Pemandian Air Panas di Kota Barabai

9:54:00 PM


Ciao! Assalamualaikum :)

Setelah kemaren aku bercerita bagaimana liburan di Kota Barabai yang hari pertama berkunjung ke tempat wisata yang bernama “Manggasang”. Kali ini aku akan melanjutkan cerita tentang liburan hari kedua, yang berkunjung ke tempat wisata “Pemandian Air Panas Hantakan di Kota Barabai”. Yang penasaran lanjutkan bacanya ya :P


Wisata Air Panas Hantakan terletak sekitar 14 km dari Kota Barabai. Tempat wisata ini lebih jauh jaraknya daripada tempat Wisata Manggasang. Tetapi sejauh apapun jaraknya jika pemandangan disebelah kiri dan kanan membuat mata segar, its no problem. Untuk menempuh perjalanan ke tempat wisata ini perjalanannya sangat lancar, karena jalan yang ditempuh tidak rusak ataupun berlobang. Tetapi, ketika memasuki daerah pegunungan di Desa Bulayak mobil harus dikendarai dengan perlahan dan hati-hati. Karena disebelah kiri jalan terdapat jurang yang cukup dalam. Meskipun terdapat jurang yang cukup dalam, tetapi perjalanan ini sangat-sangat mengagumkan. 
Bagaimana tidak mengagumkan? selama perjalanan akan disuguhkan suasana hutan Meratus yang dingin dan sejuk tak lupa keindahan pohon yang menjulang tinggi disetiap tepi juga membuat kalian berdecak kagum “Subhanallah, indahnya bumi ciptaan Tuhan ini”.  Perjalanan yang ditempuh juga sangat sepi dan rindang membuat pemandangan semakin indah, karena tempat ini jauh dari kemacetan---semrawut kota. Setelah merasakan seperti berada diwahana roller coaster yang hampir saja membuat jantung ini copot, akhirnya sampai di pintu gerbang wisata pemandian air panas di Desa Murung Kecamatan Hantakan.

Jam 9 pagi kami sampai ditempat pemandian air panas...
Sesampainya disana kami disuguhkan dengan pemandangan yang tak kalah menarik. Ada beberapa warga sekitar yang menjajakan jualannya, salah satunya jagung rebus. Oh iya, jika kalian berkunjung kesini kalian juga bisa menikmati wahana “Waterboom Meratus”. Karena kami sedang berhemat uang, jadi kami mengurungkan niat untuk menikmati wahana waterboom Meratus. Lagian, di Banjarmasin juga ada tempat wahana Waterboom seperti ini. Jadinya kami pun menuju tempat wisata pemandian Air panas, yang menjadi tujuan kami dari awal tadi.

Untuk menuju tempat wisata pemandian air panas ini harus berjalan sekitar beberapa kilometer. Jalan menuju tempat pemandian air panas ini hanya terdiri dari titian papan kayu, jadinya mobil ataupun kendaraan tidak bisa melewati jalan ini. Untuk itu tenang saja, di depan gerbang sudah disediakan parkir khusus untuk mobil ataupun kendaraan yang kalian bawa. 

Ketika berjalan beberapa kilometer pun itu tidak membosankan, karena akan disuguhkan pemandangan yang berwarna hijau, sesekali kami mendengar gemericik air yang bagaikan alunan musik begitu merdu---dan menyejukkan. Ada juga jembatan penyeberangan yang hanya terdiri dari susunan pohon kelapa yang dibawahnya air yang jernih begitu deras mengalir. 

Titian pohon kelapa



Bisa dikatakan liburan kami kali ini “Liburan (sedikit) hemat”, karena untuk menikmati pemandangan yang begitu sejuk ataupun menikmati pemandian air panas ini cukup membayar sebesar Rp.5000. Setelah itu kalian bebas menikmati apapun yang ada disana. 
 
Untuk 1 orang cuma Rp. 5000
 
Perjalanan menuju tempat pemandian air panas
 


Setelah berjalan beberapa kilometer akhirnya sampai juga di tempat pemandian air panas ini. Suasana masih sepi, yaiyalah kami datangnya terlalu pagi sehingga tempat ini lagi-lagi serasa milik kami :P. Tetapi, aku sedikit kecewa dengan tempat ini. Karena jujur saja tempat pemandiannya pun kurang bersih. Meskipun begitu tetapi pemandangan sekitarnya yang masih dikelilingi oleh tanaman hijau, sehingga membuat kekecewaanku pudar. Karena lagi-lagi kami malas untuk berganti pakaian, kami hanya merendam kaki di air panas ini. 


Kolam pemandian air panas disini ada 3 kolam, pertama kolam dengan rasa air panas biasa, kemudian kolam dengan level 2 tentu air dengan rasa lebih panas, dan kolam ketiga air yang dingin. Menurut salah satu warga setempat, air panas ini juga bisa diminum, katanya sih bisa menyembuhkan penyakit, Insya Allah. 



Sebelum pergi ke tempat ini, Suli bilang sama aku kalo disana nanti ada air terjun. Whoaaa! Aku excited  banget ketika dengar air terjun. Tapi setelah sampai disana ternyata itu hanya rencana. Lagi-lagi manusia hanya bisa berencana, Tuhan yang menentukan. Dikarenakan disini tempatnya masih sepi dan tidak ada warga sekitar yang bisa dijadikan buat jadi guide untuk menuju air terjun tersebut. Sebenarnya aku penasaran banget sama air terjunnya, tetapi karena tidak ada guide jadinya kami mengurungkan niat itu. Jadilah sekitar 2 jam kami habiskan dengan bernarsis ria disana.
Air panas yang levelnya panas biasa

Air panas yang levelnya lebih panas


Air yang lebih dingin

Aku menunggumu disini pangeran masa depanku :3


Setelah puas berendam di air panas dan narsis ria sana-sini. Kami pun memutuskan untuk segera pulang. Eits, tujuan kami tidak langsung pulang tetapi menikmati wisata selanjutnya. Kira-kira tempat wisata apa lagi ya? Nantikan di postingan selanjutnya. Kami harus melewati jalan yang panjang dulu nih untuk keluar dari wisata ini :P
Mau pulang teteup narsis

Binatang ini namanya KUKANG.

Kami sudah berhasil keluar dari tempat wisata pemandian air panasnya nih. Sebelum naik mobil juga harus narsis, teteup :P


Setelah bernarsis ria lagi, kami pun menaiki mobil. Dan menuju tempat wisata selanjutnya. Tempat wisata selanjutnya ini lebih seru dan pastinya lebih bikin mata segar lagi deh pokoknya. Yang penasaran keep stay tune on my blog :)

Wassalamualaikum wr wb :)



You Might Also Like

14 comments

  1. Cie yang liburan teruuusss. Mentang-mentang lagi nganggur kan :p

    Tapi bener aku aja yang cuma liat dari foto ikut ngerasain segernya, apalgi kamu yang datang langsung. Aku ikut ngerasain ketiup angin, gemericik air, huuuuu aku kangen suasana begitu :(

    Kebiasaan kan bikin penasaran-_- btw kok kayaknya foto narsis di sini sedikit? Hahaha. Oke, ditunggu lanjutannya. Abis itu kamu langsung beliin aku tiket ke sana dan ajak main okey!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pengangguran banget kak :D

      Iya asik banget kak suasananya..

      Sebenarnya banyak kak, tapi aku nggak tega kalo upload foto narsis yang narsisnya kebangetan. Jadinya cuma sebagian aja heheh

      Hm, gimana kalo ka Dwi berenang aja ke kalimantan :P

      Delete
  2. waw asik banget tempatnya. murah lagi. pegen bisa nyemplungin kaki ke aer anget itu, hihi. emang yah, tempat yang paling asik buat liburan melepas penat tuh tempat yang masih asri, pemandangan alam, yang serba hijau gitu.

    asik bener deh, karcis cuman 5 ribu tapi bisa dapetin pemandangan yang keren, ckckck. sayang banget tapi yah enggak ke air terjunn. padahal coba ajah nekad cari jalana tanpa guide1 hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang bener saat udah cape dengan kesibukan ya dengan menikmati pemandangan yang kayagini :D

      Wuahahah nggak berani kak, soalnya disitu hutan semua isinya :(

      Delete
  3. enak tuh lokasi jalan-jalannya, jadi kepengen jalan-jalan juga tapi gak situ hehe,,, tempatnya jauh dari kampung gue hehe...

    ReplyDelete
  4. enak banget sih kamu liburan mulu, mentang-mentang habis UNAS gitu yaa? aku aja yang habis UNAS malah sibuk nyari univ buat kuliah besok wkwkwk.

    tapi nyaman banget emang kalo wisata di tempat yang asri seperti itu, daripada wisata ke arena-arena bermain. selain menghemat uang, kita juga bisa dimanjakan dengan pemandangan-pemandangan asri dan suara gemericik air yang menenangkan. lah kalo wisata ke arena bermain, palingan yang bisa kita lihat cuman pemandangan orang berduaan yang malah bikin kita nyesek... :D

    itu masuknya cuman 5000? murah banget yaa. semoga tempat seperti ini bisa di jaga dengan baik oleh masyarakat setempat. dan semoga para pengunjung juga ga membuang sampah sembarangan biar ga kotor. hayoo kamu kemarin buang sampah sembarangan apa gak? wkwk.

    hmm selalu yaa setiap posting liburan selalu ada foto-foto narsisnya wkwk, tapi gapapa sih. oh ini masih ada lanjutannya yaa? wah pasti lebih seru nih.

    oh iya kalo aku boleh saran, font di postingan kamu kayaknya terlalu besar deh. kalo bisa di kecilin dikiiiit aja. cuman sekedar saran kok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini liburan bulan april yang lalu Rey, tapi telat postingannya hahhaha

      kita, atau kamu sih yang nyesek? :P

      iya cuma 5000 kamu bebas ngapain aja. Oh tenang aja aku kesana nggak bawa sampah gimana mau buang sampah :P

      okee tunguiin yaaaa

      Sebelumnya makasih sarannya, nah itu dia terkadang kalo font normal malah kecil banget. Jadinya ini font yg besar. Aku juga padahal agak pusing klo liat tulisan besarnya kayak biji jagung gitu wuahahhah

      Delete
  5. sekali-sekali kena bawai bagian blogger kita kesana pang fatimah haha

    hanyar tahu ada pemandian air panas di barabai kakak nah, masuknya murah jua sekalinnya lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayujaaa ka ae, tapii kesini kd ramii yang rami tuh ke wisata yang satunya yangg dalam waktu dekat pasti ulun posting wuahahha

      nehh hanyar ja tahu, hidup dimana gerang -__- :P

      Delete
  6. itu pemandian apa kolam renang ya ? :3
    tapi keren banget disuguhi dengan pemandangan begituan , rasanya gimana gitu :3 /

    fatimaaaah bawa ku kesana :3 / mumpung harganya terjangkau loh, aku pengennya itu tempat dibawa ke malang :v /

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemandian lah kak, tapi dibikin kayak kolam renang hahahha

      Ayo ke Kalimantan kak, hahahha kalo bisa diangkut aku bawain deh ke Malang. Lol :D

      Delete
  7. eh itu murah banget masuknya --" Kalo pemandian air panas di Jawa Timur ada Pacet, ngga sebagus di barabai sih, malah harga tiketnya selangiiiiiiit... Nice post, tulisan traveling memang ngga pernah ngebosenin!

    ReplyDelete