INILAH TENTANG PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Post a Comment
Konten [Tampil]

 



Pernah nggak sih kamu memperhatikan anak-anak yang ada di sekelilingmu? Apakah diantara mereka sudah mendapatkan pendidikan yang layak atau mendapatkan kesejahteraan yang seharusnya mereka dapatkan? Terkadang miris banget kalau melihat fakta yang terjadi. Ada banyak anak yang ternyata tidak mendapatkan haknya untuk mengenyam pendidikan selayaknya. Itu baru dilihat dari segi pendidikan lho, belum aspek lainnya.

 

Ngomongin tentang anak-anak, tahukah kamu pada tanggal 23 Juli merupakan hari yang diperingati sebagai hari anak nasional. Tentunya terlintas dibenak saat mendengar ada peringatan Hari Anak Nasional ini maka artinya seorang anak memiliki hak untuk mendapatkan kesejahteraan hidupnya baik dari segi sosial maupun pendidikannya. Kira-kira apa sih yang wajib kamu ketahui tentang peringatan Hari Anak Nasional yang dirayakan setiap tahunnya? Yuk, baca artikelnya sampai habis.

Sejarah Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional ditetapkan oleh Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden RI. No 44 Tahun 1984 dan diperingati setiap tanggal 23 Juli. Peringatan Hari Anak Nasional ini merupakan salah satu wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Tidak hanya di Indonesia, Hari Anak Nasional ini juga dirayakan oleh beberapa negara diantaranya Jepang, Turki, dan juga Inggris. Meskipun setiap Negara memiliki tanggal yang berbeda untuk memperingati Hari Anak Nasional namun tujuannya tetap sama yaitu sebagai bentuk perlindungan untuk kesejahteraan anak.

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2021

Peringatan Hari Anak Nasional disetiap tahunnya tentu memiliki tema yang berbeda. Nah, peringatan HAN 2021 kali ini mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju.” Selain itu tagline yang digunakan pada peringatan HAN kali ini adalah #AnakPeduliDiMasaPandemi. Tentunya tema ini berkaitan erat dengan masa pandemi yang sedang dihadapi. Harapannya dengan penyelenggaraan HAN tahun ini, anak-anak memiliki rasa kepedulian yang besar terhadap sesama meskipun dengan kegiatan sangat terbatas.

Tidak hanya mengusung tema yang berbeda, tentunya logo peringatan Hari Anak Nasional kali inipun penuh dengan makna. Logo HAN 2021 yang bisa kita lihat adalah terdapat siluet tiga orang anak yang sedang memegang bendera merah putih dan terdapat satu anak yang memegang kruk. Tentu saja logo ini memiliki makna bahwa setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian, cita-cita yang dapat diraih dengan doa, semangat dan juga dukungan keluarga. Oleh karena itu, setiap anak sebagai generasi penerus bangsa perlu didukung dan diindungi agar senantiasa tumbuh menjadi manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sang saka merah putih. Warna merah putih yang melambangkan kebersamaan dan sikap nasionalisme. Serta garis abu-abu sebagai lambang yang mempresentasikan situasi pandemi saat ini yang memberikan dampak pada anak-anak. Namun, meskipun ditengah pandemi tentu saja hak setiap anak harus tetap terpenuhi baik itu dari segi kegembiraan maupun kreativitasnya dalam perlindungan keluarga.

Peringatan Hari Anak Nasional pada tahun 2021 ini tentunya akan berbeda dengan peringatan sebelumnya. Karena, saat ini kita masih berjuang untuk menurunkan penyebaran covid-19 sehingga peringatan Hari Anak Nasional ini tetap diadakan secara virtual. Meskipun, acaranya diadakan secara virtual namun rangkaian acaranya tak kalah inspiratif kok dari tahun-tahun sebelumnya. Beberapa rangkaian acaranya yaitu, webinar Panggung Anak Indonesia Merdeka, Bimcang Pakar dan Pegiat PAUD ‘Anak Cerdas Terliterasi’, Gebyar Dongeng untuk Anak Indonesia dan Kontes Kita Cinta Lagu Anak.

Harapannya dengan diadakan kegiatan peringatan HAN 2021 secara virtual ini tidak mengurangi antusiasme seluruh anak Indonesia untuk mengikutinya. Bahkan, kalau bisa mampu menjangkau lebih banyak anak dari 34 provinsi di Indonesia tentunya peringatan HAN 2021 ini akan lebih bermakna.

Memaknai Peringatan Hari Anak Nasional di Masa Pandemi 

Mumpung Peringatan Hari Nasional Anak nih aku berharap semoga kedepannya hak setiap anak terpenuhi baik itu dari segi kesejahteraan hidup maupun pendidikan. Bisa kita lihat, betapa mirisnya ada banyak anak yang putus sekolah hanya karena tidak mampu membayar biaya pendidikan atau bahkan ada anak yang dipaksa harus banting tulang padahal usianya merupakan usia yang seharusnya mengenyam pendidikan di sekolah.

Selain itu, di masa pandemi ini pun ruang gerak anak menjadi sangat terbatas. Biasanya mereka bisa menghabiskan waktu belajar dan bermain di sekolah namun terpaksa harus menghabiskannya di rumah saja. Tentunya, ini menjadi tanggung jawab bersama bagi orang tua dan para guru saling bekerjasama untuk memenuhi hak mereka yaitu mendapatkan pendidikan yang layak. Tentu menjadi tantangan besar bagi para orang tua untuk tetap menghadirkan kreativitas dengan ruang terbatas, namun percayalah dengan usaha kita yang sepadan tentu akan melahirkan generasi penerus bangsa yang bermaanfaat di masa depan.

Ngomongin tentang peringatan Hari Anak Nasional jadi teringat pas nonton berita terkini yang berseliweran di TV maupun beberapa media lainnya. Ada beberapa anak yang kehilangan orang tuanya di masa pandemi ini. Nggak kebayang diposisi mereka apalagi jika ternyata usia mereka masih dibawah umur. Cuma bisa berdoa dalam hati agar mereka tumbuh menjadi anak yang tangguh dan kuat.

Oh iya ditengah pandemi seperti ini penting lho untuk tetap update dengan cara nonton berita terkini. Aku sih biasanya nontonnya paling enak diUseeTV. Karena, dimanapun dan kapanpun bisa tetap dengan lancar streaming mengikuti perkembangan info terbaru. Biar nggak kelihatan kudet banget, kalau kamu nggak tau apa-apa malah nanti lebih mudah kemakan info hoax lho!

 

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment