SEPENTING APA BERPIKIR KRITIS

Post a comment

 

Seberapa penting berpikir kritis? Tentu penting banget dibeberapa keadaan. Misal, ketika kita menghadapi suatu masalah, terkadang tanpa berpikir panjang dan akhirnya memutuskan melakukan sesuatu dan akhirnya malah lebih kelihatan gegabah. Pada akhirnya, bukannya menyelesaikan masalah malah menambah masalah bukan? Nah, pada saat itulah dibutuhkan untuk berpikir kritis.

Ketika kita terbiasa berpikir kritis, justru tidak merugikan sih. Malah akan membuat kita semakin terbiasa untuk berpikir kritis loh. Karena, kebiasaan ituperlu dibentuk begitupun dengan berpikir kritis. Penasaran nggak sih mengapa penting banget untuk berpikir kritis? Yuk, kita cari tau seberapa penting untuk berpikir kritis

Berpikir Kritis semakin banyak ide kreatif

Terkadang ketika terbiasa dengan berpikir kreatif maka akan membuat kita semakin banyak ide-ide atau muncul opsi baru untuk menyelesaikan masalah. Emang kerasa banget sih bedanya ketika kita stuck aja pikirannya sama yang terbiasa berpikir kritis. Malahan akan membuat kita semakin terlatih dan nanti akhirnya akan berpikir lebih “Out of the box.”

Bisa memahami sudut pandang yang berbeda

Misal nih ketika dihadapkan dengan permasalahan, maka ketika kita bisa berpikir kritis akan membuat kita lebih berpikir tentang sudut pandang yang berbeda. Coba aja saat kita Cuma mikir yang gitu-gitu aja, nanti pada akhirnya kita bakalan stuck sama sudut pandnag yang gitu aja. Tapi, berbeda dengan ketika kita bisa melihat sudut pandang yang berbeda, kita seperti melihat hal lain dari permasalahan kita. Dengan melihat sudut pandang yang baru maka pandangan baru akan muncul.

Meminimalisir kesalahan persepsi

Berpikir kritis menimbulkan peluang baru

Tidak mudah tertipu

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a comment