Keindahan Taman Labirin di Kalimantan Selatan

3:58:00 AM



Taman Labirin di Pelaihari adalah salah satu Destinasi Wisata Kalsel yang memiliki keindahan dan wajib kalian kunjungi - Indonesia memiliki banyak provinsi, tentunya disetiap provinsi memiliki masing-masing keindahan pariwisata tersendiri. Nah, salah satunya di Kalimantan Selatan. Kalimantan Selatan ini memiliki banyak wisata yang mungkin tak banyak orang diluar sana mengetahuinya. Mulai dari wisata alam seperti keindahan bukit, pegunungan, air terjun, hingga pantai.


Sebelumnya, kalian tau gak sih apa itu Taman Labirin? Taman Labirin itu adalah jalur rumit yang jalannya berliku-liku dan memiliki banyak sekali persimpangan dan biasanya juga banyak memiliki jalan buntu. Labirin biasanya digunakan sebagai permainan di atas kertas. Tetapi, untuk labirin yang bisa kita rasakan secara langsung biasanya menggunakan tanaman yang tinggi sehingga menyerupai seperti tembok pembatas. Taman labirin ini bisa dibilang cukup unik dengan bentuknya seperti tembok pembatas yang terkadang tingginya setinggi manusia atau bahkan lebih. Dan yang lebih unik, biasanya ditengah-tengah taman labirin dibangun sebuah menara. Dari menara itulah kita bisa melihat taman labirin dari berbagai sudut, dan tentunya bisa mengarahkan temen kita yang tersesat ditaman labirin :D






Nah, kali ini aku akan mengenalkan sebuah Destinasi Wisata Kalsel yang tentunya memiliki kesamaan nama, dan tentunya keindahannya juga tak kalah sama dengan yang ada diluar pulau Kalimantan . Namanya wisata Taman Labirin, Taman Labirin tak hanya ada di Kalimantan Selatan tetapi juga ada di daerah pulau jawa. Taman labirin ini ditanami tanaman Teh-Tehan atau bahasa latinnya Camellia Sinensis yang mana ditanam sejak tahun 2013. Dan taman labirin terletak di Agrowisata BP3T di Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Pelaihari atau jalan Jendral Ahmad Yani KM.51.


Taman Labirin dari berbagai sudut
Berjalan-jalan di taman labirin


Wisata taman labirin buka mulai Senin – Sabtu, biasanya hari libur pun juga buka. Hari Senin – Jum’at buka mulai pukul 1 siang hingga sore dan hari Sabtu buka mulai pagi. Tiket masuk ke wisata taman labirin  ini tidak mahal kok! Tenang saja,  tentunya tidak menguras isi kantong kalian. Kalian hanya perlu membayar Rp. 3.000/org dan tidak ada tarif lain lagi saat memasuki Taman Labirin. Dan kalian bisa menikmati semua yang ada di taman labirin ini.
Gerbang masuk taman labirin


Wisata ini sangat cocok untuk kalian yang penat dengan keadaan kota  penuh kemacetan dan polusi dimana-mana. Apalagi sekarang dikota-kota besar mungkin jarang terlihat pohon-pohon yang bisa menyegarkan mata kalian. Nah! Ini memang tempat yang paling cocok karena apabila kalian berkunjung kesini kalian akan disuguhkan dengan pemandangan hijau disekelilingnya. Jika kalian lelah berkeliling di area taman labirin yang mungkin membuat kalian tersesat menemukan jalan keluarnya. Setelah keluar dari taman labirin kalian juga dapat mengunjungi tempat lain disekitar sini. Karena, ditempat ini tidak hanya ada taman labirin, tetapi juga ada area perkemahan yang biasanya digunakan untuk acara berkemah, lapangan bola, penangkaran rusa, dan danau pemancingan yang terdapat pondokan-pondokan yang bisa digunakan untuk bersantai disana.
Danau pemancingan
Penangkaran rusa
Lapangan bola di sekitar taman labirin

Santai menikmati Pemandangan

Buat kalian yang berada di luar Kalimantan jangan khawatir, saat ini salah satu maskapai penerbangan Garuda Indonesia meluncurkan program “Wonderful of Indonesia”. Terdapat empat kawasan wisata yang dipilih Garuda Indonesia melalui program ini di antaranya Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Program ini bertujuan untuk meningkatkan promosi pariwisata yang ada di Indonesia. Tentunya menarik para wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia dan merasakan bahwa Indonesia juga punya tempat wisata yang tak kalah menarik untuk mereka kunjungi. Salah satunya adalah pulau Kalimantan.



Nah, bagi kalian yang berada di luar pulau Kalimantan ingin berkunjung ke taman labirin, rute dari Bandara Syamsudin Noor menuju Taman Labirin itu kurang lebih 30 km. Nantinya, jika kalian menggunakan kendaraan umum atau taksi dari Bandara Syamsudin Noor maka rutenya lurus menuju Pelaihari atau melewati daerah Bati-Bati. Berhentinya tepat di depan kantor BP3T (Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Terpadu), karena taman labirin ini letaknya persis dipinggir jalan utama sebelah kiri sehingga tidak sulit untuk menemukannya.
Gerbang masuk tempat wisata





Sudahkah kalian berkunjung ke taman labirin? Banyak orang yang berlomba-lomba pergi keluar daerah. Padahal Kalimantan Selatan memiliki banyak wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah wisata taman labirin ini. Seharusnya masyarakat daerah sekitar menyadari pentingnya mencintai wisata yang ada di daerah sendiri yaitu dengan cara mengunjungi dan mengenalkan wisata tersebut. Selain peran masyarakat sekitar, peran pemerintah pun sangat penting agar terus meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di wilayah taman labirin sehingga menarik para wisatawan baik mancanegara maupun lokal untuk berkunjung.
 

Tulisan ini diikutsertakan dalam :

lomba blog wisata kalsel


* sumber : disini

You Might Also Like

3 comments

  1. Ku sudah pernah kesini, naik menaranya pakai rok wkwk

    ReplyDelete
  2. mulai dulu musim-musimnya labirin sampai sekarang ngga musim lagi, ngga pernah kesana padahal mau lihat langsung. mudahan ai kapan-kapan bisa kesana nahh. lawan kawan km kh Damai tu bisa jua kesana hihi *upsss

    ReplyDelete