PANTAI NGRUMPUT DESTINASI TERSEMBUNYI DI KOTA JOGJA

9:25:00 PM



Haloooo, sebentar lagi weekend nih! Nah, apakah kalian sudah merencanakan mau menghabiskan weekend mau pergi kemana? Atau cuma pengen di rumah aja? Nah, kali ini aku akan mengenalkan  salah satu destinasi wisata yang recommended buat kalian yang suka berlibur ke pantai. Yuk disimak!


Yogyakarta memang salah satu destinasi wisata yang sangat disukai wisatawan lokal maupun domestik. Bahkan banyak yang berkata jika sudah mengunjungi Jogja rasanya ingin kembali kesana. Jika kalian sedang atau akan menikmati liburan di wilayah Yogyakarta, dan ingin mengunjungi pantai disana, Kalian dapat memilih destinasi wisata berikut sebagai tujuan wisata.

Berada di jajaran pantai selatan di Gunung Kidul, ada salah satu pantai yang tersembunyi dan kurang diketahui banyak orang, nama pantai ini pun tidak terlalu sering terdengar. Masyarakat menamai Pantai ini, Pantai Ngrumput, berada di tempat terpencil. Tepatnya di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjung sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Diberikan nama demikian karena bukit-bukit karang berdiri melingkar di pantai ini dan ada rumput yang tumbuh di sekitar pantai.
sumber gambar: Eksotisjogja.com

Awalnya banyak yang menyangka jika dinamakan pantai ngrumput karena pantai banyak dikelilingi rerumputan, ternyata hal itu salah. Di pantai ngrumput dipenuhi banyak batu yang tersebar di pantai. Karang di sebelah barat pantai ngrumput juga sangat unik karena karang tersebut terdapat lubang yang agak besar, jadi ketika ombak datang, ombaknya akan melewati lubang tersebut. 

Pantai nya yang juga sepi membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk Kamu yang ingin menenangkan diri. Selain itu Anda juga dapat melakukan camping di Bukit Kosakora yang berada di sebelah timur Pantai Ngrumput ini. 

Oh iya, kalian juga dapat mengunjungi pantai lain, yaitu Pantai Drini. Pantai ini bersebelahan dengan pantai Ngrumput, hanya berjarak kurang lebih 800-900m ke arah timur dari pantai ngrumput. Kalian bisa berjalan kaki ke Pantai Drini.

Di beberapa titik tertentu, kalian akan menemukan batu karang yang banyak berserakan di area sekitar pesisir pasir pantai, dengan dominasi pasir putih yang memenuhi di setiap sudut pantai dengan beberapa batu karang. Jika kalian mengikuti ke arah timur dari pantai ngrumput, kalian akan disuguhkan perkampungan garis Pantai Selatan Gunung Kidul yang sangat mempesona dan juga mengagumkan.

Di Ngrumput kalian juga dapat melihat sunset saat matahari terbenam. Kalian dapat memanfaatkan momen pas ini untuk membidik objek foto yang indah.

Seperti disebutkan sebelumnya, tidak sekedar menikmati pantai, matahari terbit dan terbenam saja, Pantai ngrumput juga kerap dijadikan tempat untuk berkemah. Kalian dapat menggelar tenda untuk bermalam. Di sekitar lokasi wisata kalian juga dapat menemukan tempat penyewaan tenda untuk berkemah maupun sewa mobil untuk berkeliling Jogja.

Untuk menuju Pantai Ngrumput, kalian dapat mengarahkan kendaraan kalian ke sekitar Pantai Drini yang sudah lebih popular, atau dari sekitar Stasiun Yogyakarta kalian dapat bertanya langsung ke masyarakat disana mengenai Pantai Ngrumput atau Pantai Drini, perjalanan dari Stasiun Yogyakarta ke Pantai Ngrumput ini sekitar 2 jam. Kalian juga dapat menggunakan jasa sewa mobil OMOcars Jogja untuk dapat sampai ke Pantai Ngrumput ini.

Kalau kalian memilih melewati jalur di area perbukitan memang cenderung beresiko, karena area perbukitan yang jalanannya tinggi. Namun jika kalian melewati jalur perbukitan baiknya kalian hanya akan menempuh perjalanan selama 45 menit karena jalurnya agak memutar.

Jadi untuk kalian yang sangat menyukai wisata yang tenang dan nyaman di wilayah dekat pantai, kalian dapat mengunjungi Pantai Ngrumput ini, kalian juga tidak perlu khawatir untuk fasilitas-fasilitasnya dan juga tempat makannya, karena di sekitar Pantai Ngrumput ini banyak warung penjual makanan yag menyediakan makanan dan minuman, selain itu tersedia kamar mandi dan toilet. Jadi apakah kalian tertarik untuk mengunungi Pantai Ngrumput yang indah ini? Kalian dapat segera mengunjungi Jogja.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Wah jadi pengen ke jogja setelah baca ini artikel 😍 aku baru tau loh mbak ada pantai yang pakeeet komplit lengkap dengan keindahan alam yang ditawarkan. Pantai ini Recomended banget untuk orang yang senang menikmati kesendirian. Pantai ngerumput im cominggggg ✈

    ReplyDelete
  2. Kita ngebolang ke jogja bareng yuk dek. Hahah

    ReplyDelete
  3. kalau rame2 kayaknya hemat nih liburan kita

    ReplyDelete
  4. huhu kapan ya bisa ke jogja. pantainya bagus-bagus ya kayaknya

    ReplyDelete
  5. Ih astaga jadi makin galau antara jogja dan malang pas liat ini. Huhu :(

    ReplyDelete
  6. Wahhh seruu banget yaaa main di pantai jogja. .Aku pikir jogja jarang ada pantai hahaha

    ReplyDelete
  7. Ah, Yogya. Makin banyak pantai yang belum dikunjungi dan ga sedikit juga sih yang belum tau dimana letaknya. Terima kasih, jadi bahan referensi pas lagi disana nanti :)

    ReplyDelete
  8. Uluh uluh... Jadi pengen ke jajaran pantai gunung kidul lagi��

    ReplyDelete

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN