Tata Tertib P2B Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

5:03:00 PM


Assalamualaikum :)


Wuhuuuuuu, mungkin ini adalah awal-awal hari yang bakalan penuh kesibukan. Tentunya sebagai mahasiswa baru, dan harus menjalani masa ospek. Oh iya, kalo di kampus aku sendiri namanya bukan ospek. Namanya P2B atau Program  Persiapan Belajar. Kegiatan P2B itu sendiri biasanya, perkenalan kampus yang baru dimasuki, perkenalan mahasiswa/i kepada seluruh komponen kampus, tata tertib yang ada di kampus, perkenalan terhadap kegiatan yang ada di kampus. Intinya kegiatan P2B ini sangat berbeda dengan ospek, karena tujuan P2B ini lebih berfungsi untuk menyiapkan mahasiswa/i baru agar lebih mempersiapkan diri untuk menerima lingkungan di kampus.

Berhubung aku diterima di Universitas Lambung Mangkurat prodi Teknik Lingkungan. Yuk ah, kira-kira apa saja yang dipersiapkan untuk P2B itu sendiri. Dan Tata tertib ini juga berlaku untuk semua mahasiswa/i Fakultas Teknik di Universitas Lambung Mangkurat.


Tata tertib P2B Universitas Lambung Mangkurat untuk Fakultas Teknik:
1.      Memakai baju putih abu-abu tanpa emblem sekolah dan lain-lainnya.
2.      Sepatu hitam polos & kaos kaki minimal 15 cm diatas mata kaki (1-5 september)
3.      Mengenakan ikat pinggang maksimal 3 cm (1-5 september)
4.      Peralatan yang wajib dibawa saat P2B (Setiap Hari)
-          Helm teknik
-          Goodie bag
-          Almameter
-          PIN
-          Nametag
5.      Warna untuk name tag :
-          Teknik Lingkungan : Hijau
-          Teknik mesin :Putih
-          Teknik Sipil : - Biru tua ( Banjarbaru), Biru muda (Banjarmasin)
-          Teknik Kimia : Orange
-          Teknik Arsitektur : Kuning
-          Teknik tambang : Merah
6.      Ketentuan Nametag : Kertas dilaminating dan dibuat dengan 3 rangkap.
-          Kertas 1 : Nama lengkap, NIM, Nama kelompok, dan nama penyakit.
-          Kertas 2 : hobby, motto, dan alasan mengapa memilih fakultas teknik.
-          Kertas 3 : foto berukuran 4R ditempel potrait (pas photo)
7.      Nametag diketik dengan font ukuran 24, menggunakan A5, Margin 1,5 , Huruf capslock, warna hitam,bold, dengan font style, sebagai berikut : (Font sesuai kelompok)
1.      Calibri
2.      Cambria
3.      Times new roman
4.      Aharoni
5.      Tahoma
6.      Bernard MT
7.      Arial black
8.      Berlin sands
9.      Cooper black
10.  Elephant
11.  Eras bold
12.  Francklin gothic demi
8.      Name tag diberi tali sesuai dengan prodi. Tali menggunakan pita dan dianyam. Warna pita sesuai dengan prodi.
9.      Untuk yang tidak menggunakan jilbab rambutnya dikuncir kuda dan untuk yang menggunakan jilbab cukup memakai jilbab dengan warna putih polos.
10.  Tanggal 1-7 September membawa plastik sampah hitam masing-masing 1 buah/kelompok. Dan khusus untuk tanggal 3 september membawa 5 buah plastik sampah/ kelompok.
11.  Tanggal 1-3 september membawa :
-          Alat sholat
-          Sandal jepit (merah). Diukir dengan NIM.
-          Obat-obatan pribadi
-          Membawa snack pribadi & minuman pribadi seperti air mineral dan juga aa Minuman wajib dari nutrifood. Contohnya, nutri sari/hilo teen/ L- men)
-          Membawa buku pedoman dan alat tulis
-          Membawa sendok makanan
-          Membawa koran bekas
-          Membawa batako 2 biji/hari
12.  Tanggal 3 september (tugas kelompok yang wajib dibawa)
-          3 buah sapu ijuk
-          1 buah sapu lidi
-          1 buah ember
-          1 buah alat pel lantai
-          Membawa 1 pot tanaman hias
13.  Pada tanggal 1- 5 september peserta wajib membuat rangkuman materi yang diberikan oleh narasumber. Dikumpulkan pada akhir P2B nanti. Ingat ya! Dengan ketentuan : ditulis tangan rapi pada kertas A4 dengan margin 3, 4, 3, 3 (margin boleh ditandai)
14.  Pada tanggal 6 september : peserta menggunakan pakaian sesuai dengan tema “Proklamasi”, membawa peralatan ranking 1 seperti :
-          Clipboard,
-          spidol kecil (Perempuan warna merah, laki-laki warna biru)
-          pas photo berwarna  (3 x 4) 1 lembar
15.  tanggal 6 september : Pada malam akrab pakaian bebas dan atribut lengkap. Dan setiap kelompok wajib  menampilkan durasi 10 menit. Setiap anggota dikelompok wajib berpartisipasi.
16.  Tanggal 7 september :
-          Menggunakan pakaian olahraga dan baju kaos celana training/ celana olahraga sekolah.
-          Menggunakan sepatu olahraga
-          Menggunakan kaos kaki bebas
-          Setiap kelompok membawa 2 buah bibit pohon dengan tinggi minimal 1,5 m
-          Setiap kelompok membawa 1 buah cangkul.
17.  Datang ke fakultas diharapkan sebelum jam 06:15. JANGAN SAMPAI TERLAMBAT!
18.  Membawa koran bekas setiap hari!
19.  Minuman Nutrifood dari tanggal 1-5 juga!

Mungkin itu saja yang perlu dipersiapkan. Semoga masa P2B itu akan menjadi menyenangkan dan pastinya jalani dengan serius. Karena P2B itu merupakan gerbang untuk menjadi mahasiswa seutuhnya. Ceileh mahasiswa ya, Alhamdulillah :)

You Might Also Like

7 comments

  1. thank's ya buat infonya

    itu pas foto buat nametagnya harus ditempelkah ? klo fotonya diprint di kertasnya kira-kira boleh gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo melihat dari contoh yang lain mereka pada ditempel. Tapi kalo kamu bisa diprint langsung boleh aja. Yg penting margin 1,5 yaaa :)

      Delete
  2. ralat itu untuk yang tidak berjilbab di kuncir kuda bukan di kepang. tp nice info :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih ya ::)

      udah tuh diperbaiki :D

      Delete
  3. kalau ga tau NIM nya bisa liat dimana ya kak??
    soalnya kalau liat btn ukt ku yang ada malah no. pendaftaran dan bukan NIM :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah maaf aku nggak tau jugaa masalah Nim. Coba tanya di fb gin atau kaka tingkat yg lain :)

      Akuu maba jugaa bukan kaka tingkat :D

      Delete
  4. yampun, fath fath, ribet banget bawaan kamu :D segala ada batako -_- buat apakah ituu haha
    semangaat semangaats ^^9

    ReplyDelete