MEMAKNAI TOLERANSI DITENGAH PERBEDAAN

Post a comment

 

Gimana sih cara memaknai toleransi ditengah perbedaan? Apalagi sekarang ini arus media, berita dan segala hal semakin lancer. Setiap detik orang-orang akan menerima segala informasi. Dan terkadang, bisa saja informasi itu mengundang perdebatan dikarenakan masing-masing orang memiliki isi kepala sendiri, pendapat sendiri. Dan tentunya akan ada yang berbeda pendapat.

Sebenarnya apa sih toleransi itu?

Ada menurut beberapa para ahli bahwa toleransi, secara bahasa berasal dari bahasa latin tolerance yang artinya menahan diri. Secara istilah, toleransi diartikan sebagai sebuah sikap untuk saling menghargai, menghormati, membiarkan pendapat, pandangan, kepercayaan kepada antar sesama manusia yang bertentangan dengan diri sendiri. Lalu, toleransi juga dimaknai sebagai kemampuan setiap orang untuk bersabar dan menahan diri dari hal-hal yang tidak sejalan dengannya atau berbeda.

Nah, menurut beberapa ahli sendiri kita sudah bisa menyimpulkan bahwa toleransi itu intinya saling menghargai pendapat orang lain jika berbeda dengan kita. Jadi, sudahkah kamu menghargai pendapat orang lain sekalipun itu bertentangan dengan pendapatmu?

Bagaimana memaknai Toleransi ditengah perbedaan

Misal nih ketika sama teman saja kita bisa saja berbeda pendapat, perihal pemilihan skincare misalnya. Nah, tak perlu dong kita mencak-mencak untuk memaksa teman kita menyukai skincare yang juga kita sukai. Logikanya, apa yang menjadi pilihan kita belum tentu akan menjadi pilihan orang lain. Begitu pun sebaliknya, ada baiknya ketika kita tak mau dipaksa tentu kita juga tak harus memaksakan orang lain.

Karena, tanpa adanya toleransi maka ddikhawatirkan kita akan hidup dengan penuh pertengkaran. Bayangin aja, kalau dua orang saja saling cek-cok hanya karena perbedaan pendapat ya dikalikan sama penduduk bumi ini.

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a comment