya mereka pakai bahasa Indonesia. Aku pernah dikenalin teman sama orang Indonesia yang tinggal di luar negeri, di Jepang. Satu keluarga mereka tinggal di jepang loh. Sampai Ayahnya juga main Ask.fm. Duh bener-bener keluarga gawl banget. Kalo pengen tau tentang mereka bisa kok kepoin Ask.fm mereka :Om Jack, Ka Dori, dan Ka Toge.
2.      Bisa kepoin gebetan, mantan, pacar, sampai artis sekalipun
Mau bertanya langsung dengan pertanyaan-pertanyaan yang aneh pastinya malu dong? Nah, kalo pakai Ask.fm kan bisa gitu kepo tapi nggak ketahuan. Yuks ah, yang pengen kepoin gebetan, mantan, pacar, artis ayooo bikin Ask.fm.
3.      Dapat teman baru
Ini udah manfaat positif dari awal sosial media banyak bermunculan kali ya? Mau main twitter, facebook, blogger, sampai Ask.fm pun bisa kok dapat teman baru :D

#Dampak negatif pengguna Ask.fm
1.      Menjudge sembarang orang
Nah ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Karena ada fasilitas Anonim/anon mereka terkadang malah memanfaatkan Ask.fm buat mencela/menjudge orang lain. Kebanyakan sih ini akun yang nge-hitz di Ask.fm, pastinya mereka bakal cela, mulai dari kata-kata kasar sampai yang halus. Aku aja terkadang kasian banget sama mereka yang terkenal tapi punya haters. Duh, ini sih bukan Ask.fm namanya tapi Judge.fm (?)
2.      Dijudge para haters
Nah ini kebalikan lagi, jadi sasaran judge. Mereka-mereka yang mungkin punya teman/ haters yang nggak suka ya terkadang mereka malah dicela-cela gitu. Dibilang sok eksis lah apalah -__- kasihan ya, syukur haters aku belum sampai mendarat di Ask.fm nih :D



Intinya sih jadilah pengguna media sosial yang baik, gunakan dengan sebaik mungkin. Jangan lupa yang punya Ask.fm follow dan kepoin aku yaaa disini. Meowwwwww

Wa'alaikumsalam wr wb.

You Might Also Like

33 comments

  1. follow ask.fm aku yaaa
    MhdApriyal :))

    ReplyDelete
  2. Wah bersyukur banget aku buka ini. Nggak nyesel soalnya aku pengguna baru ask.fm juga loh :D follback aku Fat.

    Iya awal-awal aku emang nggak ngerti yang imp itu sampe nanyain sama adek aku. Dia ngerti banget soalnya sama ask.fm. Emang aku terlihat bodoh kalo sama ask.fm-___-

    Eh btw makasih ya Fat udah dikasih tau sama 3 orang Indo yang di Jepang itu. Aku mau tanya-tanya sama mereka ah tentang itu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha iya kak Alhamdulillah ya ada manfaatnya gitu blogwalking :D

      Hahahaha bukan terlihat bodoh kak tapi karena memang belum terlalu tau aja hehhehe

      Iya kak ur welcome :))

      Delete
  3. punya ask.fm tapi jarang dipake...
    ahahahaa.... kebanyakan sosmed jadi bingung mau ngurusin yg mana...

    bttw, nice info lah... klo ntar mood mainin ask.fm bisa dipake nih infonya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha makanya jangan kebanyakan :D

      Sipp :D

      Delete
  4. Bukan baru deh ask.fm ini. malah kamrin sempet jadi tranding topic di twitter kalo yang nge sync akun ask.fm ke twitter itu katanya bikin risih, seolah orang itu ngartis banget, dan sebagainya.. di nyunyu udah ada artikelnya..

    mnurut aku sndiri never mind sih soalnya itu hak2 pribadi. tapi alangkah bijaknya dan sebaiknya nggak di sync ke twitter :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tapi menurut aku baru? hehehe iya di gogle banyak banget artikelnya :3

      iya soalnya spam banget di timeline twitter hehhe

      Delete
  5. hahaa.. gara2 ini aku langsung buat ask :D
    baru buat eh udah ada pertanyaan kyk gini

    Apakah kamu ingin menjadi terkenal dan alasannya apa?
    yoi. biar gue bisa numpang makan ato nginep dirumah orang2 kalo gue keliling dunia

    haha. lumayan keren buat orang yang lagi gak ada temen nih. dan pacar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha ebuset dehh -_-

      iya nge ask sendiri juga bisa kok, kalo loe kesepian banget :P

      Delete
  6. aku gak punya akun ask.fm.
    gara gara baca postingan ini jadi penasaran.
    oke brb buat akun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah buat dan pasti udah nggak penasaran lagi dong? hehehhe

      Delete
  7. Buat lucu2 an juga bisa kok ask.fm~

    ReplyDelete
  8. bikin akun ask.fm cuma buat follow akunnya pak Ridwan Kamil. Pertanyaan sama Jawabannya ngehibur banget

    ReplyDelete
  9. gw udah punya akun askfm dari taun 2013 awal loh, itupun nggak sengaja kebikin, dan skrg terlantar begitu saja.
    lagian jg di situ banyak pakek singkatan2 yg gue nggak ngerti dah -_-

    trus perasaan kita jg nggak bisa loh ngeliat followers kita sendiri. emng bisa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha jadi bikin cuma buat punya doang dong hehhee
      iya emang banyak singkatan yang aneh aneh -_-

      Delete
  10. Emang rada beda askfm dari sosial media lainnya. Kesan sok ngartisnya tinggi banget, apalagi kalo pertanyaannya yang gak banget, yang aneh aneh deh pokoknya. Tapi itu menurut aku sih, tapi kembali lagi ke pribadinya masing-masing sih. Hehe

    ReplyDelete
  11. emang lagi rame nih.. rame banget sampe banjir di temlen twitter gua -_- buset ya istilah istilah nya gaul abis.. kayanya gua harus private dulu sebulan kalo mau bikin beginian..

    Tbh gua asik2 aja sih ngeliatin orang mainin Ask.fm.. tapi ah gua sendiri ngerasa ga terlalu butuh hehe eh gua kira ini Giveaway yang di buat dari ask.fm, kalo bener gua harus ikutan ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha yeekalii enggak sampai sebulan juga :D

      Bukan giveaway -_-

      Delete
  12. Sayangnya ask.fm ini lebih banyak alasan buat gausah dimaininnya. Beberapa minggu lalu, katanya ask.fm dijadikan tempat bully dg menggunakan fitur anonimnya. Lalu, isi timelinenya bagiku kurang menarik. Tapi yang namanya selera. Tiap orang beda-beda. Apa mau dikata. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa apa mau dikata hehehe

      iya gara gara ada anonim bisa ngebully gitu deh -_-

      Delete
  13. Ini posting kayanya familiar banget. Eh iya, aku inget. Dulu juga ada yang pernah posting kaya' gini yang berbau2 Ask.fm gitu.
    Si Mata Kodok kalo nggak salah.
    Hehehe, tapi gaya penulisannya aja yang beda, meskipun dengan tajuk dan tema yang sama. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha yaiyalah beda kalo sama copas namanya zakia :P

      Delete
  14. Waah.. Infonya berguna banget nih.
    Jadi pingin nyoba juga :D
    Makasiiii yaa :)

    ReplyDelete
  15. Follow Ya Bro ask.fm ane @Fadelerki
    Langsung follback...

    ReplyDelete
  16. Follow ya hehe http://ask.fm/fadhilahandayani

    ReplyDelete
  17. Kepoin orang kepo wkwk
    follow yaaa http://ask.fm/semacamviralogi

    ReplyDelete
  18. ask.fm aku : @naningnan9
    http://ask.fm/naningnan9

    ReplyDelete