CHALLENGE KREASI MERAH PUTIH MENU CAMILAN KELUARGA

13 comments
Konten [Tampil]

Asik, sebentar lagi 17 Agustus nih tentunya perayaan 17 agustusan identik dengan lomba. Pas banget nih, jadi pengen ikutan Challenge Kreasi Merah Putih. Nah, kali ini aku mau bikin menu camilan andalan keluarga yang simpel dan bikin nagih nih. Udah pada tau apa? Yep, aku mau bikin Risoles Mayo untuk memeriahkan Challenge Kreasi Merah Putih Kali ini.

Challenge Kreasi Merah Putih


Risoles Camilan Andalan Keluarga Simpel & Bikin Nagih

Ada banyak sih camilan yang bisa jadi andalan keluarga, tapi yang paling favorit sih Risoles. Kenapa risoles? Karena, risoles ini paling mudah dibikin dan paling mudah dikreasikan apalagi bagian isinya. Mulai dari isian sayur, ayam, daging, atau apa aja deh yang kamu sukai bisa dijadikan isian. Nah, tentunya kalau pake sayur nggak cuma bikin kenyang tapi juga menyehatkan bukan? 

Oh iya, ngomongin risoles ternyata risoles ini salah satu jajanan tradisional lho. Dan risoles ini sudah ada sejak abad ke 13 dan  menjadi salah satu camilan favorit dari Indonesia, Prancis, hingga Polandia. Perbedaannya jika di Indonesia Risoles hanya dijadikan sebagai camilan sedangkan di Prancis Risoles menjadi makanan utama. Risoles awalnya dibuat di Prancis namanya diambil dari bahasa latin russeolus yang artinya kemerahan, sedangkan dalam bahasa Prancis “risoller” berarti membuat menjadi merah. Nah, di Prancis Risoles ini dijadikan disajikan sebagai hidangan, hidangan utama, hidangan penutup atau dijadikan sebagai lauk.

Tidak hanya di Prancis, Risoles ini hampir bisa ditemukan di seluruh dunia termasuk Belanda. Dan, ternyata asal mulanya Risoles dikenal di Indonesia itu adalah pada saat masa penjajahan bangsa Belanda membawa risoles ke Indonesia untuk pertama kalinya. Lalu, Indonesia mulai mencontoh dan meniru resep Risoles dan akhirnya kue tersebut menjadi jajanan favorit dan banyak dijual di toko kue yang ada di Indonesia.

Kalau biasanya risoles yang paling terkenal adalah risoles  dengan bagian kulit luar yang dilapisi dengan tepung panir atau tepung roti. Namun, ada juga sih risoles yang tidak dilapisi dengan tepung. Jadi, kalau kamu tidak suka dilapisi dengan tepung panir atau roti bisa juga loh langsung digoreng. 

Cara Membuat Risoles Mayo 

Nah, kali ini aku mau coba membuat Risoles Mayo. Yuk, kita langsung saja praktik membuat Risoles Mayo untuk memeriahkan Challenge Kreasi Merah Putih. Pertama kita siapkan bahannya terlebih dahulu ya.

 

Bahan yang disiapkan 

Tiga Sapi Kental Manis


Bahan yang disiapkan untuk membuat Risoles Mayo menurutku sangat gampang. 


  • Kulit Risoles
  • Tepung Panir/ tepung roti
  • 6 Lembar Smoked beef potong menjadi 5 bagian
  • 3 butir telur rebus
  • 250 gr Saus Mayones
  • 2 sendok Tiga Sapi Kental Manis 
  • 1 biji telur (untuk lapisan luar)

Cara membuatnya

Tiga Sapi Susu Evaporasi


Untuk membuat risoles kamu bisa membuat kulit risoles terlebih dahulu. Namun, karena aku ingin membuat camilan yang praktis dan simpel untuk Challenge Kreasi Merah Putih kali ini maka aku sudah membeli kulit risoles terlebih dahulu jadi aku tinggal membuat isiannya ya. Cara menambahkan isiannya pun menurutku sangat mudah.

  • Campurkan mayones dengan 2 sendok Tiga Sapi Kental Manis di wadah kecil. Untuk takarannya optional ya sesuai selera jika ingin lebih manis maka bisa ditambahkan lebih dari 2 sendok.
  • Siapkan kulit risoles, Letakkan smoke beef dan telur rebus yang sudah dipotong-potong. Tambahkan mayones hingga menutup smoke beef dan telur. Gulung dan lipat kulit hingga membentuk risol.
  • Celupkan adonan risol ke telur yang sudah dikocok.
  • Kemudian baluri dengan tepung panir sampai tertutup merata.
  • Goreng risol sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Tips Menggoreng Risoles Agar Kulitnya Renyah

Ternyata menggoreng risoles juga ada tekniknya lho biar menghasilkan risoles yang renyah. Berikut beberapa tips menggoreng risoles agar isiannya tidak bocor dan kulitnya renyah maksimal yaitu:

1. Gunakan Minyak yang banyak

Saat menggoreng risoles pastikan minyaknya banyak dan pastikan risolesnya terendam sempurna dari segala sisi.

2. Gunakan Api besar

Saat menggoreng risoles usahakan menggunakan api besar. Hal ini bertujuan agar tidak membutuhkan waktu lama saat menggorengnya. Selain itu, menggoreng risoles dengan api besar bisa membuatnya tidak menyerap minyak banyak ke dalam risoles.

3. Gunakan Peniris Kawat

Setelah risoles digoreng hingga matang, angkat dan tiriskan dengan peniris kawat. Letakkan risoles di atas tisu dapur dengan posisi berdiri agar minyak keluar sempurna dan sampai tak tersisa.

4. Jangan goreng saat masih beku

Kalau lagi lapar biasanya bawaannya pengen cepat-cepat ya. Apalagi kalau harus nungguin risoles yang masih beku rasanya kok lama banget ya. Rasanya pengen langsung aja tuh risoles digoreng. Eits, ternyata menggoreng risol yang masih dalam keadaan beku salah lho. Karena, risoles beku masih memiliki kandungan air di dalamnya. Oleh karena itu, kamu perlu menyimpannya hingga benar-benar cair dan kandungan air berkurang ya. Makanya kalau menggoreng risol yang masih beku bisa membuat risoles meledak atau bocor saat digoreng.

 

Risol Mayo Lumer Dengan Campuran Tiga Sapi Kental Manis

Kreasi Merah Putih


Untuk isian Risol mayo kali ini aku tidak hanya menggunakan mayones. Karena, kalau cuma mayones rasanya sedikit asam. Maka, aku menambahkan Tiga Sapi Kental Manis untuk menambahkan cita rasa manis pada isian risoles mayo yang aku buat untuk mengikuti Challenge Kreasi Merah Putih kali ini.

Untuk pilihan kental manis aku sudah lama menggunakan Tiga Sapi Kental Manis Karena, Lebih Praktis dan Ekonomis. Memiliki manfaat: Sumber kalsium dan Vit D3, Tinggi vit A & B1. Harga ekonomis: Rp.12.000/kaleng 490g. Selain itu, Tiga Sapi Kental Manis ini terbuat dari susu sapi segar dan juga gula murni. Oh iya, Tiga Sapi Kental Manis ini bisa digunakan sebagai campuran masakan atau minuman juga lho. Biasanya, aku sangat suka menambahkan Tiga Sapi Kental Manis sebagai toping saat makan pisang keju, puding coklat dan sebagainya. 

Produk Tiga Sapi ini tidak hanya kental manis lho. Tapi ada juga Tiga Sapi Susu Evaporasi. Udah pada taukan kalau Tiga Sapi Susu Evaporasi ini bisa dijadikan sebagai pengganti santan. Susu evaporasi ini adalah susu sapi yang dilarutkan bersama air supaya memperoleh kekentalan tertentu dan tanpa tambahan gula, jadi rasanya cenderung tawar namun tetap gurih serta creamy. Saat memasak, kamu bisa menggunakan susu evaporasi dengan perbandingan 1:1 artinya, untuk 200 ml santan, misal, bisa digantikan 200 ml susu evaporasi. Cocok banget nih untuk yang tidak suka santan atau mengurangi penggunaan santan. Selain sebagai pengganti santan, Tiga Sapi Susu Evaporasi ini juga bisa menjadi bahan campuran minuman seperti kopi, roti, puding, dessert dan juga untuk membuat soto ayam.

Uniknya lagi Tiga Sapi Susu Evaporasi ini memiliki kemasan yang berbeda dengan produk lainnya. Karena, dikemas dengan wadah Tetra Pak dengan tutup ulir yang bisa ditutup jika masih ada sisanya dan ini merupakan susu evaporasi yang memiliki kemasan kotak pertama di Indonesia. Tiga Sapi Susu Evaporasi harga lebih hemat dan isi lebih banyak. Kalau sudah dibuka, bisa ditutup kembali. Harga ekonomis: Rp.15.000/ Pcs 500g. Isi lebih banyak 25%.

Challenge Kreasi Merah Putih


Nah, itulah hasil Challenge Kreasi Merah Putih membuat risol mayo dengan produk Tiga Sapi Kental Manis. Kamu juga bisa lho ikutan kreasi merah putih ini. Upload kreasi merah putih  makanan tradisional yang kamu buat, kemudian menangkan hadiahnya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai lomba Challenge Kreasi Merah Putih ini bisa kamu cek di instagramnya @lezatnyatigasapi ya. Selamat berkreasi untuk ikutan Challenge Kreasi Merah Putih ya. 

 

Newest Older

Related Posts

13 comments

  1. Aku belum pernah sama sekali bikin risoles. Padahal lumayan suka dan sering beli. Ternyata resepnya nggak terlalu ribet ya mbaak.

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata mudah ya aku jadi pengen nyoba juga nih mbak... aku penyuka risoles juga nih. Mumpung ada nih stok Tiga Sapi

    ReplyDelete
  3. Risol mayo adalah camilan favorit keluarga
    Pasti jadi lebih enak kalau dimasak dengan susu evaporasi cap tiga sapi ini

    ReplyDelete
  4. Oh goreng risol malah harus api besar yah? Kayanya aku pengen coba deh bikin sendiri. Mayan bisa buat bekal anak sekolah. Mumpung masih ada Tiga Sapi di rumah.

    ReplyDelete
  5. Eh aku belum pernah nih campur mayo sama kental manis mbak. Di kulkas masih ada sisa sosis,mayo sama kental manis tiga sapi, coba bikin ah hahaha

    ReplyDelete
  6. duh kebayang deh enaknya, jadi pengen nyobain juga, diganti pakai susu ya jadi lebih nikmat

    ReplyDelete
  7. Risoles.. Aku suka kue ini. Enak banget. Apalagi kalau kulitnya garing gitu. Duh makin mantul dimakan sambil gigit cabe.. Hehehe

    ReplyDelete
  8. wah risoles jadi makanan utama? tapi emang enak dan mengenyangkan sih. Kadang anakku juga bekal risoles untuk sekolah. kapan kapan bikin sendiri ah..

    ReplyDelete
  9. Resoles nih kesukaan orang rumah. Boleh dicoba ini kreasi resep resoles ya. Mudah banget keknya ini bikinnya

    ReplyDelete
  10. Terbayang betapa gurihnya risol saat bahannya menggunakan produk Tiga Sapi Susu Evaporasi dari Indofood. Dan tips menggoreng risol agar kriuks ternyata dengan api besar yaa..
    Soalnya aku biasanya apinya kecil nih.. Huhu...takut kulitnya kurang matang.

    ReplyDelete
  11. Wah enak nih apalagi pakai susu Tiga Sapi
    Jadi pengen cari di desaku ini ada ga ya soalnya kadang produk tertentu belum masuk
    Bismillah cari dan eksekusi resep...

    ReplyDelete
  12. Risolesnya enak bangett dimakan siang hari dan dicocol sambal tomat. Setelah saya baca resepnya ternyata pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi juga yaa, serba guna sekali gak hanya untuk membuat makanan yang manis

    ReplyDelete
  13. Hujan-hujan enak banget ini ngemilin risol mayo buatan sendiri. masih anget dan tentunya lebih gurih karena dimasak dengan adonan susu cap tiga sapi.

    ReplyDelete

Post a Comment