MENGAPA MENEMUKAN PASSION ITU SUSAH?

9:09:00 AM


“Orang yang memiliki passion biasanya bisa mengubah dunia menjadi lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak memilik passion”-Steve Jobs

Hallo, udah dipenghujung bulan februari aja nih atau biasa orang menyebutnya bulan kasih sayang. Kali ini gue mau sharing tentang passion? Gue sering banget nanya ke teman-teman gini “Eh, passion lo apa sih? Tau gak?” Dan, yang bikin gue bingung itu hampir 80% orang selalu menjawab “Tidak tau atau bahkan bingung  passionnya apa”. Dan ternyata ketika ditanya passion sebagian besar orang bahkan dibuat berpikir keras dan sadar ternyata udah sejauh ini mereka bingung passionnya dibidang apa.

Sebelumnya, gue mau ngasih tau dulu nih passion itu apa. Menurut penelusuran  sih passion itu sesuatu hal yang kita tidak pernah bosan melakukannya, kita mampu mengorbankan segala hal untuk mencapainya, passion itu bisa dikatakan lebih dari hobi. Mungkin kalo gue jelasin tentang passion terlalu panjang lebar sih ya. Tapi, menurut gue sejauh ini passion itu suatu hal yang penting banget. Karena, seperti kata steve jobspada kalimat pembuka gue diatas. Berbicara tentang passion memang tidak semudah mengucapkan ya untuk mengetahui passion kita saat ini.


Pernah gue nanya sama teman-teman gue apa sih yang menyebabkan mereka bingung atau bahkan tidak mengetahui sama sekali passion mereka. Dan ternyata jawabannya kek gini:

Masih sering menutup diri

Sebagian orang yang bingung passionnya apa, terkadang karena faktor mereka yang masih sering menutup diri sama hal-hal  baru. Karena, passion itu bukan sesuatu hal yang di ilhami terus langsung bisa jadi passion. Bukan banget. Passion itu suatu hal yang ketika kita harus mencoba ini, mencoba itu, kemudian kita merasakan ternyata “Oh ini nih ternyata passion gue. Gue harus menekuni ini”.

Misal nih ketika ada orang yang nawarin, meminta kalian untuk menulis cerita keseharian di blog. Lalu menolaknya dan malah berkata “Gue gak punya passion dibidang itu, gak cocok gue”. Artinya kalian udah menutup diri untuk mencoba sesuatu hal yang baru menulis dan jadi blogger. Dan gak akan pernah tau betapa asyiknya menjadi seorang blogger yang selalu berbagi cerita dengan pembacanya, atau apapun itu. Sampai kapanpun, ya kalian gak bakal menemukan sesuatu hal yang menarik minat kalian untuk dijadikan passion.

Terlalu banyak hal yang disukai

Ternyata menyukai banyak hal itu salah satu penyebab kita  masih bingung sama passion kita saat ini apa sih. Dalam hal passion itu ternyata gak bisa banyak-banyak, karena kalo kebanayakan ya bakalan bikin bingung mau menekuni apa? Nah, jangan sampai mikirnya kalo punya banyak hal yang disukai itu kelihatan keren. Salah banget gaes!

Passion itu suatu hal yang harus ditekuni secara terus menerus, bukan sesuatu hal yang kita kerjain sebentar sekali atau dua kali itu bisa dibilang passion. Bukan. Jadi ada baiknya mulai sekarang pilih salah satu dari sekian banyak hal yang kalian sukai untuk dijadikan sebuah passion. Tapi, tetap ingat ya passion itu sesuatu hal yang emang benar-benar disukai. Kalo gak suka mah bukan passion namanya, hihihi.

Belum ditekuni, tapi menyerah duluan
Dalam menemukan passion itu bukan sesuatu hal yang mudah. Kalian harus coba ini coba itu dulu sampai berulang kali baru deh bisa tau passion kalian itu apa. Kebanyakan dari mereka yang bingung passionnya apa, ya terkadang mereka belum sempat menekuni bidang yang mereka sukai tapi udah menyerah duluan. Karena passion itu ketekunan dalam mempertajam skill dan akhirnya bakalan mengembangkan passion kalian. Pokoknya jangan sampai menyerah duluan, tekuni dulu deh…

Selain dari yang gue sebutin diatas sih masih banyak lagi hal-hal yang jadi penyebab mengapa kebanyakan orang yang masih bingung sama passionnya. Gue aja sebenarnya yang sekarang ini suka menulis blog belum berani bilang kalo ini passion gue. Karena, menurut gue perjalanan gue belum seberapa gue harus mempertajam skill gue dulu deh baru bisa bilang kalo ini benar-benar passion gue.

Tapi ya sejauh ini gue masih menikmati kegiatan menulis yang menurut gue sangat menyenangkan ini. Karena dari menulis blog ini gue menemukan banyak hal, mulai dari pengalaman sampai teman-teman yang punya passion yang sama yaitu menulis blog. Bahkan gue bisa bergabung sama komunitas Blogger Banjarmasin yang punya website Karya Anak Banua yang ketje banget deh pokoknya. Ya, menurut gue inilah passiion yang harus gue tekuni, dan gak boleh menyerah!

So, buat kalian yang masih bingung sama passiion kalian apa. Pesan gue sih cuma satu, passiion kalian itu bukan ditemukan gitu aja kek barang yag tergeletak di tengah jalan tapi harus dikembangkan. Jangan sampai kalian semakin tua dan semakin bingung passion kalian apa. Yuk, kembangkan lagi dan jangan menyerah, hihihi.


Tulisan ini diikutsertakan dalam:


You Might Also Like

11 komentar

  1. Wah gue seneng bgt nih, karna passion seseorang itu di tekuni bukan ditemukan yaa.. konsistensi penting bangett dah...
    Terus semangat yakk


    www.enychan.com

    ReplyDelete
  2. Ternyata passion itu sama kyk jodoh ya harus 1 orang aja dan ditekuni.kalo banyak gak akan bisa menemukan.

    ReplyDelete
  3. Kayaknya passionku saat ini adalah berkeluarga dan mendidik anak. Selain karena kewajiban, rasanya itu lebih pada panggilan jiwa. Makasih sharenya Fatimah :)

    ReplyDelete
  4. yup, passion bahkan penting banget diketahui sebelum kita lulus SMA, simply supaya ga salah jurusan. Bagiku passion itu yang kalo kita memikirkan rencana2nya dalam "to do list" kita jadi punya semangat membara, bangun pagi dengan full energi krn di depan mata sudah menghadang pekerjaan yang sesuai dg passion kita.

    ReplyDelete
  5. Poin nomor dua nih biasanya bikin bias. Saking banyaknya yang diladenin sampai bingung milih benar2 yang paling disukai. Mestinya di sekolah ada pelajaran mengenali passion diri ya.

    ReplyDelete
  6. Mengenai passion, Kayanya passion aya itu di bidang influencer deh, suka banget berhubungan dengan banyak orang, rasanya kalau lagi sendiri itu berasa kek mati rasa 😂

    ReplyDelete
  7. Wah, agak ngefek nih di aku pas baca. Haha. Menurutku passion emang penting. Tapi untuk memilih satu passion saja itu susah bagi perempuan apalagi yang sudah berstatus emak2. Buat aku sih penting punya passion, tapi harus ditekuni sejak muda dan benar2 persistent . Kadang kita tdk tau hal apa yg bs membuat kita harus bertahan. Karena itu multipassion kadang juga penting. :)

    www.shezahome.com

    ReplyDelete
  8. Aku suka iri sama yang tahu passionnya dari muda. Jadi dia bisa fokus sama tujuannya. Kalau aku passionnya kayaknya di nulis tapi juga belum konsisten banget nulisnya

    ReplyDelete
  9. Passionku di bidang Kuliner bgn praktek resep jurus bebas & wisata makan2 hihihi

    ReplyDelete
  10. Aku senang banget deh ah sama kutipan di paling atas itu 😍😍😍 rasanya happy aja karena sudah memiliki passion dan dikatakan spt itu. Hehe
    *baper

    ReplyDelete
  11. Kalo masih single y boleh aj mantepin satu passion. Kalo udh emak2 passionmu akan terbagi. Percayalah. Haha

    www.shezahome.com

    ReplyDelete

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN