MENEKUNI HOBI YANG DIBAYAR ITU ASYIK!

8:56:00 AM 5 Comments A+ a-

Setiap orang pasti memiliki hobi masing-masing. Hobi itu berawal dari keinginan loe buat mengisi waktu luang dan loe bakalan senang melakukannya. Biasanya sih kalau sudah hobi, kapan pun dan gimana aja keadaannya lo bakalan senang ngelakuinnya. Hayo, kalian udah punya hobi yang kalian senang banget menekuninya? Namanya hobi ya pasti senang sih ya.
Ternyata hobi itu kalau udah ditekuni bisa memberikan keuntungan loh? Ada yang tau gak keuntungannya apa? Bicara soal hobi ternyata gak cuman “sesuatu hal yang kita senangin loh”. Ternyata hobi yang kita tekuni itu bisa jadi pekerjaan yang menghasilkan uang. Duh, udah senang ngelakuinnya ditambah dapat uang lagi. Siapa yang gak mau? Kalian pernah gak sih dengar qoutes yang sering diucapin orang diluar sana  “Pekerjaan yang paling enak adalah hobi yang dibayar”. Nah, kali ini gue mau ngasih tau beberapa hobi yang bisa kalian tekuni dan menghasilkan uang.


Menulis
Kalau buat blogger sih hobi ini gak bisa dipungkiri ya kalau udah ditekuni pastinya bisa menghasilkan uang. Jadi, misalkan kalian punya hobi menulis, menulis cerita pendek, menulis puisi, atau cuman sekedar curhat jangan ditinggalin gitu aja gaes. Ditinggalin tiba-tiba itu sakit *eh*. Iya, maksudnya kalau kalian hobbi banget menulis teruslah menulis. Atau kalian yang baca postingan ini belum punya blog? Nah, sebenarnya sih buat kalian yang suka menulis jangan sampai tulisan kalian gak punya pembaca gaes. Gimana caranya? Yuk jadi blogger.

Jadi blogger itu banyak keuntungan loh, salah satunya ya kalian bakal ngerasain “namanya hobi yang dibayar”. Selain itu kalian bakal bertemu banyak orang yang punya hobi sama seperti kalian “hobi menulis”. Apalagi kalau kalian bergabung dengan komunitas-komunitas para blogger. Duh senang banget deh pokoknya, loe bakalan punya banyak teman dan pengalaman-pengalaman baru. Apalagi kalau loe bisa ketemu teman yang hobinya sama dan daerahnya sama, wah itu klop bnaget deh. Kek yang gue rasain sekarang, gue senang punya banyak teman dan bisa bergabung disalah satu komunitas Blogger Banjarmasin.  

Oh iya, sebenarnya sih kalo kita bicara tentang hobi gak mesti harus selalu pengennya menghasilkan uang ya? Namanya aja hobi, kalau dapat uang mah bonus. Sebenarnya sih banyak keuntungan yang bisa loe dapatkan ketika loe punya hobi nulis. Salah satunya ya kesenangan tersendiri ketika ada pembaca yang senang menikmati tulisan loe. Dan biasanya kalau tulisan kalian udah keren, kalian juga bisa menulis di web-web yang terkenal. Salah satunya nih di website karya anak banua. Disana banyak tulisan dari blogger-blogger Banjarmasin yang tergabung dikomunitasnya. Jadi, pokoknya terus tekuni hobi kalian deh, salah satunya kalau punya hobi menulis. Bakalan banyak hal yang tak terduga yang kalian dapatkan nantinya

Design

Design? Loe suka main-main sama photoshop? Corel draw? Dan aplikasi design lainnya deh pokoknya. Gak kalah sama hobi menulis, ternyata hobi kalian-kalian yang suka design dan menghasilkan karya-karya desain grafis yang keren banget bisa menjadi salah satu hobi menghasilkan uang gaes. Karena apa? Diluar sana pasti banyak orang-orang yang masih belum tau, atau belum bisa sama sekali gimana caranya membuat karya-karya desain grafis yang kece banget. Sehingga sebagian orang pun pasti memerlukan jasa kalian buat desain. Namanya juga hobi ya, buat loe yang punya hobi ini syukur bnaget deh meskipun kelihatannya ngutak-atik aplikasi yang berbau desain grafis itu rumit bagi sebagian orang yang gak hobi kayak kalian, tetapi kalian menganggapnya justru itu hal yang mudah dan menyenangkan. 

Menyanyi

Loe punya suara bagus? Sering nyanyi diacara-acara teman atau keluarga. Nah ini salah satu hobi yang gak kalah keren sih menurut gue, karena kalau kalian suka nyanyi terus ditambah punya suara yang bagus. Pastinya bakal jadi menarik perhatian orang-orang ya buat menjadikan kalian salah satu pengisi diacara mereka. Menyenangkan? Tentu saja, menyanyi itukan salah satu hal yang bisa mengekspresikan diri ya. Biasanya sih kalau udah diundnag kemana-mana buat mengisi acara, wah lumayan juga tuh hobi nyanyi kalian dibayar. Udah bisa mengekspresikan diri, dibayar lagi. Klop banget deh ya, jadi buat kalian yang punya hobi menyanyi dan suara kalian bagus, tetap tekunin hobi nyanyi ya. Kali aja bisa ngalahin Raisa, hihihi.
 

Fotografi

Ternyata kalau punya hobi potret sana potret sini itu juga punya keuntungan loh gaes, apalagi kalau hasil dari foto yang kalian abadikan itu keren banget. Nah, hasil jepretan yang keren salah satu hal yang bikin orang-orang bakalan kagum melihat hasil jepretan kalian. Pastinya bakalan ada tuh tawaran kek gini “Eh minta tolong dong loe jadi fotografer di acara pernikahan gue”, nah kebayangkan loe yang awalnya cuman sekedar hobi doang buat foto-foto, ternyata juga bisa menghasilkan uang dari hobi ini. Gak kalah sama hobi sebelumnya ya.

Nah, itulah beberapa hobi yang asyik banget menurut gue kalo kalian punya hobi salah satu dari yang gue sebutin diatas. Tapi ingat ya, jangan sampai hanya untuk mengejar hobi yang berbayar kalian memaksa diri. Jangan sampai gaes, karena gimana pun hobi tetaplah sesuatu hal yang pada saat kita melakukannya kita akan merasa senang, kalo urusan dibayar atau gak itu sih bonus aja. Ada lagi gak hobi yang dibayar dan bikin asyik selain yang gue sebutin diatas???



Tulisan ini diikut sertakan dalam:
                                                                                                                                                                                                     

Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

5 comments

Write comments
Rizqi Alam
AUTHOR
August 25, 2017 at 2:50 AM delete

Kalo diliat-liat, zaman sekarang semakin banyak hobi-hobi yang gak terduga bisa menghasilkan benefit. Contohya kek jadi yutuber gaming, hahaha. Main game terus direkam (dengan disisipi konten explicit), upload ke yutube, terus viral, dapet duit :D Hehehe nggak deng becanda.

Reply
avatar
Admin
AUTHOR
September 25, 2017 at 6:02 AM delete

Bagus mba tulisannya,, blog nya keren mba,, tapi aktiv akan versi web nya template nya tambah keren banar,, bujur tuu

Reply
avatar
FatimahAqila
AUTHOR
September 29, 2017 at 6:32 AM delete

Iya lam, sekarang emang banyak hobi yang tak terduga menghasilkan keuntungan buat yang punya hobi ya.

Reply
avatar
October 5, 2017 at 5:08 PM delete

Mantap banar, lanjutkan mbae bilalgrup.blogspot.com

Reply
avatar
Admin
AUTHOR
October 11, 2017 at 1:32 AM delete

Kunjungi blog ulun buhanya ai zonamdi.blogspot.co.id

Reply
avatar