Lebih Dekat dengan Teknologi PGM-FI

6:13:00 AM

Assalamualaikum :)

Sosialisasi Bersama Trio Motor Honda

Belum lama ini pada tanggal 26 Desember 2014 para remaja Blogger Banjarmasin mengikuti acara sosialisasi dari PT Trio Motor untuk memahami lebih jauh lagi tentang teknologi injeksi motor Honda yang biasa disebut dengan teknologi PGM-FI. Alhamdulillah, aku sebagai remaja yang masih awam dengan teknologi injeksi motor Honda tersebut akhirnya setelah mengikuti acara tersebut aku sedikit mulai mengerti tentang teknologi PGM-FI. Nah, kali ini aku akan sedikit berbagi pengetahuan kepada para pembaca mengenai teknologi PGM-FI itu sendiri. Silahkan disimak :)
Apakah PGM-FI itu?
Mungkin bagi kalian yang sudah mahir mengendarai sepeda motor sedikit mengetahui tentang apakah teknologi PGM-FI itu. Atau ada yang belum mengetahui sama sekali? Nah, Teknologi PGM-FI itu adalah singkatan dari Programmed Fuel Injection atau Bahan Bakar Injeksi yang Terprogram. PGM-FI adalah nama yang diberikan oleh Honda ke sistem injeksi bahan bakar elektronik eksklusif untuk mesin pembakaran internal yang menyuntikkan jumlah yang tepat bahan bakar per silinder berdasarkan data mesin tertentu.


Bagaimana sejarah PGM-FI itu?
Sejarah PGM-FI pengembangan Honda untuk sepeda motor Honda mulai lebih dari 20 tahun yang lalu untuk mengembangkan sistem FI (Fuel Injection) untuk terus menyediakan bahan bakar dengan rasio udara yang optimum yang dibutuhkan oleh mesin dengan teknik kontrol elektronik. Sejak itu, Honda telah secara aktif mempromosikan penerapan FI untuk sepeda motor sebagai teknik untuk mewujudkan kinerja lingkungan dan kinerja kendaraan tingkat tinggi.

Kapan Teknologi PGM-FI diperkenalkan?
Teknologi PGM-FI diperkenalkan sejak tahun 2005 hingga saat ini. 

Mengapa Honda menerapkan teknologi PGM-FI?
Polusi udara dibeberapa kota-kota besar sekarang ini sangat memprihatinkan. Hal itu dikarenakan pencemaran udara yang sangat buruk. Salah satunya adalah akibat emisi gas buang dari kendaraan bermotor. Komposisi emisi gas buang yaitu sisa hasil pembakaran berupa air (H2O), gas CO atau disebut juga karbon monooksida yang beracun, CO2 atau disebut juga karbon dioksida yang merupakan gas rumah kaca, NOx senyawa nitrogen oksida, HC berupa senyawa Hidrat arang sebagai akibat ketidak sempurnaan proses pembakaran serta partikel lepas. Menurut data statistik di kota-kota besar kontribusi emisi gas buang dari kendaraan bermotor mencapai hampir 70%. Bisa dibayangkan betapa berbahayanya?
Banyak orang yang mungkin tidak mengetahui dampak negatif  polusi udara dari emisi gas buang tersebut. Ternyata dampak negatif dari emisi gas buang itu adalah memicu hipertensi, menyebabkan iritasi mata, dapat menurunkan kecerdasan, mengganggu perkembangan mental anak dan menyebabkan tenggorokan gatal dan batuk-batuk. Mungkin dampak itu tidak akan terasa pada masa sekarang, tetapi kemungkinan besar dampak negatif tersebut akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh kita pada masa yang akan datang.
Nah, untuk meminimalisir bahaya-bahaya tersebut Honda ternyata punya solusinya loh! Ini adalah awal wujud cinta Honda pada Indonesia, oleh karena itu Honda menciptakan teknologi PGM-FI untuk memberikan kehidupan yang lebih baik kepada semua orang. Dimana teknologi PGM-FI adalah teknologi injeksi ramah lingkungan. Teknologi PGM-FI itu bekerja agar penggunaan bahan bakar yang digunakan tepat sesuai kebutuhan mesin sehingga bahan bakarnya tidak terbuang secara sempurna. Jadi, bagi kalian yang ingin hidupnya aman-aman saja dari polusi tersebut jangan khawatir. Honda PGM-FI sendiri punya solusinya, tanpa membuat pencemaran emisi gas buang secara berlebihan kalian dapat menggunakan sepeda motor dengan nyaman dan aman.

Apa saja kelebihan PGM-FI?
Ternyata teknologi PGM-FI honda juga memberikan kelebihan loh, kurang baik apa coba? Dengan kehadiran teknologi PGM-FI Honda ini akan membuat Indonesia semakin menjadi lebih baik lagi kedepannya. Kira-kira apa saja kelebihannya ya?
1. Lebih RAMAH LINGKUNGAN
Perpaduan antara kecerdasan sensor O2 dan catalytic converter dalam teknologi PGM-FI untuk mengendalikan kadar gas buang yang mampu menekan emisi hingga 90%, sesuai dengan standar regulasi EURO 3.
2. Lebih IRIT BAHAN BAKAR
Mengendalikan komposisi optimal antara pasokan bahan bakar dan oksigen untuk menghasilkan pembakaran yang lebih efisien.
3. Lebih BERTENAGA
Pengaturan kinerja mesin yang telah terprogram pada setiap putaran mesin akan memberikan akselerasi yang lebih responsif. Teknologi serupa yang juga diaplikasikan pada motor juara MotoGP, kini ada di sepeda motor kesayangan kalian.
4. Lebih MUDAH MENGHIDUPKAN MESIN
Kecanggihan teknologi PGM-FI membuat mesin lebih mudah dihidupkan dalam segala kondisi suhu udara, ketinggian dari permukaan laut dan bahkan setelah lama tidak dihidupkan sekalipun.
5. Lebih MUDAH PERAWATAN
Bagi kalian yang nggak mau repot soal perawatan. Ternyata teknologi PGM-FI ini lebih mudah perawatannya loh! Sistem kendali elektronik dalam PGM-FI didukung oleh MIL (Malfuction Indicator Lamp) untuk mengidentifikasi gangguan mesin melalui jumlah kedipan lampu sehingga membantu perawatan menjadi lebih mudah. Perawatan optimal dapat dilakukan di Bengkel Resmi Honda seluruh Indonesia.

Kedipan kerusakan MIL (Source)


6. Aman dengan Premium
Kalo harga pertamax mahal, jangan khawatir buat kalian yang udah menggunakan sepeda motor honda yang dilengkapi dengan sistem teknologi PGM-FI. Ternyata cocok menggunakan Premium di seluruh SPBU Indonesia loh! Gimana? Masih ragu menggunakan Honda PGM-FI?
7. Garansi 5 Tahun
Ternyata Honda itu udah baik banget sama penggunanya loh! Mungkin baiknya udah melebihi pacar kalian hihihi. Honda memberikan garansi komponen PGM-FI selama 5 tahun atau 50.000 km.

Gimana? Udah mulai paham dengan teknologi PGM-FI ini? Kalo udah paham nggak perlu ragu lagikan untuk mencoba teknologi PGM-FI dari Honda ini? Honda aja udah menunjukkan cintanya dengan memberikan teknologi PGM-FI ini kepada Indonesia. Kalian kapan? Dengan cara menggunakan produk dari honda kalian sudah menunjukkan rasa cinta kalian kepada Indonesia ini. Ingat loh, sudah saatnya kita mencintai lingkungan ini, dengan memakai produk dari Honda yang telah menggunakan Teknologi PGM-FI kalian udah mengurangi pembuangan gas emisi gas yang secara berlebihan.

source

*Sumber
Disini
Disini
Disini

You Might Also Like

2 comments

  1. honda. legend of all time.

    eh oh ini fatimeh yg diwawancarai itu kah... asik. berapa dibari komisi semalam? hhihi..

    ReplyDelete
  2. okelah abis ini gue cari pasangan yang cinta PGM-FI biar lebih bertenaga *salahgaul :D hehe

    ReplyDelete