TERNYATA BELAJAR SEJARAH BANYAK MANFAATNYA LOH!

1 comment

Waktu sekolah dulu apa sih salah satu pelajaran yang kamu tidak sukai? Kalau aku sih sejarah, sebenarnya kalau disebutkan banyak sih salah satunya peajaran yang menyangkut berhitung. Tetapi, terkadang kalau ngomongin sejarah itu, entah kenapa kalau udah dengerin ceritanya jadi ngantuk euy. Nggak cuman pas dengerin ceritanya sih, tapi pas baca tentang sejarah baru satu paragraf aja sudah bikin ngantuk. Ada yang kayak aku nggak?

Padahal kalau dipikir ulang, sampai hari ini berasa menyesal sih menyia-nyiakan kisah sejarah. Berasa enggak penting bangetkan dengerin cerita sejarah, padahal kitanya enggak tau aja ternyata sejarah itu punya andil besar bagi hidup kita dimasa sekarang. Saat beberapa hari yang lalu aku nontonin livenya Mba Ani Berta bersama Kang Asep Kambali mereka ngomongin tentang “Belajar sejarah tak perlu kuliah jurusan sejarah.” Saat nontonin live mereka berasa brainstorming sih, kok bener ya omongan mereka. Berikut beberapa poin penting mengapa harus belajar sejarah:

Sejarah mengajarkan kita tentang perjuangan

Kalian pasti sudah taukan bagaimana perjuangan pahlawan-pahlawan kita dimasa lalu saat memperjuangkan kemerdekaan. Nah, dari mereka kita bisa belajar untuk melakukan hal-hal positif, meskipun di generasi kita sekarang ini mungkin perjuangannya berbeda dengan pahlawankita dimasa lalu. Sangat disayangkan jika generasi kita hanya diisi dengan mageran, rebahan, atau tidak melakukan hal yang bermanfaat lainnya.

 

Sejarah mengajarkan kita untuk belajar dari kejadian masa lalu

Begitu banyak rentetan kejadian yang terjadi di masa lalu, maka itu bisa kita jadikaan sebagai pengalaman. Bukankah pengalaman itu akan menjadi guru terbaik? Dari peristiwa dimasa lalu akan membuat kita lebih banyak belajar, sehingga kita lebih tau untuk cara mengatasi banyak hal.

 

Sejarah mengajarkan kita untuk lebih mencintai orang terdekat atau pahlawan

Ketika kita belajar dan banyak tau tentang sejarah, maka akan membuat kita semakin lebih mencintai orang-orang terdekat kita. Misal, ketika kita tau tentang bagaimana para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ini maka akan menumbuhkan cinta kita terhadap pahlawan kita ataupun negara Indonesia ini. Selain itu, dengan adanya sejarah akan menjadi pemersatu bangsa.

Nah begitu banyak ternyata manfaat dari kita belajar sejarah, kalau dipikir-pikir ternyata sejarah tidak membosankan kok dan banyak banget manfaatnya ketika kita belajardari sejarah. Oh iya, dari live IGnya Mba Ani dan Kang Asep juga membahas tentang apa sih makna dari gambar pahlawan yang ada di uang. Itu adalah salah satu cara kita untuk lebih mengenal lagi tentang pahlawan kita. Dari foto-foto pahlawan yang ada di uang tersebut, akan mendorong kita untuk lebih banyak mencari tau tentang mereka. Apalagi di era sekarang ini, segala berita dapat kita akses dimanapun. Salah satunya adalah tentang sejarah, tidak perlu harus kuliah di jurusan sejarah pun kita juga bisa kok mencari tahu tentang sejarah.

Sepanjang live IGnya sih bikin aku manggung-manggut aja, karena apa yang mereka bicarakan emang ada benarnya. Terkadang suka sedih sih kalau ada orang yang bercerita tentang sejarah tapi aku merasa tidak terlalu tau banyak hal. Padahal, sejarah itu begitu penting untuk dipelajari, semoga setelah ini lebih tertarik untuk mencari tau tentang sejarah. Karena, tanpa sejarah maka kita tidak akan ada dimasa sekarang.

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 comment

  1. Hahahaha... belajar sejarah itu menyenangkan karena seperti melihat sebuah kisah perjalanan kehidupan yang tidak pernah kita alami.

    Sayangnya kebanyakan membaca sejarah menganggapnya hanya seperti cerita biasa saja. Padahal seringkali di dalamnya terdapat banyak "kesalahan" yang tidak seharusnya dilakukan oleh kita di masa sekarang.

    Di dalam sebuah kisah sejarah pasti ada pelajaran yang bisa diambil untuk kemajuan ke depan.

    Sejarah itu seharusnya dipandang sebagai sebuah sarana "belajar" agar hal-hal buruh di masa lalu tidak terulang di depan.

    Ehh.. itu pendapat saya ya mbak..

    #Salam kenal dari blogger Bogor

    ReplyDelete

Post a comment