INI AKIBAT DARI MAHASISWA YANG KULIAH SAMBIL KERJA

9:53:00 AM 0 Comments A+ a-




Pernah gak sih kalian kepikiran pada saat sudah kuliah beberapa semester “Enakan kerja ya, bisa dapat penghasilan sendiri. Gak perlu cape buat belajar dan segala macamnya”. Hayo pasti pernahkan??? Memang ya terkadang yang udah kuliah malah pengen kerja dan yang udah kerja malah pengen kuliah, kebolak balik deh. Tapi emang sih ya terkadang namanya sifat manusia itu pasti “bosan” dengan rutinitas yang itu-itu saja. Meskipun saat-saat kuliah pengen kerja, dan saat kerja pengen kuliah kita bisa aja memilih untuk “kerja sambal kuliah ataupun kuliah sambil bekerja”.  Namanya sebuah pilihan ya pasti ada resikonya, salah satunya kalau memilih “kuliah sambil kerja”. Apa saja ya resikonya, yuk kita intip akibat dari mahasiswa yang kuliah sambil bekerja.
Gak fokus kuliah
Biasanya sih awal-awal bekerja, biasa aja. Lama kelamaan mungkin bakal merasakan lebih senang bekerja daripada kuliah. Akhirnya, malah tidak peduli lagi dengan kuliah dan malah keasyikan bekerja. Bahkan rata-rata orang yang sudah menikmati hasil dari kerja kerasnya akan condong memilih untuk memprioritaskan pekerjaannya dibandingkan dengan kuliahnya. Alhasil, bakalan banyak absen di kelas dan mulai malas mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Wah, ternyata sulit juga ya menyeimbangkan antara kuliah dan sambil bekerja. Nah gimana gaes? Buat kalian yang punya niatan untuk kuliah sambil bekerja, mending pikir-pikir lagi deh ya. Apalagi buat kalian yang sudah hampir semester tua, sangat disayangkan kalau akhirnya harus mengorbankan waktu kalian yang sudah beberapa tahun hanya karena keasikan bekerja ya. Pikir-pikir lagi ya, hihihi.

Susah manajemen waktu
Nah, untuk yang satu ini terkadang aja kalo urusan tugas-kuliah-mengerjakan tugas yang satu dengan yang lainnya masih keteteran ya? Apalagi kalau ditambah dengan jam kerja. Wih, kebayangkan misalnya dr jam 8 pagi sampai 4 sore kuliah terus dilanjutkan kerja sampai malam. Pulang kerumah? Ya tinggal capek aja. Jangankan untuk mengerjakan tugas ya, yang ada sampai rumah bawaannya mau tidur.

Ini nih gaes buat kalian yang mau kuliah sambil bekerja, dipikirin lagi deh, tapi kalau kalian fine-fine aja sama manajemen waktu kalian tidak masalah sih ya. Intinya kalian harus pintar memanfaatkan waktu, bisa aja sih sambil bekerja kalian bawa tugas. Eits, tergantung lagi sih kalian kerjanya yang gimana, kalau santai-santai aja sih enak bisa bawa tugasnya ke tempat kerja. Lah kalau ternyata gak nyantai dan punya atasan yang gak pengertian, susah banget.


Tidak banyak waktu luang
Namanya kuliah sambil bekerja, ya mau enggak mau waktu luang kalian harus di ikhlasin. Kayak contoh di atas ya, kalian kuliah dari jam 8 pagi sampai 4 sore. Lalu karena kalian harus bekerja, dan setelah pulang kalian harus siap-siap ke tempat kerja. Kapan waktu luangnya? Jangan pernah memimpikan waktu luang, ya harus ikhlas dong ya waktu luangnya tersita buat jam kerja. Bahkan, kalian juga harus buang jauh-jauh punya waktu buat nongki sama teman-teman kalian, bisa sih pas mau ngambil jatah cuti misal 1 hari. Ya intinya sih waktu luang kalian tidak akan sebanyak “sebelum kalian memutuskan untuk memilih kuliah sambil bekerja”.

Gimana gaes? Pusingkan? Sama. Sebenarnya sih postingan ini bukannya menakut-nakuti kalian yang ingin kuliah sambil bekerja tetapi hanya mengingatkan saja, jangan sampai sesuatu hal yang kalian pilih berdampak besar dan memunculkan permasalahan-permasalahan kecil ya. Salah satunya ketika kalian memutuskan untuk memilih kuliah sambil bekerja. Kembali lagi sih gimana cara kalian pribadi memanajemen diri kalian sendiri.

***

Nah, daripada kalian bingung milih kuliah atau kuliah sambil bekerja. Besok kan hari minggu ya, daripada mumet sama pekerjaan dan tugas yang udah “mati satu tumbuh seribu” aku mau ngasih tau sesuatu nih. Jadi salah satu komunitas Blogger Banjarmasin “Pena Blogger Banua” mengadakan acara BAPANDIRAN BLOG dalam rangka memeperingati Hari Blogger Nasional dan ulang tahun komunitas pena Blogger Banua. ACARA “Bapandiran Blog” ini mengangkat tema “Bijak bersosial media”. Nah buat kalian yang bingung mau kemana, yuk ikutan lumayan loh ilmu yang bermanfaat serta dapat teman baru. Hihihi

Oh iya buat kalian yang mungkin belum kenal Pena Blogger Banua itu apa, yuk ikuti acara besok kali aja langsung kenal dan suka, hihihi. Apalagi kalau kalian seorang blogger, wuih rugi banget kalau belum kenal sama PBB, pokoknya kalau kalian kenal sama PBB kali aja tulisan kalian bisa nangkring di website karya anak banua. Belum tau websitenya? Websitenya itu www.badangsanak.com. Gimana, kerenkan? Jangan sampai nyesal deh pokoknya. 

Tulisan ini diikutsertakan di Arisan Blog Pena Blogger Banua


Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤