GET OUT OF YOUR COMFORT ZONE

6:09:00 PM


 
Hellow, udah lama ya gue gak update blog? Kira-kira lama banget ya, udah gak usah dihitung. Buang-buang waktu kalian aja. Basi banget ya kayaknya kalo gue ceritain kenapa jarang update blog, kalo mau tau tanyain di email aja deh. Kali ini gue mau coba ngumpulan niat gue kayak dulu, berbagi cerita sama orang lain. Mulai dari cerita yang kata orang jaman sekarang berfaedah sampai dengan yang unfaedah, gitulah pokoknya.

Nah, sekarangkan gue udah berstatus sebagai jodoh orang mahasiswi otw semester 7 dan ini kalau di kampus gue khususnya program studi yang gue jalanin itu lagi rame-ramenya KERJA PRAKTEK! Disaat seperti ini yang harusnya liburan 3 bulan, bakal enak malas-malasan tidur-tiduran di rumah tapi gue dan teman seangkatan gue harus melangkah ke suatu tempat untuk ngerasain gimana suka duka dunia kerja.

Masa kerja prakteknya sih gak nyampe 3 bulan, cuman sekitar 1 bulan aja. Jadi selama 1 bulan itu gue harus bertemu orang baru, mencari pengalaman baru, hal baru pokoknya banyak hal-hal baru yang harus gue dapetin. Emang harus sih, intinya kalau gue gak dapat apa-apakan waktu gue selama satu bulan bakalan rugi banget ya.

Nah, syukurnya kerja praktek ini gue ada teman yang bakalan nemenin suka dukanya saat jadi mahasiswi maganglah, namanya Amanda. Awalnya gue sama teman gue ini mau ngambil kerja praktek di sebuah perusahaan besar tapi dengan berbagai macam hal pertimbangan niat itu dibatalkan. Pada akhirnya kami pun memilih untuk mengambil kerja praktek di sebuah instansi yang lumayan jauh dari kampus sekitar 2 jamlah dari kampus gue, di Rantau (Kalimantan Selatan). Gue dan teman gue kerja prakteknya di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin. Syukurnya lagi sitemen gue ini tempat tinggal asalnya di Rantau jadi kami gak perlu repot buat jadi anak kos lagi, khususnya sih gue ya. Jadi selama 1 bulan kerja praktek gue tinggalnya di rumah Amanda ini. Alhamdulillah keluarga Amanda ini mau-mau aja nampung gue, hihihi.

Kemaren, tepat tanggal 3 Juli sesuai dengan jadwal yang sudah ada di proposal merupakan hari pertama gue harusnya memulai kerja praktek. Tapi, karena kami belum tau seragam apa yang harus dipakai akhirnya kami berniat pergi ke kantor hanya untuk menanyakan lebih detail. Dan….sesampainya kami di kantor ketemu sama bapak kepala dinasnya ngobrol dan akhirnya kami ditunjukkan ruangan dan dikenalkan sama pegawai-pegawai di kantor disana. Kebetulan juga ternyata seragam yang kami harus pakai terserah aja, jadilah hari itu jadi hari pertama kami kerja praktek.

Awalnya gue malu-malu sih ya ketemu semua pegawai dikantor itu, wajarlah gue orang yang paling gak suka sama situasi “pengenalan awal, memulai sesuatu yang baru atau sejenisnyalah” bukan berarti gue gak suka mencoba sesuatu hal yang baru ya gue cuman gak suka sama situasinya. Karena, terkadang gue harus menyesuaikan diri lagi, berkenalan lagi dengan orang baru, dan sebagainya. Maklumlah gue orangnya kalau pertama kali ketemu orang pasti agak pendiem, tapi besok-besok gak bisa diem, hihi. Tapi mau gak mau kita terkadang memang harus melalui fase itu, namanya juga hidup ya. Proses kehidupan itu gak ada yang enak, terkadang emang harus keluar dari zona nyaman.

You have to be uncomfortable in order to be successful, in some ways. If u stay in ur comfort zone! You would never do the things that you need to do - Lights Poxlietner

Hari pertama kami disana udah disambut hangat sama pegawai disana. Ada yang nanyain apalah-apalah gitu, ngajakin bicara dan lain sebagainya. Kebetulan hari pertama disana mereka lagi ada acara masak-masak bareng, akhirnya diajakin masak dan makan bareng. Sumpah, senang banget sama pegawai-pegawai disini yang super duper ramah banget. Sampai ada bapak-bapak yang bercandain gue kayak gini “eh anak SMP kenapa disini”, terus gue jawab deh “Hehe iya pak, bosan sekolah makanya keliaran di kantor”. Gue sih udah biasa dibercandaian kek gitu, biasalah faktor muka gue yang mungkin 11 12 sama anak SMP atau badan gue yang kecil kek semut *eh* bercanda.

***
Sekarang udah sampai seminggu kami kerja praktek dan selama seminggu pula kami jadi mahasiswi magang. Kegiatan selama seminggu ini sih masih di kantor aja, biasanya di laboratorium, atau santai-santai aja. Karena, emang belum ada jadwal buat ke lapangan. Kata pegawainya disini sih ya gini kalau lagi gak ada kerjaan ya santai aja, hihihi.

Jadi selama gue kerja praktek banyak deh pelajaran yang gue dapatkan. Pokoknya satu hal yang gue tau terkadang kita itu harus keluar dari zona nyaman, mencari sesuatu hal yang baru biar pemikirannya gak sempit, hihihi.  Dan juga gue mikirnya kek gini  “Ternyata emang gak ada enaknya, mau kerja mau kuliah. Kita punya kewajiban tersendiri. Saat jadi mahasiwa/i kita dituntut untuk belajar, menuntut ilmu, dan menyelesaikan tugas. Sedangkan di dunia kerja kita juga dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan kita. Jadi apapun lo, mau jadi mahasiswa atau udah kerja intinya kita akan selalu punya kewajiban. Intinya sih nikmatin aja semua proses yang lo lalui, toh nanti semua proses itu akan terlewati dan baik buruknya pun akan memberikan sebuah pelajaran hidup buat lo”

source : tumblr



You Might Also Like

6 comments

  1. kayaknya senasib yee.. selalu di anggap akan smp padahal umur dh hampir kepala 3 hahaha makanya biasanya beli lipstik yg merah sekalian kalo make lipstik pink selalu di kira smp / sma atau yg lebih parah nya lagi ga di gubris kalo ngomong krn di anggap too young yg ga perlu dikasih respect wkwk ko curhat ya :v
    btw, salam kenal yaa..

    ReplyDelete
  2. ehh muncul lagi, kirain uda hilang yang punya blog ini mbak :)

    ReplyDelete
  3. Wah, di Rantau kah? Aku disana jua. Wah bisa nih meet up :D

    ReplyDelete
  4. Selamat merasakan dunia kerja yaa! Hahahah.. beruntunglah bisa KP di instansi.. semoga bisa jadi pegawai di instansi itu juga. Aamiin.

    Manfaatkan waktu KP ini buat nyari ilmu yang banyak. Biar di dunia kerja ga kaget lagi sama kegiatannya. Kalo di dinas sih mungkin rada selow ya. Coba di swasta, apalagi konsultan wahahaha! Ngeri-ngeri sedaplah pokoknya

    ReplyDelete
  5. Aya juga sering di ulang anak SMP 😂 Padahal udah kuliah , aya mah efek badan peluk able 😂

    ReplyDelete