CARA BERBAGI DENGAN SESAMA DI MASA PANDEMI COVID-19

Post a comment

Hallo, sudah hari yang kesekian kalinya berada di rumah aja. Meskipun ada banyak hal yang bisa dilakukan, tapi ya tetap aja terkadang perlu banget refreshing. Benarkan? Huu, udah kangen banget ini cuci mata ke Mall atau sekedar nongkrong di Café. Sabar….yang ngerasain hal ini nggak Cuma kamu doang kok! Sebagian penduduk di muka bumi ini juga mungkin merasakan hal yang sama sepertimu.

Saat masa sulit seperti ini, alih-alih kita pusing mikirin berdiam diri di rumah aja bikin bosan banget. Ternyata, ada hal yang lebih penting yang perlu kita pikirkan. Tetangga kita, orang terdekat kita, pokoknya sesama kitalah. Gimana ya keadaan mereka dengan kondisi covid-19 ini? Ada yang terkena PHK, ada yang penghasilanya tidak stabil, ada yang tidak tau lagi harus gimana caranya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.


Nah! Inilah saatnya kita membantu mereka guys. Kerahkan semua yang kamu punya. Kalau punya harta berlebih, bisa sisihkan untuk sedekah. Kalaupun tidak punya, mungkin bisa memberi semangat dalam bentuk lain kepada mereka.

Apa aja sih hal-hal yang bisa kita  lakukan untuk membantu sesame disaat seperti ini? Banyak, ada banyak banget.

Memberikan bantuan baik berupa uang/sembako


Saat dimasa sekarang ini tentunya banyak orang yang kehilangan pekerjaannya, pemasukan uang tidak stabil. Nah, kamu bisa membantunya dengan cara memberikan bantuan berupa uang ataupun sembako. Eits, tapi tetap ya utamakan social distancingnya pada saat memberikan bantuan kepada mereka.

Berbagi masker secara gratis

Pada masa pandemic seperti ini kita dianjurkan untuk menggunakan masker. Mungkin di luar sana masih banyak yang belum sadar untuk menggunakan masker. Atau mungkin jangankan untuk membeli masker, emmenuhi kebutuhan sehari-hari aja mereka harus berusaha keras. Nah, ini loh saatnya berbagi dengan cara hal kecil yaitu membagikan masker secara gratis.

Memberikan edukasi terkait Covid-19

Informasi tentang Covid-19 udah bertebaran dimana-mana, mulai dari media social hingga stasiun televisi. Nah, meskipun begitu mungkin ada sebagian orang yang tidak punya waktu menerima berita tentang Covid-19 ini salah satunya karena keterbatasan informasi. Ini loh saatnya buat kamu yang memiliki pengetahuan tentang Covid-19 berbagi ilmu pengetahuan ke mereka. Misal tentang istilah-istilah yang mungkin terlalu asing bagi mereka, atau tentang gimana caranya mencegah penyebaran virus Covid-19 ini. Dan akhirnya mereka yang nggak tau sama sekali jadi tau karena berkat penjelasan dari kamu.


Berbagi makanan untuk berbuka puasa

Moment Ramadhan ini ada baiknya kita isi dengan kebaikan, salah satunya apa?  Berbagi dengan sesama. Yup, bisa berbagi makanan untuk berbuka puasa ke mereka yang membutuhkan. Oh iya, buat kamu yang terbiasa beli makanan di Ojek Online bisa juga loh berbagi dengan mereka. Misal dengan cara membeli makanan dan dilebihkan untuk mereka.

Membeli Jualan Tetangga/teman kita

Pada saat masa pandemic ini, karena banyak karyawan diberhentikan. Sehingga juga banyak orang-orang yang akhirnya memutuskan membuka usaha kecil-kecilan. Nah, bisa tuh dengan membeli jualan mereka. Apalagi pada masa social distancing gini pas banget kalau mau beli pakai online aja. Jadinya nggak khawatir keluar rumah  lagi.

Nah, itulah beberapa  hal yang bisa kita lakukan untuk membantu sesame di masa Covid-19 ini. Kalau menurut kamu apa nih selain beberapa hal diatas yang bisa dilakukan? Kasih tau di kolom komentar yak!

Related Posts

Post a comment