TIPS AGAR TRAVELING JADI MOMENT TAK TERLUPAKAN!

10:35:00 PM





Travelling merupakan suatu hal yang menyenangkan untuk dilakukan dikala penatnya rutinitas kerja. Tak heran, jika banyak orang yang menghabiskan waktu cuti kerja hanya untuk travelling. Padahal, kalau dipikir-pikir ketika lelah dengan pekerjaan mending menghabiskan waktu cuti untuk tidur. Menurutku sih sah-sah aja ya, karena untuk sesuatu hal yang kita capai dengan penat ataupun lelah harus dibayar! Yep, aku sering membayar penat dari rutinitas pekerjaan dengan cara travelling. Karena, travelling itu obat yang paling ampuh deh buat melupakan penatnya rutinitas yang selama ini dikerjakan. Bagaimana dengan kamu apakah kamu orang yang menghabiskan waktu libur untuk travelling atau justru tidur-tiduran?


Travelling  bakal jadi sesuatu hal menyenangkan atau justru bakal jadi moment tak terlupakan seumur hidup. Salah satunya kita bakalan bisa menceritakan pengalaman selama travelling sewaktu masih muda kepada anak-anak kita nantinya. Nah, aku bakalan ngasih tips agar traveling kamu jadi moment tak terlupakan seumur hidup nih.

JANGAN MENGANDALKAN AKSES KEMUDAHAN

Jangan mengandalkan akses kemudahan? Maksudnya gini, pasti dong kamu pernah travelling ke suatu daerah dan ternyata untuk menuju tempat wisata yang kamu kunjungi itu ada 2 cara. Pertama, dengan akses transport yang sangat mudah, jalannya mulus, gak becek, dan cepat sampainya. Kedua, dengan akses yang sulit kamu harus melewati jalan yang agak lumayan sulit, pokoknya gak semudah cara pertama. Nah, usahakan selalu memilih cara kedua dengan akses jalan yang sulit. Kenapa? Jika kamu selalu memilih akses transport atau cara yang mudah maka pengalaman travelling kamu gak akan berkesan. Coba deh bedakan antara kamu bercerita dengan dua hal seperti ini.


Aku kemaren travelling ke tempat A jalan menuju tempat wisatanya itu mudah banget hanya dengan naik transport blabla dan dengan waktu yang singkat aku sudah bisa sampai ke tempat wisatanya. Mudahkan?




Aku kemaren travelling ke tempat A, wah gilaaa menuju tempat wisatanya itu harus melalui jalan yang sulit. Karena, aku harus melewati jalanan yang gak mulus, becek, dan pokoknya licin deh jalannya kalau gak hati-hati bisa kepleset. Tapi, setelah sampai di tempat tujuan pemandangannya indah banget, terbayarkan deh sulitnya akses jalan yang dilalui.



Nah, gimana? Dua sudut pandang yang berbeda? Jadi usahakan kalo mau travelling itu ke suatu tempat yang agak menantang deh pokoknya jangan yang mainstream. Karena, itu bakalan menjadi moment yang tak terlupakan buat kamu dan bakalan membuat kamu sadar bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang indah membutuhkan perjuangan.



MENCOBA SESUATU HAL BARU

Ketika kita travelling kemanapun secara tidak sengaja kita sudah mencoba sesuatu hal yang baru. Karena, kita sudah berani menginjakkan kaki ke tempat yang tidak pernah kita kunjungi sebelumnya. Right? Nah, ketika travelling kemana pun jangan sampai jadi orang yang menutup diri ya, kamu harus open minded sama segala hal yang ada disana.

Banyak loh hal yang bisa kamu dapatkan ketika travelling kemanapun, misal ketika kamu gak berani ketinggian dan akhirnya berani mencoba untuk mendaki gunung yang ketinggiannya menantang. Atau misalnya mencoba kuliner khas daerah yang kamu kunjungi, sesuatu hal yang baru lagikan? Nah, jangan sampai kamu enggan atau malah takut untuk mencoba sesuatu hal baru di daerah yang kamu kunjungi, itu bakal jadi sesuatu hal yang tak terlupakan. Karena, yang dulu selalu berkata “Aku tidak pernah…..” tapi setelah kamu mencoba sesuatu hal yang baru saat travelling kamu bakalan mengatakan “Aku dulu pernah mencoba….pada saat traveling pada tahun lalu”. Mengesankan bukan?

BERINTERAKSI DENGAN WARGA LOKAL

Salah satu cara agar travelling berkesan adalah mencoba untuk berinteraksi dengan warga lokal. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan ketika mencoba untuk berinteraksi dengan warga lokal. Kamu mungkin bisa mendapatkan asal usul tempat yang kamu kunjungi, atau justru dapat teman baru. Bahkan, biasanya warga lokal itu ramah-ramah loh kamu bisa bertanya apapun ke mereka baik itu tentang cerita-cerita adat mereka, kebudayaan, atau apapun pengetahuan yang bakalan tidak kamu dapatkan dimanapun.

Jika kamu biasanya travelling cuma buat melihat-lihat tempatnya, mengabadikan moment dengan kamera, atau gitu-gitu aja. Nah, ini wajib dicoba untuk travelling kamu berikutnya. Tidak ada salahnya kamu travelling sambil belajar tentang kebudayaan warga lokal yang ada di daerah tersebut. Ini bakal jadi cerita yang lebih mengesankan, travelling kamu bakal memiliki cerita yang keren deh pokoknya!

SELALU ABADIKAN MOMENT KAPANPUN

Selalu mengabadikan moment kapanpun ketika travelling. Karena, belum tentu kamu akan memiliki kesempatan kedua kali untuk kembali ke tempat yang kamu kunjungi. Biasanya sih soal mengabadikan moment ini emang tujuan pertama ketika travelling kamu menjadi tidak terlupakan, apalagi dengan panorama alam yang sangat indah, sehingga dengan memilih dokumentasi foto yang bagus kamu bisa mengingat moment travelling itu nantinya. Nah, biasanya kalian mengabadikan moment travelling menggunakan kamera DSLR atau  justru cuma smartphone?

Tentunya dengan panorama alam yang menakjubkan, kamu harus mengabadikan moment dengan kamera yang menghasilkan foto berkualitas tinggikan? Nah, menurut aku sih paling enak ketka travelling itu ya cuman pakai smartphone karena kalo bawa kamera yang gede itu ribet. Ditambah dengan akses jalan menuju tempat wisata ga mudah, itu bakal jadi tambah ribet banget. Tapi banyak orang-termasuk aku malah pengen tetap membawa kamera DSLR karena terkadang hasil kamera smartphone jarang banget yang memuaskan hasilnya. Nah, tapi tetap aja kan membawa kamera dengan ukuran gede banget bakalan ribet pada saat travelling. Dulu tuh kalo inget ribetnya bawa kamera saat travelling pasti ngebayangin duh seandainya menemukan smartphone yang recommended banget buat travelling, aku pengen beli deh biar travelling gak ribet! 

Dan, ternyata beberapa hari yang lalu aku dan teman-teman komunitas Female Blogger of Banjarmasin menghadiri launching OPPO F5 yang bertema “OPPO F5 Perfect Companion For Travelers”. Penasaran sih karena dengan temanya yang cocok banget buat aku yang suka travelling, kupikir apakah ini suatu jawaban keinginanku yang menginginkan smartphone yang kece buat travelling???

Mas Aryo, Mbak Novi, Mbak Kadek, dan Mas Yuslianson

Acara Launching OPPO F5 ini dilaksanakan di Hotel Mercure dan juga dihadiri oleh beberapa komunitas blogger serta komunitas mobil legend. Dan di acara ini aku benar-benar dibuat kagum dengan spesifikasi OPPO F5. Pokoknya gak bisa berkata-kata lagi deh, OPPO F5 ini keren banget dan fix aku pengen banget punya smartphone ini.

Sedang berlangsung acara Selfie Tour with F5


Foto bersama Anggota FBB di acara Selfie Tour with OPPO F5
Biasanya, saat aku travelling jarang banget selfie karena dengan efek kamera yang berlebihan membuat keindahan foto pemandangan yang ada dibelakang jadi tidak terlihat keren. Dan biasanya malahan bakalan menimbulkan efek yang terlalu kincong pada muka saat selfie, tetapi saat mengetahui spesifikasi OPPO F5 yang memiliki “Capture the Real You” banget. Karena, dengan fitur Al Beauty Recognition technology yang bakal menghasilkan foto lebih halus tetapi tetap tampak alami. OPPO F5 ini memiliki kamera depan 20MP, kamera belakang 16 MP, dan memiliki resolusi yang lebih tinggi. Jadinya, tidak takut lagi selfie saat travelling dengan menggunakan OPPO F5 ini. Bahkan, tidah hanya untuk fitur selfie, ketika memotret panorama yang indah pun tidak perlu lagi menggunakan effect panorama karena dengan OPPO F5 ini memiliki tampilan layar penuh dan dapat menangkap panorama indah di tempat traveling kamu. 
Terbukti dengan foto bersama ini bisa masuk semua, kerenkan? (source : ig @aryo_ma)
Pada saat OPPO Selfie Tour with F5 kemaren kami diberikan kesempatan experience atau pengalaman menggunakan smartphone OPPO F5 ini. Aku dan teman-teman blogger pun bergantian mencoba menggunakan fitur kameranya, dan pada saat mencoba kamera OPPO F5 sangat-sangat dibuat takjub dengan hasilnya. Nah, aku bakal ngasih lihat hasil video dari OPPO F5 yang keren banget, bunga aja bisa difokusin apalagi muka kamu saat ngevlog dengan OPPO F5 ini.
Selfie with OPPO F5
 
Hasil foto OPPO F5



Dengan fitur yang juara banget dari segi kameranya, ternyata OPPO F5 ini juga keren dengan fitur Power Through yang dapat bertahan selama 12 jam terus-menerus. Apalagi kamu yang suka travelling ke pelosok daerah yang mungkin tidak ada listrik sama sekali, OPPO F5 ini recommended banget. Jadinya gak perlu takut lagi handphone lowbat gak bisa mengabadikan moment travelling kamu. Selain itu, biasanya kendala pada saat travelling itu mau mengabadikan moment tapi ternyata memori penyimpanannya penuh. Dan dibuat terkesan lagi nih sama OPPO F5 ini, karena OPPO F5 ini punya fitur Triple-Slot Card Tray yang memiliki tiga slot untuk mendukung dua kartu Nano dan satu kartu Micro-SD secara bersamaan. Jadi, gak perlu khawatir memori penuh lagi saat travelling mau foto-foto sebanyak apapun.

OPPO F5 ini juga memiliki fitur Facial Unclock. Facial Unclock ini recommended juga sih buat traveller, kenapa? Biasanya pada saat travelling kita suka lupa, atau ceroboh. Banyak tuh cerita traveller yang sampai kehilangan handphone pada saat travelling, nah fitur Facial Unclock ini berguna kalau suatu saat handphone kamu ditemukan oleh orang lain dan tentunya orang yang menemukan gak bakalan bisa buka handphone kamu. Insya Allah, sipenemu handphone  juga bakal berpikir buat mengembalikan toh dia pikir ngapain dia ngambil handphone yang gak bisa digunakan karena gak bisa dibuka kuncinya.

Selain memanjakan para traveller OPPO F5 ini juga kece buat yang suka main game. Diacara OPPO Selfie Tour with F5 ini juga ada komunitas yang suka main game salah satunya mobile legend. Ternyata OPPO F5 ini memilki fitur “Jangan ganggu”. Kenapa dinamakan jangan ganggu? Karena biasanya yang asik main mobile legend bakal terganggu kalau tiba-tiba ada panggilan masuk. Nah fitur ini recommended banget ya buat para gamers yang gak mau diganggu atau takut otomatis menutup game yang sedang berjalan ketika ada telpon karena tepon yang masuk hanya akan jadi notifikasi.

Nah, gimana? Siap menjadikan OPPO F5 sebagai teman travelling kamu buat nanti? Kalo aku sih yes ya, karena OPPO F5 ini terbukti banget kece buat para traveller. Apalagi dengan tampilan dan desainnya yang ramping pokoknya pas ditangan dan terlihat elegan. Jadi kalo dibawa travelling gak bikin ribet. Dan bahkan pada saat acara OPPO Selfie Tour with F5 juga ada bintang tamu Mba Nadya yang bekerja di liputan 6 dan juga travel blogger Kadek Arini yang menggunakan OPPO F5 ini sebagai teman untuk mengabadikan moment ketika mereka  travelling
Tampak belakang OPPO F5

Tampak depan OPPO F5

Dengan menggunakan fitur terbaru OPPO F5 ini tentunya gak perlu lagi takut travelling kalian bakal jadi hal yang tidak mengesankan? Karena dengan fiturnya yang sangat canggih itu akan membuat travelling kalian menjadi moment yang tak terlupakan. Pokoknya, jangan lupa sediakan waktu libur kalian buat traveling dan mencoba hal-hal baru. Karena, travelling adalah sebuah perjalanan yang menyenangkan dan memberikan sisi pembelajaran hidup yang tidak akan kalian dapatkan jika hanya tidur di kamar!

You Might Also Like

17 komentar

  1. Abadikan moment kapan pun itu yg jarang banget aku lakuin karena biasanya aku itu mood-mood-an jadi pas mood ga baik, bisa ga ambil foto sama sekali. 😅 ribet yee jadi anak moody-an. Eh, jadi curhat dimari wkakakaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkk gak papa ka Rima curhatnya disini gak bayar kok. Hihihi

      Delete
  2. Manfaat banget ini tulisannya.. Sbg emak yg jarang traveling mengabadikan moment itu penting banget spy bs jd stok kebahagiaan dikala galau melanda.. *eaa

    www.shezahome.com

    ReplyDelete
  3. Berinteraksi dengan warga lokal emang harus dilakuin setuju banget deh♥
    Soalnya secara aku juga terlalu suka ngomong jadi pas banget kan hhi

    www.enychan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya interaksi sama warga lokal emang penting banget. Hehehe

      Delete
  4. Gue banget. Ga ada foto yang terlewat deh kalo traveling. Semua di jepret. Anyway.. Aku naksir banget sama yang merah itu, elegan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya berasa ada yang kur ang kalo gak jepret sana sini ya.

      Sama aku juga naksir hihihi

      Delete
  5. Yang merah itu cantiik, menurutku Oppo F5 ini bener-bener perfect deh buat traveler, paket lengkap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Perfect banget deh OPPO F5 ini wkwkwkk

      Delete
  6. Toss dlu mba fatimah, aku juga suka banget travelling trlebih ke area yg susah banget di jangkau ky prlu trekking gtu hihihi

    ReplyDelete
  7. Setuju dengan tips di atas. Tapi for me personally, aku masih suka mengandalkan kemudahan. Huaaa.. harus ngumpulin banyak-banyak keberanian lagi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ka Eca memang harus berani karena asik loh kalo travelling yang penuh tantangan. Hahaha

      Delete
  8. Bener itu..setiap travelling usahakan untuk ngobrol dgn warga disana.krn akan bnyk sejarah yg bisa kita dengar,ayoo travelling selama msh sendiri 😂 hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba benar banget, selama masih sendiri ya travellingnya. Nanti kalo udah berkeluarga pasti bakal beda travellingnya...

      Delete
  9. wahh tipsnya membantu sekali kak, terimakasih..

    ReplyDelete

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN