Tips Mudik Aman Naik Kereta Api

11 comments
Konten [Tampil]



Tidak terasa lebaran sebantar lagi, udah ada yang pesan tiket mudik belum nih??? Momen mudik lebaran ini memang sangat dinantikan, apalagi yang sudah lama merantau rasanya kangen sekali kembali ke kampung halaman. Salah satu transportasi yang bisa dipilih untuk mudik yaitu menggunakan kereta api. 


Naik kereta api tentunya menurutku ada kelebihannya sih selain bisa lebih cepat, aman, dan nyaman naik kereta juga sangat menyenangkan karena aku bisa menikmati pemandangan yang dilewati. Nah, untuk mudik menggunakan kereta api tentunya ada hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu agar mudiknya berjalan dengan lancar. 


5 Tips Mudik Aman Naik Kereta Api



1. Siapkan Dokumen Perjalanan

Hal yang perlu disiapkan untuk perjalanan mudik naik kereta api usahakan untuk menyiapkan dokumen perjalanan. Biasanya dokumen perjalanan ini berupa KTP dan KK. Biar gak repot mencari dokumen saat diperlukan kamu bisa meletakkan dokumen di tas yang tidak tercampur dengan barang bawaan lain. Jadi saat petugas sedang proses check in lebih mudah untuk menemukan dokumen yang dibawa. 


2. Bawa Barang Secukupnya

Usahakan saat mudik tidak membawa barang bawaan berlebihan ya. Soalnya kalau kamu membawa barang bawaan yang banyak justru akan repot saat naik maupun turun kereta. Selain itu, kalau nanti kelebihan barang bawaan justru akan repot karena bagasi yang disediakan tidak cukup dan terpaksa barang kamu harus dipangku. Biasanya sih space barang bawaan yang disediakan di kereta api justru terbatas lho. Pastikan kamu membawa barang seperlunya saja ya!


3. Memilih pakaian yang nyaman

Saat mudik dengan menggunakan kereta api biasanya menempuh perjalanan yang sangat lama hingga berjam-jam lamanya. Nah, penting sekali untuk menggunakan pakaian yang nyaman saat diperjalanan. Usahakan gunakan pakaian yang santai seperti kaos, celana, atau training. Usahakan jangan menggunakan pakaian ketat ya, karena justru mempersulit kamu bergerak dan lebih leluasa. Disarankan untuk menggunakan pakaian yang lebih longgar sih agar lebih nyaman saat diperjalanan. Oh iya, pilih pakaian yang sopan ya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 


4. Bawa Buku & Bantal

Siapa yang kalau perjalanan panjang bawaannya bosan? Kalau gak tidur ya mau apalagi dong? Biasanya aku selalu mengusahakan untuk membawa buku saat mudik menggunakan kereta api. Saat perjalanan panjang pasti ada kalanya kita merasa bosan, nah kamu bisa gunakan waktunya untuk membaca buku. Selain itu, agar lebih nyaman saat di kereta api kamu juga bisa membawa bantal leher lho. 


5. Pesan Tiket Kereta Lebih Awal

Biasanya momen lebaran ini orang-orang sangat antusias untuk mudik. Penting banget untuk pesan tiket kereta lebih awal agar menghindari kehabisan tiket. Selain itu, biasanya semakin terbatas tiket maka harganya juga semakin mahal. 


Nah, aku sih biasanya pesan tiket kereta api mudik online melalui aplikasi Tokopedia lho. Selain prosesnya gampang tetapi ada banyak kelebihan lainnya yang emang membantu banget kalau mau pesan tiket mudik. 


Keunggulan Pesan Tiket Mudik Kereta Api di Tokopedia 



Dengan menggunakan Tokopedia, kamu bisa berbelanja berbagai keperluan mulai dari membeli pulsa hingga memesan tiket kereta api. Membeli tiket kereta api di Tokopedia jauh lebih cepat dan mudah tanpa proses yang ribet. Selain itu juga ada keunggulan lain jika kamu membeli tiket mudik kereta apa melalui Tokopedia. 


1. Pilihan tiket terlengkap

Mau kemana pun kamu mudik menggunakan kereta api? Tenang, tiket kereta api di Tokopedia sangat lengkap. Mau tiket kereta api jakarta-yogyakarta? Kamu tinggal cari di pilihan rute yang tersedia. 


2. Cara pesan mudah

Cara pesan tiket kereta api melalui Tokopedia sangat mudah, yaitu: 

- Unduh aplikasi Tokopedia melalui PlayStore (Android) maupun App Store(Iphone)

- Cari menu Travel & Entertainment” lalu pilih Tiket Kereta Api

- Isi data stasiun asal dan tujuan misal mau pesan tiket kereta api jakarta-surabaya lalu kemudian klik “cari tiket”

- Isi data penumpang dan pesan tiket

- Pilih pembayaran 

- Lakukan pembayaran & tiket berhasil didapatkan


3. Beragam metode pembayaran 

Dengan pesan tiket mudik kereta api melalui Tokopedia kamu dapat menggunakan berbagai macam pilihan metode pembayaran yang fleksibel dan mudah, bisa melalui transfer ATM, kartu kredit, internet banking, Saldo Tokopedia, atau dibayar tunai lewat gerai retail favorit.


4. Bebas antre

Ingat banget dulu kalau mau pesan timet kereta api pasti selalu mendatangi stasiun langsung dan melewati antrian panjang. Untungnya, melalui aplikasi Tokopedia tidak perlu datang ke stasiun dan bebas antre. Nah, sekarang gak perlu repot lagi lho pesan tiket mudik kereta api karena dapat dilakukan secara online. 


5. Banyak Promo Menarik

Selain mudah pesan tiket mudik kereta melalui Tokopedia ternyata ada banyak promo menarik lho yang mereka berikan. Mulai dari kupon cashback hingga dapat bonus streaming & paket data. Jadinya mudik bisa lebih hemat kan!


Nah itulah tips mudik aman naik kereta api yang bisa kamu terapkan . Semoga perjalanan mudiknya aman dan lancar sampai kampung halaman ya. Kalau kamu udah pesan tiket mudik belum nih? Buruan sebelum tiketnya kehabisan ya!

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

There is no other posts in this category.

11 comments

  1. Terima kasih tips mudiknya kak. Nanti kalau pakai kereta aku terapkan. Sekarang aku pakai kendaraan pribadi kak. Pengen nyoba pakai kereta tapi belum aja, masih mikir nanti di sana gimana nggak ada kendaraan jauh dari kota & bawa anak-anak. Hehe

    ReplyDelete
  2. Aku puuun kemarin pas mudik pesan tiket kereta di Tokopedia. Bebas antri dan nggak ribet. Bayarnya pun mudah dengan metode yang beragam

    ReplyDelete
  3. tipsnya detail sekali dan bermanfaat, makaci loh kak! bener-bener membantu banget buat aku yang udah lama ga mudik pake kereta api hihi

    ReplyDelete
  4. Aku pertama kali naik kereta jalur Karawang - purwokerto, pas hamil 6 bulan, bareng sama suami.rasanya pegel bgt 😭 baca tulisan ini JD flashback

    ReplyDelete
  5. sebagai pengguna setia tokopedia, tentunya promo yang diberikan sering mantulitaaa. Apalagi ketika ditambah diskon dari pembayaran kartu misalkan, jadi double deh diskon yang didapat. kadang juga balik dapat cashbak poin waaah untung banget banget banget

    ReplyDelete
  6. Mudik pake transportasi umum emang harus persiapan dari jauh hari biar nyaman & pas hari H mudiknya tenang

    ReplyDelete
  7. Bener banget Kak aku kalau naik kereta biasanya suka bawa buku Soalnya biar nggak bosan di perjalanan dan mata nggak terlalu pegel karena teralihkan dari hp. Dan Iya aku juga suka tuh beli tiket kereta di Tokopedia soalnya banyak Promonya dan nggak perlu ribet

    ReplyDelete
  8. Paling berkesan mudik itu pake kereta api, inget- zaman dulu kalo ke Solo, lelah pake mobil bisa berjam2 kena macetnya,

    ReplyDelete
  9. Mudik naik KAI memang nyaman. Dua tahun lalu naik kereta malam dan bikin nagih. Next pengen mudik lagi naik KAI lagi ah.

    ReplyDelete
  10. Menarik nih kak bawa buku saat mudik naik kereta api, jadi waktu tidak banyak terbuang ya. Dan tidak bosan, tiba tiba saja sudah sampai

    ReplyDelete
  11. Wiihh seru banget nih kayaknya mudik naik kereta api. Aku seumur-umur belum pernah ngerasain mudik. Semoga yang mau mudik tahun ini diberikan kelancaran yaa..

    ReplyDelete

Post a Comment