UNSALTED BUTTER SERTA MANFAATNYA DALAM MENU MPASI BAYI

11:47:00 PM




Bagi kamu yang hobi membuat kue ataupun yang bergerak di bidang kuliner, pastinya sudah tidak asing lagi dengan bahan baku bernama mentega atau butter. Bahan yang satu ini terbilang sangat penting karena bisa memberikan hasil yang berbeda pada olahan kue. Karena kandungan lemak dari mentega bisa memberikan rasa, sekaligus juga melembutkan, mengembangkan kue, dan menurunkan efek gluten tepung. Untuk olahan baking, ada 6 jenis mentega yang biasa digunakan. Mulai dari salted butter (mentega asin), unsalted butter (mentega tawar), organic butter, whipped butter, European-style butter, dan light butter.

Untuk jenis salted butter terbilang cukup sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai olahan makanan. Karena mengandung garam, menggunakan mentega jenis ini bisa sekaligus untuk memberikan cita rasa asin dan gurih pada makanan. Salted butter biasa digunakan untuk olesan pada roti dan martabak, bahan baku pembuatan kue, serta untuk menumis dan menggoreng. Tak berbeda jauh dari salted butter, mentega tawar atau unsalted juga banyak digunakan. Jenis mentega yang satu ini tidak memiliki kandungan garam, sehingga dari segi rasa memang tidak asin alias tawar.

Meskipun pada unsalted butter tidak memiliki rasa, mentega jenis ini banyak juga digunakan dalam membuat bermacam-macam sajian kuliner. Terbuat dari susu ataupun krim, dan ada juga yang terbuat dari campuran keduanya, kandungan lemak susu yang terdapat pada mentega tawar sekitar 80%, yaitu elemen lemak dari susu yang dipisahkan untuk membuat krim. Karena hal inilah mentega tawar banyak digunakan sebagai bahan tambahan untuk berbagai menu MPASI (makanan pendamping ASI) untuk bayi. Karena seperti yang kita ketahui, lemak sangat baik untuk tumbuh kembang bayi terutama untuk pertumbuhan badan dan otaknya.

Meskipun ASI mengandung banyak lemak, namun seiring dengan bertambahnya usia bayi, lemak yang dibutuhkan semakin meningkat. Untuk mendukungnya, MPASI yang ditambahi dengan lemak akan membantu. Produk ini menjadi pilihan untuk terbaik untuk MPASI bayi karena tidak mengandung garam berlebih yang berbahaya untuk ginjal bayi, serta kandungan lemak, kolesterol, vitamin A, asam lemak esensial, dan asam linoleat terkonjungsi di dalamnya sangat diperlukan untuk tumbuh kembang bayi.

You Might Also Like

1 komentar

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN