Udah siap Ujian Nasional?

5:40:00 PM


 


Anyeong haseyo, Assalamualaikum :)
A : Dua hari lagi  akan menjadi hari yang menegangkan buat para siswa SMA kelas 3.
B: Kenapa? Kenapa? Woi kenapa???!
A : Nggak tau ya??? Sini-sini aku bisikkan nih :3 “kelas 3 SMA akan melaksanakan Ujian Nasional”
B : Terus-terus emangnya kenapa?
A : Ya gue takutttttt dodol -__-
B : Yaelahhhh loe  daripada takut, mending gue kasih tips nih buat menghadapi soal-soal Ujian Nasional yang sebenarnya nggak terlalu menakutkan tapi malah bikin greget :3
A : Oke *menyimak*

***
Sesuai janji dipostingan sebelumnya Tips H-30 Ujian Nasional, aku akan memberikan tips sewaktu Ujian Nasional selama 3 hari. Sebelumnya, aku mau nanya dulu nih ya? Yang mau ujian udah siapppppp belum? Oke, aku nggak mau dengar alasan kalian belum siap atau apa. Mau kalian siap atau nggak, kalian teteup harus pergi ke sekolah pada hari senin dan menghadapi apa yang ada di depan kalian. Itu udah kewajiban kalian, udah cape-cape belajar 3 tahun. Nggak mungkin kalian akan menyia-nyiakan 3 hari ke depan. Dan menganggap ini hal yang biasa, meskipun Ujian Nasional bukan akhir dari segalanya. Oke, daripada aku ngomongnya mulai ngelantur mending langsung aja! Disimak ya :)
1.      Jangan Terlambat datang
Kalo kalian telat bakalan stres. Why? Karena yang namanya telat tuh pasti bakalan tergesa-gesa. Sementara jalanan sekarang macetnya minta ampun, kalo udah tau jalanan macet maka kalian harus memperkirakan “bagaimana caranya kalian tidak terjebak macet dan datang tepat waktu”. Sebisa kalian sendiri, agar tidak telat datang ke sekolah. Akibat telat kalian bisa jadi akan ketinggalan informasi, karena Ujian Nasional tahun ini peraturannya macam-macam. Bayangin aja sendiri kalo kalian telat gimana? Pengawas Ujian gak mungkin mengulang peraturan itu berulang kali. Dan yang terakhir, kalo kalian telat kemungkinan bakalan ujian sendirian, misalnya diruangan Kepala Sekolah gitu. Gimana? Masih mau telat? Think again!

2.      Periksa Kelengkapan
Peserta Ujian Nasional juga harus memakai seragam lengkap. Emangnya mau upacara? Ujian juga harus disiplin, nggak cuma disiplin waktu tapi kalian juga harus disiplin peraturan. Ingat! Kalian masih dilingkungan sekolah, kalian masih membawa nama sekolah, apalagi pengawas ujian itu dari sekolah lain. Makanya, kalo kalian berpakaian tidak lengkap. Apa kata mereka? Pasti mereka akan berpikir sekolah kalian seperti tidak puya aturan atau memang siswanya yang tidak punya kedisiplinan dalam hal aturan. Jadi, terserah kalian sendiri mau menunjukkan hal yang positif atau negatif. Ingat, seragam yang lengkap ya!

Selain kelengkapan seragam, kelengkapan alat tulis juga harus diperhatikan. Meskipun, nantinya di sekolah semua perlengkapan alat tulis sudah disediakan. Tapi, apa salahnya sih sedia payung sebelum hujan?!

3.      Jangan lupa sarapan
Kalo yang namanya udah lapar tuh ya, pasti pikiran kalian bakalan kemana-mana. Gelisah lah, laparlah, apalah, inilah, itulah dan bla...bla... Intinya, kalian jangan lupa sarapan. Misalnya, kalian yang emang nggak terbiasa sarapan pagi. Minum susu ataupun makan roti, untuk penahan lapar beberapa jam :D

4.      Berdoa
Ini adalah hal yang paling penting. Doa tanpa usaha, usaha tanpa doa itu hasilnya nihil. Sebelum mengerjakan soal ujian kalian jangan lupa berdoa. Dan, jangan lupa minta doa pada kedua orang tua kalian. Berdoalah untuk dimudahkan dalam mengerjakan soal ujian dan mendapatkan nilai yang memuaskan, Amin Yarabbal Alamin :)

5.      Don’t Be Panic
Ini salah satu hal yang bisa bikin semua yang kalian pelajari bakalan lupa. Kenapa? Kalo udah panik ya bakal lupa segalanya. Tapi sayangnya, mau panik gimanapun kalian teteup ingat mantan *ups*. Oke, oke, pokoknya kerjakan semua soal dengan tenang, rileks, anggap aja itu bukan ujian nasional. Tapi, kalian jangan menghiraukan satu hal “tetap kerjakan dengan teliti, kalo soal sebanyak 50 butir atau 40 butir usahakan cukup 5 soal yang salah, jangan lebih. Kalo bisa sih benar semua”. Hihihi XD

6.      Gunakan waktu sebaik-baiknya
Ingat, yang namanya waktu kalo kalian gunakan sebaik-baiknya bakalan punya arti. Tapi, kalo tidak digunakan sebaik-baiknya yaaaaa bakalan sia-sia. Kalian punya waktu selama 2 jam ataupun 120 menit di dalam ruangan. 120 menit itu bukan juga waktu yang cukup lama ataupun sebentar banget. Yang pasti nggak mungkin kalian selama 120 menit itu bersantai-santai, pokoknya gunakan waktu sebaik mungkin. Oh iya, jangan sampai kalian selama 120 menit cuma coret-coret LJK kaya gini, bisa berakibat fatal loh :P

Jangan dicontoh :P

7.      Datang, kerjakan, dan Lupakan.
Ketika kalian datang, maka duduk dengan manis dan hadapi apa yang ada di depan kalian. Apapun itu, pokoknya dihadapin. Eits, soal bukan hanya untuk dihadapi tapi dikerjakan, ingat dikerjakan! Pada saat kalian mau mengerjakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
-          Periksalah naskah soal yang diterima, barangkali ada yang kurang ataupun soal yang cetakannya kurang jelas. Kalo ada yang kurang, maka laporkan kepada pengawas.
-          Tulis semua data yang meliputi nama, mata pelajaran, dan lain-lainnya dengan lengkap. Jangan sampai kelupaan! Apalagi nama dan mata pelajaran!
Setelah mengisi semua data maka mulailah untuk mengerjakan soal, ingat ya lembar jawaban (LJK) bukan disilang tapi dihitamkan. Ingat! Apabila kalian selesai mengerjakan jangan lupa untuk memeriksa kembali data dan jawaban, kali aja ada yang salah. Ingat, ujian disini bukan cuma jawab soal udah, pulang. Tapi juga butuh ketelitian kalian. Setelah semuanya selesai, maka saat keluar dari ruang ujian lupakan semua yang terjadi. Karena kalo mengingat-ingat hal yang sebelumnya itu bisa bikin kalian pusing. Ingat, life must go on! Ketika hari senin sudah berlalu, maka besok kalian masih harus menjalani hari esok, dan begitu seterusnya. Ada baiknya untuk melupakan hal yang telah terjadi, dan memikirkan hari esok. Ceilehh :D
Semangat yang mengikuti Ujian Nasional, dan semoga kalian (termasuk aku) dimudahkan dalam menjawab soal ujian. Amin Yarabbal Alamin...
Sampai ketemu saat selesai Ujian Nasional ya :)
Wassalamualaikum

Jadwal Ujian Nasional SMA 2014

You Might Also Like

2 comments

  1. cemunguttt ngerjakannya, insya Allah lulus aja haha
    kk pdhl handak bnr ngawas disana tp dapat di syuhada sekalinya x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin :D
      Bahhh, munnya ka Adit yang mengawas bisa nyaman banarlah hahaha

      Delete