JANGAN HANYA MELIHAT KELEBIHANNYA SAJA, BERIKUT KEKURANGAN DARI SOLO TRAVELING YANG PERLU KAMU KETAHUI

6:01:00 PM




Sebagian orang mungkin setuju bahwa solo traveling memberikan kelebihan dan manfaat yang belum tentu dimiliki ketika bepergian bersama teman dan keluarga. Dengan melakukan solo traveling, kamu akan mendapatkan ketenangan dan kebebasan lebih ketika merencanakan liburan. Dapat melakukan apapun yang kamu inginkan tanpa perlu berdiskusi ataupun mendebatkan hal-hal sepele menjadi salah satu manfaat solo traveling yang akan kamu dapatkan. 


Hanya saja, tentu dalam melihat sesuatu janganlah hanya sekadar kelebihannya dan manfaatnya saja. Dengan sederet manfaat solo traveling yang bisa dijadikan sebagai pertimbanganmu dalam memulai perencanaan liburan, kekurangan dari solo traveling pun juga perlu dipertimbangkan. Maka dari itu, sebelum memulai perencanaan liburanmu, yuk kita ketahui dulu beberapa kekurangan dari solo traveling yang perlu kamu ketahui. Jangan sampai perjalanan solo traveling mu justru mengecewakan karena terdapatnya beberapa hal di luar ekspektasi.

Kekurangan Solo Traveling yang Perlu Diketahui

 

1. Lebih Boros

Perlu diketahui bahwa ketika pergi bersama teman, maka perjalananmu akan cenderung lebih murah karena bisa melakukan berbagai hal dengan patungan. Mulai dari penginapan, makan, transportasi dan sebagainya. Nah, ketika kamu solo traveling maka bersiaplah untuk menanggung seluruh biaya seorang diri, kecuali jika kamu bertemu dengan orang baru yang memang memiliki perencanaan liburan yang serupa. 

Namun meskipun lebih boros, ini akan menjadi tantanganmu agar menjadi lebih mandiri untuk mengatur keuangan. Untuk poin yang satu ini, kelemahan yang ada bisa dijadikan sebagai caramu untuk memperbaiki kebiasan buruk. 

2. Kesepian

Bagi yang sudah terbiasa untuk melakukan perjalanan bersama teman, pasti hal ini akan menjadi tantangan tersendiri untukmu. Selama perjalanan tidak ada orang yang bisa diajak untuk berbagi kebahagiaan dan canda tawa. Kamu terpaksa untuk melakukan seluruhnya sendiri. Tetapi, bagi kamu yang memang melakukan solo traveling untuk mendapatkan ketenangan, hal ini akan menjadi kelebihan yang akan kamu cari. 

Namun, apabila kamu ingin mengobrol bersama seseorang, tidak ada salahnya untuk memulai pembicaraan bersama orang-orang yang kamu temui di penginapan ataupun dijalan. Menjalin relasi bersama sesama solo traveler juga akan memberikanmu kemudahan ketika bepergian. 

3. Mengambil Foto

Nah, kalau ini untuk kamu yang senang bermain Instagram atau dunia fotografi. Ketika melakukan traveling, mengambil foto pasti menjadi salah satu akvitas wajib yang perlu dilakukan, baik itu hanya sekadar sebagai dokumentasi ataupun untuk memperbaiki feed instagram. Tidak ada yang bisa membantu mengambil fotomu selama perjalanan bisa dijadikan sebagai kekurangan yang harus kamu hadapi. Tetapi, jangan jadikan ini sebagai kendala dalam melakukan solo traveling. 

Kamu bisa mengakalinya dengan meminta penduduk setempat atau orang lewat untuk membantumu mengambil foto. Siapa tahu hal ini dapat menjadi awal mula dari bertemunya dengan teman baru. 

4. Membuat Keputusan

Seperti yang telah disinggung di paragraf sebelumnya bahwa ketika melakukan solo traveling, maka kamu bebas menentukan dan memilih berbagai kegiatan yang kamu inginkan. Meskipun menyenangkan, namun hal ini juga terkadang menimbulkan kendala juga. Mengapa? Karena secara tidak langsung kamu dituntut untuk mengambil seluruh keputusan secara mandiri. Perlu diketahui bahwa ada beberapa permasalahan yang mungkin akan sedikit lebih berat apabila kamu membuatnya secara mandiri. Apalagi bila pembuatan keputusan harus dibuat secara cepat. 

Ketika bersama teman, kamu bisa berdiskusi terlebih dahulu mengenai berbagai permasalahan yang dihadapi, sehingga dapat ditemukannya solusi dengan lebih cepat. Namun ketika solo traveling kamu akan dituntut untuk membuat keputusan secara cepat tanpa memiliki satu orang pun yang bisa diajak untuk berdiskusi. 

Semua hal pastinya terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi janganlah menjadi kekurangan yang ada sebagai kendala atau penghalangmu dalam melakukan sesuatu. Sebaliknya, jadikanlah kekurangan sebagai bentuk dari pembelajaran yang bisa kamu ambil hikmahnya. Meskipun terdapat beberapa kekurangan, patut diakui bahwa solo traveling setidaknya perlu kita lakukan sekali seumur hidup. Mengapa?

Karena solo traveling memiliki begitu banyak manfaat yang sangat dibutuhkan, baik itu untuk tubuh beserta mental kita. Selagi masih muda, tidak ada salahnya untuk bereksplorasi mengenai berbagai hal dan mencari pengalaman baru sebanyak-banyaknya. Nah, bagi yang masih ragu untuk melakukan solo traveling, yuk kita ketahui dulu sederet manfaat solo traveling dengan membaca artikel berikut ini https://www.cekaja.com/info/5-manfaat-solo-traveling-untuk-kehidupan-anak-muda/

You Might Also Like

2 komentar

  1. kyknya aku gk akan traveling solo deh, bukannya gk mandiri ya tapi gk biasa sendiri aja aku tuh (tidak suka kesepian). haha

    ReplyDelete
  2. Ini liburan buat kaum jomblo kah maksudnya..

    ReplyDelete

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN