TIPS MEMILIH DESINFEKTAN YANG TEPAT SAAT MASA PANDEMI

Post a Comment
Konten [Tampil]

 

 


Saat ini melindungi diri dan keluarga dari virus covid-19 merupakan hal yang sangat penting. Banyak cara yang ditempuh mulai dari mengkonsumsi vitamin yang cukup, menerapkan protocol kesehatan,  dan tidak bepergian jika memang tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Selain itu, saat ini melakukan pencegahan agar tidak terserang covid-19 dengan cara menggunakan desinfektan yang tepat juga merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan. Tentunya penggunaan desinfektan ini tidak bisa sembarangan. Karena, kalau menggunakan desinfektan secara sembarangan maka dapat mengakibatkan iritasi mata, kulit atau bahkan bisa mengganggu pernapasan. Nah, bagaimana sih cara memilih desinfektan yang tepat? Yuk, pantengin tipsnya ya agar anda tidak salah memilih desinfektan untuk perlindungan keluarga anda.

Harus ada brosur atau MSDS

Pastikan desinfektan yang anda pilih memiliki brosur atau MSDS (lembar data keselamatan bahan). Hal ini tentunya bisa menjadi pertimbangan saat anda memilih desinfektan lho! Bayangin aja kalau desinfektan yang anda pilih tidak memiliki brosur dan MSDS. Pastinya anda tidak mengetahui kandungan bahan yang ada di desinfektan tersebut apakah aman untuk digunakan atau tidak? Meskipun penjual desinfektan mengatakan bahwa produk tersebut aman, tentunya ini tidak bisa menjadi jaminankan? Nah teliti dulu sebelum membeli desinfektan ya.

 

Gunakan APD dan sesuai dosis

Menggunakan APD saat penyemprotan desinfektan merupakan salah satu hal yang wajib dan jangan sampai terlupakan. Selain itu, menggunakan desinfektan juga harus sesuai dosis. Oleh karena itu penting untuk melihat panduan di brosur desinfektan berapa banyak dosis yang dianjurkan. Karena, jika penggunaan desinfektan yang berlebihan bisa membahayakan anda dan juga lingkungan.

 

Pilih desinfektan yang sudah teruji

Mungkin saat ini banyak beredar desinfektan yang dibandrol dengan harga murah. Namun, jangan sampai anda terpengaruh hanya karena harga murah ini ya. Pastikan desinfektan yang anda gunakan sudah teruji, baik dari segi kandungan dan saat setelah digunakan. Sebelum membelinya anda bisa melihat keterangan yang ada di brosur desinfektan tersebut atau meminta rekomendasi dari teman yang sudah sering menggunakan desinfektan. Jika anda membelinya di-ecommerce biasanya akan lebih mudah melihat review pembeli yang sudah menggunakan desinfektan yang ingin anda beli.

 

Desinfektan mendapat izin resmi dari kemenkes

Selain memastikan desinfektan yang anda pilih sudah teruji maka anda juga harus memastikan desinfektan yang akan digunakan sudah memiliki izin resmi dari kemenkes. Karena, jika sudah memiliki izin resmi dari kemenkes maka dapat dipastikan produk desinfektan yang akan digunakan aman. Jangan sampai anda membeli desinfektan yang belum ada izin resmi dari kemenkes ya, ini sangat berbahaya apalagi desinfektan mengandung bahan kimia.

 

Gunakan desinfektan yang pengaplikasiannya mudah

Nah, tips yang kelima yaitu penting banget untuk anda memilih desinfektan yang pengaplikasiannya mudah. Jangan sampai membeli desinfektan yang pengaplikasiannya justru ribet dan anda tidak bisa menggunakannya. Oh iya, kalau anda tidak mau ribet sih sekarang sudah banyak lho jasa disinfektan yang bisa anda gunakan. Tentunya, anda tinggal duduk manis dan tunggu prosesnya selesai. Hal ini, juga membuat waktu anda bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan lain.

 

Itulah beberapa tips untuk memilih desinfektan pada saat masa pandemi ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya, karena sehat itu mahal jadi jangan sampai sakit. Jika anda memiliki tips lain saat memilih desinfektan, silakan tuliskan padaaKolom komentar ya!

 

 

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

Post a Comment