5 CARA JADI BLOGGER, SUSAH ATAU GAMPANG?

Post a Comment
Konten [Tampil]

Hallooo, kalian yang udah jadi blogger pernah gak sih ditanyain “Gimana caranya jadi blogger?”. Nah, teman-teman dekat gue, teman kampus, tetangga sering banget nanya dengan pertanyaan yang kurang lebih seperti itu. Jadi, kali ini gue mau sharing tentang cara memulai menjadi seorang blogger. So, buat kalian yang pengen jadi blogger bisa ikuti tips ini ya!

Niat


Dimana-mana niat selalu jadi nomor 1 kan? Mau ngapain aja pasti niatnya, nah hal pertama yang kalian tanyakan sama diri kalian sendiri itu “Udah benar-benar niat atau belum untuk jadi sorang blogger?” Kalau udah niat mah gampang, karena jadi blogger itu menurut gue gak terlalu susah-susah amat.

Dulu, gue punya teman dia bahkan gak kenal sama blog atau dunia perbloggeran seklai pun, lalu gue tawarin karena kebetulan gue lihat teman gue itu senang sama dunia fashion. Alhasil, gue tawarinlah dia untuk menjadi blogger. Awalnya sih dia bingung dan bilang ke gue “Gue gak bisa nulis”.

Sampai akhirnya sekarang dia benar-benar menjadi seorang blogger, gak disangka sih sampai hari ini pun dia udah tau caranya menulis dengan caranya sendiri di blognya. Kembali lagi sama niat, niat bakal menjadi awal dari segalanya. Eits, tapi jangan sampai pengen jadi blogger karena “uang atau dolar-dolar gitu ya”. Karena, feelnya bakalan beda banget, dan kalian nulisnya pun gak sepenuh hati.


Memiliki Blog


Yakali pengen jadi blogger tapi gak punya blog, gak mungkin dong. Nah, jika diantara kalian masih bingung cara membuat blog. Kalian bisa baca tulisan gue yang ini : Cara Membuat Blog. Insya Allah, bakalan membantu banget buat kalian para pemula. Masih bingung cara membuatnya? Kalian bisa cari teman anak IT yang mungkin bisa diminta tolong buat membuatkan blog. Kasih aja segelas the es, biar makin semangat bikin blog kalian. Hahaha



Bergabung dengan komunitas Blogger

Menurut gue komunitas itu penting banget, bayangin ketika kalian menyukai sesuatu hobi tetapi tidak memilki wadah untuk menyalurkan hobi kalian dan berbincang-bincang dengan orang yang memilki hobi yang sama, HAMPA BANGET CUY! Jadi, buat kalian yang pengen jadi blogger, setelah niat dan udah punya blog silahkan mencari komunitas blogger yang sreg dihati kalian.

Punya komunitas blogger itu asyik loh, karena kita bisa sharing masalah blog. Atau biasanya kita jadi punya networking yang luas. Hihihi


Menulis


Niat? Udah. Punya Blog? Udah. Bergabung di komunitas, udah. Apalagi ya? Menulis. Yep, menulis. Ini penting banget nih, masa iya jadi blogger tapi tidak mau nulis kan jadinya bingung yak Nah, jadi buat kalian yang mau memulai jadi blogger pemula rajin-rajin aja menulisnya. Tulisan pertama jelek, tulisan kedua, dan selanjutnya mungkin akan tambah bagus lagi dong. karena sejatinya rajin menulis itu refleksi untuk memperbaiki tulisan dari waktu ke waktu.

Konsisten

Selain sering-sering menulis, ingat ya konsisten. Menurt gue soal konsisten ini emang PR banget bagi sebagian orang yang ingin memulai menjadi seorang blogger pemula. Tetapi, konsisten inilah yang bakal memberikan kita hal-hal yang tak terduga. Misal blog kita jadi banyak dikunjungi orang lain.

Gimana? Masih bingung caranya menjadi blogger? Jadi blogger itu susah-susah gampang sih. Intinya kalau niatnya ikhlas aja buatt berbagi cerita, buat mengasah keterampilan menulis menurut gue bakal jadi hobi yang menyenangkan sih. Hihihi

Related Posts

Post a Comment