PESONA AIR TERJUN HARATAI

4:06:00 AM

1 

Sudah musim liburan nih, banyak orang-orang yang bingung mau dihabiskan kemana waktu liburan inikan? Nah, untuk kalian gak perlu bingung mau kemana, karena ada banyak Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang wajib kalian kunjungi. Kalimantan punya banyak wisata alam yang tersembunyi loh! Salah satunya adalah Wisata Air Terjun Haratai. Mengapa disebut tersembunyi? Karena tempat wisata ini bisa dibilang jauh dari perkotaan, dan untuk pergi kesana pun memakan waktu yang cukup lama. Mulai ragu karena tempatnya jauh? Eits, jangan sampai hanya karena perjalanannya jauh kalian jadi ragu untuk berkunjung. Kalian harus ingat “sesuatu yang dicapai sulit, maka hasilnya akan memuaskan.” Karena wisata air Terjun Haratai ini memang memiliki keindahan yang akan membuat kalian kagum ketika melihatnya, bisa dibilang air terjun haratai merupakan salah satu surga yang tersembunyi.

Bagaimana rute menuju wisata Air Terjun Haratai?

Air terjun Haratai terletak di Desa Haratai, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk menuju wisata Air Terjun Haratai dari Bandara Syamsudinor menuju Kota Kandangan kurang lebih 120 km, kalian bisa menggunakan taksi arah menuju Kota Kandangan. Setelah dari Kota kandangan kalian harus menempuh perjalanan lagi sekitar 40 km menuju Loksado, kalian bisa menggunakan taksi dengan kisaran harga kurang lebih Rp. 20.000. Sesampainya di Loksado kalian harus menempuh perjalanan lagi menuju Desa Haratai untuk menuju wisata air terjun. Nah, untuk menuju desa Haratai dari Loksado kalian bisa menggunakan ojek sepeda motor saja , karena medan yang dilalui pun memang hanya bisa menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki. Jika menggunakan sepeda motor waktu yang diperlukan sekitar 30 menit dan biasanya kisaran harganya untuk pulang pergi sekitar Rp. 70.000. Jika kalian berjalan kaki biasanya memerlukan waktu sekitar 3 jam tergantung kecepatan kalian berjalan sih, hehehe. Lumayankan, jalan-jalan sambil menikmati pemandangan disekitar.

0 Air Terjun Haratai dilihat dari atas

Perjalanan dari Desa Haratai menuju wisata air terjun haratai memang cukup menguji adrenalin kalian, karena sepanjang perjalanan yang kalian tempuh akan melihat pemandangan jurang. Namun, dilain sisi selama perjalanan menuju wisata air terjun kalian akan melihatpemandangan alam yang cantik dan natural seperti sungai yang alirannya deras, hutan meratus yang masih hijau dan asri, bebatuan besar membelah sungai amandit, jembatan gantung, bukit-bukit, kebun karet/kayu manis, dan beberapa rumah masyarakat dayak meratus. Tidak heran, jika selama perjalanan kalian akan menemukan masyarakat yang masih kental dengan budaya mereka, karena memang sebagian masyarakat disekitar daerah ini adalah masyarakat yang masih menjunjung tinggi nilai kebudayaan mereka yang dikenal dengan sebutan dayak meratus.

Saat menuju air terjun haratai, kalian melewati sekitar 4-5 jembatan gantung. Sampai akhirnya nanti pada jembatan gantung yang terakhir. Yey! Air terjun semakin dekat. Sepeda motor yang dibawa hanya cukup sampai disitu, tenang perjalanannya gak jauh lagi kok! Paling sekitar 10 menit udah sampai. Kalian akan memasuki gerbang yang bertuliskan “Taman Wisata Alam Loksado”, Nah disini kalian hanya perlu membayar Rp. 5.ooo/org untuk tiket masuk. Lalu, kalian harus melewati beberapa anak tangga setelah menanjak kemudian menurun dan kalian akan melihat pemandangan yang sangat indah. Air terjun setinggi lebih kurang 20 meter, arus air yang sangat deras, gemuruh air yang seakan-akan seperti alunan musik, dan dibawah air terjun seperti kolam yang airnya berwarna kehijauan. Pemandangan hutan meratus disekelilingnya menambah pemandangan air terjun tersebut tambah asri. Air terjun ini dingin loh, jika kalian pengen merasakan segarnya air pegunungan, jangan takut untuk mencoba berendam di kolam sekitar air terjun ini ya. Eits, tapi hati-hati aliran air yang ada disini cukup deras dan air di danaunya pun cukup dalam.

2 Jembatan gantung menuju Wisata Air Terjun
 3 Gerbang masuk menuju Air Terjun Haratai5 Anak tangga menuju air terjun haratai11 Tangga dari Bambu untuk menuju air terjun haratai

Buat kalian yang lelah selama diperjalanan? Tenang aja, disekitar sini terdapat sebuah gazebo yang bisa dijadikan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan air terjun haratai. Dari sini kalian bisa menikmati gemuruh air terjun, pemandangan hutan meratus yang masih asri, dan juga aliran air terjun yang melewati bebatuan cadas.
 10 Gazebo untuk bersantai12 Air terjun yang mengalir diantara bebatuan cadas

Nah ingin berkunjung ke Kalimantan Selatan? Ingin merasakan keindahan surga tersembunyi diantara pegunungan hutan meratus? Tertarik untuk merasakannya sendiri? Silahkan datang ke Kalimantan Selatan dan nikmati semua destinasi yang ada di Kalimantan Selatan ini. Air terjun haratai ini merupakan salah satu wisata yang dapat dijadikan sebagai potensi wisata di Kalimantan Selatan. Sudah seharusnya masyarakat sekitar atau bahkan pemerintah gencar untuk mengenalkan wisata ini kepada masyarakat di luar pulau Kalimantan ataupun mancanegara. Karena, wisata air terjun haratai memiliki pesona yang tak kalah menarik seperti tempat wisata diluar sana. Tentunya, wisata ini memiliki keindahan tersendiri sehingga orang-orang diluar daerah Kalimantan Selatan wajib untuk berkunjung dan membuktikan sendiri keindahan dan pesonanya.
 4

Nah, sudah tidak ragu lagikan untuk berkunjung menikmati Destinasi Wisata Kalimantan Selatan?

*sumber foto : dokumen pribadi*

You Might Also Like

10 komentar

  1. wii, betah ini kalau setiap akhir minggu kesini.sama keluarga.

    ReplyDelete
  2. Aku pernah ke loksado dan di dekat penginapan ada air terjun kecilnya. Asik banget main air di situ. Hihi

    ReplyDelete
  3. Pernaah dulu waktu SMA berencana kesini dg modus karyawisata pelajaran sejarah (padahal pengennya jalan2 doank sih, wkwk) tapi ga jadi, padahal udah pengen banget. Baca ini jadi tau deh tempat yang dulu ga kesampaian mau kesana

    ReplyDelete
  4. Dulu gua pernah kelokasodo fety hho, tpi pas musim hujan jadi gak keharatainyaa.. kapan2 yuk kesana lagi sambil menikmati indahnya alam

    ReplyDelete
  5. Dulu gua pernah kelokasado fety hho, tpi pas musim hujan jadi gak keharatainyaa.. kapan2 yuk kesana lagi sambil menikmati indahnya alam

    ReplyDelete
  6. Dulu gua pernah keloksado fety hho, tpi pas musim hujan jadi gak keharatainyaa.. kapan2 yuk kesana lagi sambil menikmati indahnya alam

    ReplyDelete
  7. Aku sudah pernah ke sini. Aslinya memang indah banget ya. Jalan kakinya yang capek. Kalau naik motor lebih ngeri karena medannya yang ekstrim.

    ReplyDelete
  8. Ini tempat yang selalu kurindukan. Dulu pernah ke sini tapi dah lama banget.. waktu kuliah s-1. Airnya seger banget .. gak tau sekarang spt apa. Kalau liat fotonya sih makin bagus yaa.

    ReplyDelete
  9. Ini tempat yang selalu kurindukan. Dulu pernah ke sini tapi dah lama banget.. waktu kuliah s-1. Airnya seger banget .. gak tau sekarang spt apa. Kalau liat fotonya sih makin bagus yaa.

    ReplyDelete
  10. seru banget kayanya liburan ke air terjun setelah aktivitas yang padat sehari-hari.. :)

    ReplyDelete

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN