INI LOH 5 MANFAAT USG KEHAMILAN

8:01:00 AM



Assalamualaikum :)
Haloooo, siapa sih yang tidak senang ketika ada seorang Ibu yang sudah dianugerahi janin di dalam perutnya. Hayooo??? Pasti senang banget dong. Nah, ternyata untuk seorang ibu yang hamil itu, salah satu momen yang ditunggu adalah pergi ke dokter kemudian usg kehamilan. USG adalah kepanjangan dari Ultrasonography yang artinya adalah alat yang prinsip dasarnya menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga kita. Dengan alat USG ini sekarang pemeriksaan organ-organ tubuh dapat dilakukan dengan aman (tidak ada efek radiasi).

USG ternyata telah digunakan pada wanita hamil selama lebih dari 30 tahun loh. Bahkan, banyak studi yang memastikan bahwa USG kehamilan sangat-sangat aman. Bahkan tidak ada alasan yang menyebutkan kalau USG itu dapat merugikan bagi ibu ataupun calon bayinya.

Nah, jadi salah satu hal yang penting dilakukan oleh seorang ibu yang sedang hamil itu adalah USG kehamilan. Dan USG kehamilan itu punya banyak manfaat lohhh. Apa saja ya manfaatnya? Kali ini ada 5 manfaat adanya usg kehamilan.

Mengetahui Kebenaran Hamil atau Tidak

Pertama kali pada trimester peratama USG bermanfaat untuk mengetahui usia kehamilan. Selain itu, untuk memeriksa perkembangan embrio yang ada di dalam Rahim, mengkonfirmasi jumlah embrio, memastikan embrio tidak berkembang di dalam tuba falopi, untuk mengetahui apakah termasuk kehamilan molar atau anggur. Dan biasanya USG kehamilan juga bisa untuk mengetahui perkiraan tanggal kelahiran.

Untuk mengetahui keadaan bayi dalam kandungan

USG kehamilan juga bisa untuk memerksa denyut jantung pada bayi. Nah, untuk denyut jantung janin biasanya sih di deteksi pada saat usia kehamilan telah mencapai 6 minggu dan lebih menguatkan lagi jika diusia 7 minggu. Apabila hal itu bisa di deteksi artinya keberhasilan kehamilan itu bisa mencapai 95%.

Untuk memeriksa perkembangan bayi dalam kandungan

USG kehamilan yang dilakukan bisa bermanfaat untuk mengetahui perkembangan struktur janinnya loh. Misalnya seperti kaki, otak, tulang belakang, dan tentunya organ-organ internal lainnya. 

Untuk mengetahui adanya kelainan pada janin

Nah, mengetahui kelainan pada janin itu sangat penting loh sejak dini oleh karena itu penting banget usg kehamilan. Misal, kelainan structural seperti malformasi janin janin (anensefali, spina bifida, dan lain-lain), kelainan jantung, hidrosefalus ataupun jenis kelainan lainnya yang bisa dilihat melalui usg kehamilan

Mengetahui jenis kelamin

Biasanya, calon orang tua itu penasaran banget sama jenis kelamin calon bayinya. Nah, makanya melalui usg kehamilan ini para orang tua bisa mengetahui jenis kelamin si calon bayinya. Mengapa penting mengetahui jenis kelamin calon bayi? Ya, karena bisa saja dengan alasan mau mempersiapkan nama ataupun perlengkapan si calon bayinya.

Wah, ternyata usg kehamilan punya banyak manfaatnya ya. Meskipun USG itu tidak sepenuhnya akurat tetapi setidaknya dapat membantu para orang tua untuk dapat informasi mengenai calon bayinya. Dan tentunya ini bakalan bikin si orang tua senang dong, karena mereka dapat memantau bagaimana keadaan si calon bayi di dalam rahim. 

Nah, udah pada taukan manfaat USG kehamilan? Sebenarnya sih masih banyak lagi manfaat usg kehamilan itu, Mungkin kalian bisa tambahkan di kolom komentar. Kali aja buat kalian yang lebih berpengalaman dan lebih anyak tau tentang manfaat usg kehamilan biar bisa saling berbagi. Yuk, silahkan bisa kalian tambahkan di kolom komentar ya.

You Might Also Like

1 komentar

  1. kalau sedang hamil, yang paling dinanti itu waktu konsul ama dokter, penasaran pengen ketemu debay inside :D

    ReplyDelete

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN