INILAH SEBENARNYA APA ITU CELANA CHINOS

Post a comment

 


Apa sebenarnya celana chinos itu? Pastinya masih banyak yang bertanya-tanya tentang celana yang semakin populer akhir-akhir ini. Meski sebenarnya celana ini sudah pernah populer sejak era 90an.

Dengan desainnya yang sederhana, bahannya yang nyaman, dan juga harganya yang sangat terjangkau celana ini semakin banyak diminati. Nah, apa sih sebenarnya celana chinos ini dan bagaimana kualitas bahannya?

Material Celana Chinos

Celana yang semakin digandrungi anak-anak muda, khususnya bagi pria, merupakan celana dari bahan twill. Bahan ini terbuat dari katun dengan persentase 100%.

Meski dalam perkembangannya, bahan dari celana ini dikombinasikan dengan material sintetis lainnya. Hingga membuat kualitasnya ada yang standar, dan juga ada yang kualitas premium. Hal ini juga berpengaruh pada harga yang ditawarkan kepada konsumen.

Dari situ kemudian semakin banyak produsen yang memanfaatkannya dengan melakukan berbagai strategi pasar. Mulai dari produk celana chinos yang harganya sangat murah, hingga harga dan kualitasnya premium. Tentunya hal ini disesuaikan dengan target pasar untuk kalangan tertentu, menengah ke bawah atau menengah ke atas.

Model Celana Chinos

Pada awalnya, celana ini digunakan oleh kalangan pekerja kantor karena sifat bahannya yang mudah dirapikan dan halus. Model ini dikenal sebagai celana trouser atau celana formal, dan bisa juga disebut celana kerja, celana kantor, hingga celana bahan.

Dalam perkembangannya celana ini disesuaikan dengan berbagai desain dan kebutuhan. Ada yang dimodel mirip celana jeans, celana pendek, hingga model training dengan adanya tali di bagian depan.

Perkembangan desain ini pula yang membuat celana ini dikombinasikan dengan berbagai macam bahan lainnya. Dengan kombinasi bahan tersebut bisa membuat celana lebih fleksibel atau lebih melar, ada yang lebih kaku, dan ada pula yang lebih halus layaknya standar celana kerja.

Mengikuti Perkembangan Budaya Pop yang Dinamis

Seperti dijelaskan sebelumnya, celana ini sangat dekat dengan budaya masyarakat. Adapun budaya yang melekat sangat kental dari desain celana ini adalah karakteristik pop yang sangat dekat dengan anak muda. Karena itulah celana ini sangat dinamis perkembangannya.

Malah ketika ditelusuri lebih jauh ternyata celana bahan dulunya digunakan untuk keperluan militer. Setelah itu, berkembang dan beralih ke celana yang digunakan untuk celana kerja. Hingga semakin kesini, banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Dengan berbagai macam perkembangan itu, semakin tidak ada lagi batasan mengenai kriteria celana chinos. Yang pasti, identitas chinos ini ternyata berasal dari negeri China. Karena pembuatan awalnya memang di negeri yang memiliki teknologi massa paling kuat di dunia.

Tidak heran sekarang ini chinos semakin dikenal, tidak hanya di China, Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Apalagi sekarang ini industri tekstil China terus berkembang dan menguasai pasar dunia.

Sejarah Perkembangan Celana Chinos

Celana yang sangat simpel ini dulunya dipilih untuk kegiatan militer. Tidak hanya itu, warna khaki yang disematkan pada celana ini menjadi karakter kuat pada awal-awal kepopulerannya.

Khaki sendiri sebenarnya merupakan metode pemberian warna yang digunakan untuk celana militer. Khaki ini digunakan untuk menyamarkan pasukan saat di lapangan. Penggunaan warna khaki ini bukan menjadi pertimbangan desain fashion, tapi memang kebutuhan fungsi dalam medan perang.

Karena kualitasnya inilah, pada 1800an Inggris dan Amerika menjadikan celana ini sebagai standar pakaian untuk perang.

Itulah celana chinos mulai dari pengertiannya, sejarah, dan perkembangannya sampai sekarang. Celana ini seakan terus menerus menjadi trend fashion di dunia, karena memang modelnya yang terus bisa berkembang seiring zaman.

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤
Newest Older

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a comment