DAMPAK PENYEBARAN VIRUS COVID-19 TERHADAP KEHIDUPAN SEHARI-HARI

10:24:00 PM


Helloooo, masih kuat memandang tembok itu lagi-itu lagi (maksudnya tembok rumah). Dengan keadaan virus pandemic seperti sekarang ini yang masih belum tau kapan berakhirnya. Sedih bangetkan guys! Berasa mimpi banget rasanya dihadapkan sama kondisi seperti ini. Tapi, atas segala kejadian ini balik lagi kita harus menerimanya dengan lapang dada :’)

Nah, karena penyebaran covid-19 yang emang dikenal cepat banget bahkan dalam beberapa waktu pun sudah lumayan data pasien yang positif mengidap covid-19 ini sehingga mau tidak mau setiap daerah pun akhirnya menerapkan PSBB (pembatasan Sosial Berskala Besar) atau karantina wilayah. Mungkin di Indonesia agak berbeda dengan negara lain yang sudah beberapa menerapkan Lockdown. Bisa dipahami, mungkin salah satunya jika lockdown dilakukan akan berdampak dengan perekonomian.


Banyak banget dampak dari penyebaran virus Covid-19 ini. Mungkin aku bakal membahas dari dua sisi nih:

Sebelum kita membahas hal negatifnya ada baiknya kita lihat sisi positifnya dulu ya guys!

Dampak Positif Akibat Penyebaran Virus Covid-19


Terbiasa dengan pola hidup bersih & sehat

Terbiasa dengan pola hidup  bersih dan sehat ini yang sebelum ada virus Covid-19 sering kita abaikan. Padahal begitu pentingnya untuk membiasakan hidup bersih dan sehat. Biasanya habis megang hp, terus ambil makanan tanpa cuci tangan. Biasanya makan sambal main hp, padahal ya bakteri terbanyak salah satunya di handphone. Ngeri bangetkan?

Sebelum ada Covid-19 ini aku sering banget main handphone sambal makan. Atau bahkan habis dari luar nggak cuci tangan. Berasa banget setelah ada Covid-19 ini. Kalau makan nggak lagi main hp, kalaupun main hp pertama-tama hpnya dilap dulu pakai tisu basah gitu. Terus nih ya yang menurut aku aneh banget, aneh nggak aneh si ya aneh karena gara-gara Covid 19 ini semuanya jadi begini.

Jadi, pada saat ke Pasar, setelah dating dari pasar tuh ya aku rasanya pengen mandi aja. Semua barang yang dibawa dari pasar rasanya pengen dicuci semua, tak terkecuali uang kembalian. Apakah setelah corona ini aku akan menjadi seorang freak hygienist? I don’t know wkwkkwkwk. Nggak cuman ke pasar sih, pokoknya habis dari keluar rumah entah kemana pun rasanya kalau sampai rumah tuh berasa kotor banget (wuahhaha, aku kotor L). Kalian gitu juga nggak sih?

Terus tentang pola hidup sehat, semenjak adanya Covid-19 aku belajar bikin minuman jahe guys! Sebelumnya aku nggak pernah bikin itu ramuan. Wow, emezing bangetkan? Biasa aja sih ya mungkin bagi beberapa orang. Tapi menurut aaku sih luar biasa. Wuahhaha Karena, minuman jahekan dipercaya untuk menambah imunitas tubuh? Selain itu aku juga rutin minum vitamin. Harapannya sih pola hidup bersih dan sehat ini dapat diteruskan jika nanti Covid-19 ini sudah berlalu.Aamiin

Bekerja di Kantor diganti jadi Work From Home

Mungkin banyak dari kita yang sudah bosan rasanya dengan rutinitas, pagi-pagi berangkat ke kantor terus sore atau larut malam baru pulang ke rumah. Pada masa pandemic Covid-19 ini sepertinya sebagian impian orang-orang yang bosan kerja di kantor dikabulin nih. Akhirnya para pekerja yang bosan dengan kantornya juga merasakan gimana rasanya Work From Home.

Kalau aku sih, sebelum Covid-19 ini semakin meresahkan Alhamdulillah emang kerjanya di rumah. Gimana nih guys Work From Home? Ternyata banyak juga yang sudah bosan dengan WFH ini. Katanya bosan di rumah, bosan karena nggak ketemu banyak orang dan sebagainya. Pada dasarnya emang ya sebagian orang emang suka bosen dengan rutinitas yang itu-itu saja, perlu perubahan. Eh pas udah berubah gini bosan jugakan jadinya? Ya begitulah. Eits, tapi aku nggak bosan sama kamu. Hehehe

Bisa Quality Time Bareng Keluarga

Dengan adanya pandemic virus covid 19 ini banyak yang akhirnya diliburkan atau justru diberi kesempatan untuk bekerja dari rumah. Tentu ini kesempatan emas bagi sebagian orang yang biasanya sibuk di kantor dan nggak punya waktu sama keluarga. Akhirnya menghabiskan waktu di rumah saja dan bersama keluarga.

Bikin semakin kreatif dan melatih Skill

Tau nggak sih semenjak adanya Covid-19 ini timeline di social media tuh semakin beragam. Orang-orang semakin kreatif disaat pandemic ini? Ngerasa nggak sih? Banyak banget pokoknya mulai dari konten beauty sampai memasak. Bahkan, orang-orang yang biasanya nggak punya wkatu masak akhirnya punya waktu untuk mengeksplor masakan-masakan baru dan tentunya berbaagi resep juga. Wah keren ya, Alhamdulillah ada juga hikmahnya dari pandemic ini..

Kalau aku sendiri apa ya? Karena, kerjaanku emang di rumah dari kemarin-kemarin jadi berasanya emang kek nggak ada apa-apa. Berajalan seperti biasa aja, kalau mau masak cemilan baru ya dimasak, kalau enggak yaudah. Hahaha

Dampak Negatif Akibat Penyebaran Virus Covid-19

Sekolah banyak diliburkan

Hayo siapa yang kemarin-kemarin malas sekolah? Pengennya di rumah aja? Atau sekolahnya di rumaha aj gitu. Satu lagi nih, impian sebagian orang-orang dikabulkan pada saat pandemi ini. Senang nggak sih? Ya pasti ada senang sama sedihnya yakan?

Ada beberapa keluhan sih, missal ternyata di rumah semakin banyak tugasnya. Dan juga Ibu-ibu yang punya anak masih kicik-kicik kewalahan untuk menjadi pengganti guru di rumah. Ya ada plus minusnya lagi sih, apapun itu ya dinikmatin ajalah ya.

Para pekerja banyak yang terkena PHK

Ada beberapa perusahaan yang dimasa pandemic ini pemasukannya berkurang. Misal seperti hotel ya, karena orang-orang banyak yang tetap berada di rumah aja jadinya ya ngapainkan orang nginap di hotel? Kasian sih aku liat berita beberapa karyawan yang harus di PHK. Ya mau gimana ya karena emang keadaannya begini.

Keadaan Perekonomian tidak stabil

Banyaknya karyawan yang di PHK, pada akhirnya membuat perekonomian perusahaan maupun individu tidak stabil. Ada yang penghasilannya berkurang masa pandemi ini dan akhirnya mau nggak mau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari harus mengeluarkan tabungan yakan?

Memang pada saat seperti ini penting banget ternyata dana darurat. Benar nggak?

Takut kalau keluar rumah

Kalau biasanya sebelum masa pandemi ini kita dengan entengnya mau jalan kesana kemari, berbeda pada saat sekarang. Mau ke warung aja rasanya berpikir keras banget, apalagi untuk keluar ke tempat yang lebih ramai yakan?

Nah itulah beberapa dampak positif maupun negatif dari penyebaran virus Covid-19 ini. Apapun dampaknya, semoga atas kejadian ini membuat kita banyak belajar dan bersyukur. Dan jangan lupa untuk menolong sesama yang sedang membutuhkan bantuan kita. Selain itu, tentu jangan pernah putus doa kita agar situasi ini segera berlalu.

Stay Healthy and Stay Safe Everyone!

You Might Also Like

0 komentar

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN