Dancow Parenting Center : Berkata IYA BOLEH untuk EKSPLORASI si kecil

8:32:00 AM




Pada weekend minggu lalu  aku menghadiri Seminar Parenting yang diadakan oleh Dancow Parenting Center. Seminar ini bertempat di Golden Tulip Banjarmasin, pagi-pagi sekali aku berangkat dari Banjarbaru.  Sesampainya disana sudah terlihat banyak para Bunda bersama si kecil. Sempat gerogi juga sih waktu sampai disana, karena hampir semua yang datang itu ibu-ibu dan anaknya. FYI, ini pertama kalinya aku datang di seminar dancow parenting ini jadi aku sedikit bingung kira-kira ngapain aja ya? “Awalnya sih pasti ini bahas tentang si kecil” pikirku.

Setelah registrasi aku pun memasuki Balroom Golden Tulip, sekitar beberapa menit kemudian menunjukkan pukul 09:30 Wita, dan acara pun dimulai. Moderator dalam acara ini adalah Shahnaz Haque. Dan yang menjadi pembicara dalam seminar ini yaitu Sari Sunda Bulan, AMG yang merupakan seorang ahli gizi, DR. dr. Rini, Sekartini, Sp(A)k yang berprofesi sebagai dokter anak , dan yang memberikan materi seputar psikologi anak yaitu Vera Itabiliana Hadiwidjojo S. Psi., Psi. Adapun tema dalam seminar ini yaitu “Berkata Iya Boleh Untuk Eksplorasi si Kecil”. 

 



Dari kejauhan terdengar sapaan dari Bunda Shahnaz Haque dan disampingnya ada putrinya yang mendampingi. Setelah itu masuklah para pembicara memasuki panggung dan mulai berbincang-bincang. Materi pertama yang diberikan oleh DR. dr. Rini, Sekartini, Sp(A)k. Adapun materi yang disampaikan Bunda Rini membahas apa aja sih kebutuhan si kecil agar tumbuh kembang si kecil secara optimal. Kira-kira apa aja ya?



Nah ternyata yang dibutuhkan si kecil itu cuman ada 3 yaitu Nutrisi, kasih sayang, dan Stimulasi. Pertama, Nutrisi itu mencakup cara orang tua dalam memperhatikan asupan nutrisi yang disediakan untuk si kecil. Dengan cara memperhatikan makanan yang dimakan, waktu makan, dan memantau pertumbuhannya. Kedua, Kasih sayang dari orang tua adalah salah satu hal penting dalam tumbuh kembang si kecil. Contohnya adalah dengan cara orang tua mendampingi si kecil saat bermain dan belajar. Ketiga, Stimulasi. Selain dengan nutrisi dan kasih sayang dari orang tua si kecil juga perlu stimulasi. Dengan cara stimulasi sehingga si kecil mendapatkan dorongan.

Materi kedua disampaikan oleh Bunda Vera yang berhubungan dengan sisi psikologi anak. Diantaranya yaitu manfaat eksplorasi dan stimulasi untuk si kecil. Ternyata, untuk tumbuh kembang si kecil itu ekplorasi menjadi hal penting. Mengapa demikian? Karena ekplorasi itu merupakan suatu tahapan agar si kecil belajar banyak hal sehingga si kecil pun dapat merasakan manfaat dari eksplorasi itu sendiri yang mencakup kemampuan atensi, kemampuan memori, kemmapuan Psikomotorik, kemmapuan penyelesaian masalah, kemampuan kognitif, dan juga kemampuan Bahasa. 
 
Ternyata ekplorasi bagi si kecil itu punya banyak manfaatnya. Nah, dengan manfaat yang banyak itu bunda di luar sana tak perlu khawatir lagi dong dan berkata “jangan” jika si kecil ingin melakukan ini itu. Kata Bunda Vera sih jangan membatasi jika si kecil mau ngapain aja. Apalagi jika berhubungan dengan tumbuh kembangnya. Mulai sekarang bunda di luar sana tak perlu cemas ataupun khawatir lagi jika si kecil ingin melakukan banyak hal selama itu masih ada batasan dan  tetap dalam kontrol si bunda. Mulai sekarang bunda-bunda di luar sana harus selalu berkata “IYA BOLEH”. 


Pembicara selanjutnya adalah dari Bunda Sari Sunda yang memberikan materi tentang kebutuhan nutrisi si kecil. Ternyata porsi ideal untuk si kecil saat makan itu dengan ukuran porsi nasi hanya sebesar kepalan tangannya dan lauknya sebesar telapak tangannya. Wah, aku juga baru tau ternyata itu adalah ukuran porsi idel makan untuk si kecil. Jika diperhatikan, bunda-bunda diluar sana pasti lebih banyak memberikan porsi nasi dibandingkan lauk-pauknya, benarkan? Ternyata itu porsi yang salah.

Selain itu, Bunda Sari Sunda juga menjelaskan kebutuhan nutrisi si kecil tidak hanya masalah karbohidrat dan lauk. Tetapi juga mencakup kebutuhan serat dan vitamin yang berasal dari buah-buahan. Nah, bagi bunda diluar sana ingat ya kebutuhan vitamin bagi si kecil juga penting bukan cuma kebutuhan karbohidrat dan lauk. Dan tentunya jadwal makan si kecil pun juga harus teratur. Selain kebutuhan karbohidrat, lauk, dan vitamin untuk nutrisi juga harus dilengkapi dengan susu pertumbuhan. Salah satunya adalah varian baru dari Dancow yaitu Dancow Advanced Excelnutri+ yang banyak memiliki keistimewaan tentunya dapat menunjang keseimbangan nutrisi bagi si kecil.


Setelah ketiga pembicara menyampaikan materinya selesai, acara pun dilanjutkan dengan pembagian doorprize. Setelah pembagian doorprize acara pun selesai dan dilanjutkan dengan pembagian goodie bag dan menikmati hidangan makan siang yang ada di luar ballroom. Nah ingat ya bagi bunda-bunda diluar sana jangan membatasi ekplorasi anak untuk bermain ataupun belajar. Ingat selalu katakana “IYA BOLEH” tanpa harus khawatir ataupun cemas karena si kecil pun perlu kebebasan untuk mengekpresikan dirinya selama masa pertumbuhan. oh iya buat para bunda yang pengen dapat ilmu seputar si kecil bisa kunjungi webnya disini atau kunjungi twitternya @Dancowcenter.



***
Awalnya sih minder juga mau ikut acara ini, lah orang isinya semua ibu-ibu yang sudah bahagia punya anak dan tentunya suami. Lha, aku? Hanya seorang mahasiswa yang masih berkutat dengan masa depan yang abu-abu. Jodohnya aja belum ketemu, eh apalagi punya anak. Tapi ternyata seru juga setelah aku mengikuti seminar ini. Ada pelajaran yang bisa aku dapat jika nanti aku menjadi seorang bunda bagi si kecil. Namanya belajar itukan gak perlu kalian harus jadi seorang bunda dulu. Karena belajar hari ini untuk masa depan, hihihi.





You Might Also Like

3 comments

  1. Baru tahuuu cara nentuin ukuran porsi itu pake kepalan tangaaan. Hohoho. Harus diinget-inget nih. Biar nggak obesitas. Kan kadang kita suka sembarang ngasih, asal dia masih mau dijejelin terus. Muahaha. \:p/

    ReplyDelete
  2. bahahaaa..itung2 ikut seminar ini untuk belajar buat bekal nanti :)

    www.dinalangkar.com

    ReplyDelete