5 HAL SEDERHANA INI BISA MEMBUAT BAHAGIA

3:04:00 AM


Hal apa sih yang membuat kalian bahagia? Bahagia itu tidak selalu hal tentang materi loh, tergantung bagaimana cara kita memaknai tentang kebahagiaan itu sendiri. Dan bagaimana cara kalian membuat diri sendiri bahagia, pasti kalian sering mendengar “bahagia itu kita yang menciptakan, bukan orang lain”. Menurut aku sih kalimat itu emang ada benarnya, terkadag kita tidak bisa menjadikan tolak ukur kebahagiaan kita sendiri kepada orang lain. Ketika kita bisa menghargai diri kita sendiri, kita akan berbahagia.

 

Apakah kebahagiaan itu selalu membicarakan tentang hal-hal istimewa, tentu saja tidak. Kebahagiaan akan hal sederhana pun bisa kita ciptakan sendiri. Melihat orang-orang terdekat bisa tersenyum itu juga suatu bentuk kebahagiaan, meski terkadang kita tidak pernah tau apa-apa bagaimana hidup yang sebenarnya. Memang kebahagiaan itu tergantung persepsi diri masing-masing.

Ternyata hal-hal sederhana bisa loh membuat kita bahagia, bahkan hal-hal sederhana itulah yang membuat kita masih punya rasa syukur. Nah, inilah beberapa hal-hal sederhana yang membuat aku bahagia

Berkumpul dengan keluarga 

 
Keluarga itu memang paling utama ya, siapa yang gak sedih kalau jauh dari keluarga. Apalagi sekarang aku masih jadi anak perantauan. Jauh dari orang tua, jauh dari kaka, terkadang berkumpul sama mereka sudah menjadi kebahagiaan sederhana yang selalu aku nantikan saat jauh dari mereka. Meskipun sekarang jarang banget ngumpul, tapi aku sudah bahagia melihat mereka baik-baik saja dan memastikan keadaan mereka sehat-sehat saja.

Ketika mendengar suara mereka ditelpon pun aku sudah sangat bahagia, mesipun jauh dari mereka aku sering kok telponan sama mereka. Setidaknya rasa rindu ini masih bisa tersampaikan meski tidak bertemu :’)

Menyelesaikan pekerjaan sesuai to do list 

Aku ini anaknya penuh perencanaa, termasuk masa depan hahahha. Jadi, aku paling senang membuat to do list, tapi aku paling benci ketika to do list yang aku bikin gak sesuai. Ada yang gak berhasil aku lakukan, seketika aku berasa jadi gagal pada hari itu. Terkadang gagal to do list itu yak arena ada satu dan lain hal. Misal aku hari ini sudah berencana untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumahku, tiba-tiba ada teman minta tolong bantu sesuatu hal otomatis pekerjaan yang harus aku selesaikan itu tertunda. Siapa yang salah? Aku sih yang salah terkadang karena aku ini emang “gak enakan” kalau menolak sesuatu hal apalagi yang berhubungan sama yang Namanya keluar rumah. Terkadang bingung juga sih, antara sukanya di rumah atau jalan-jalan. Dibilang suka di rumah, ya suka banget tapi kalau diajak jalan aku gak bisa nolak. Hahaha

Nah, jadi aku paling bahagia ketika to do list yang aku buat bisa aku selesaikan. Pokoknya aku akan merasa menjadi orang sukses hari itu, sukses menyelesaikan to do list yang aku buat sendiri. Menurutku sih itu suatu hal yang membuat aku lebih menghargai janji kepada diri sendiri.

Dapat Email Kerjasama 

Buka email terus ada subjek email yang tulisannya “penawaran kerjasama”. Wah siapa sih gak senang? Pasti ini semua blogger senang kali. Apalagi aku ini sebagai mahasiswi akhir yang sangat bosan menunggu konfirmasi dosen, menunggu urusan-urusan yang membuatku sangat-sangat bosan. Jadi aku membutuhkan sesuatu hal agar aku bisa sibuk, tetap ya aku anaknya suka sama kesibukan. Kalau gak sibuk aku bisa mikirin hal yang gak penting, dan itu bakalan membuat mood swing.

Sebenarnya sih gak harus ada penawaran kerjasama aku juga bisa kok produktif, tapi kalau sibuknya bisa menghasilkan pundi pundi rupiah sih siapa yang mau nolak yakannn?

Melakukan Hal Tanpa Tergesa-Gesa 

Melakukan hal tergesa-gesa itu gak enak sih menurutku, misal nih ya waktu dulu aku masih di organisasi A dn organisasi B di kampus. Setiap aku bangun pagi, boro boro mau buka jendela kamar untuk sekedar menyeduh teh hangat dipagi hari saja tidak sempat. Setiap pagi aku sudah diteror ke sekre kampus buat urusan ini dan itu. Saat aku bisa santai di rumah setiap pagi, aku senang banget.

Nah, sekarang sih alhamdulillah setelah menjadi mahasiswi semester akhir dan udah bebas dari Namanya organisasi aku bisa melakukan hal santai setiap pagi di rumah. Sempat sarapan, sempat masak, sempat buka jendela dipagi hari. Entah kenapa kalau aku sempat buka jendela dipagi hari itu artinya aku bisa melakukan hal pada hari itu tanpa tergesa-gesa. Sesederhana itu aku bisa bahagia, eaaa.

Menjadi “Moodbooster” Orang Lain 

Aku ini tipikal orang yang suka mendengarkan cerita orang lain makanya aku pengen kuliah di psikolog gitu dulu. Kata temanku sih aku pendengar yang baik, kata temanku loh ya bukan aku yang ngomong hahaha. Emang sih aku paling senang mendengarkan curhatan teman-teman atau siapapun yang merasa “kurang beruntung” atau mereka yang merasa hidupnya sangat-sangat melelahkan. Karena, ketika aku bisa mendengarkan curhatan mereka terkadang aku bisa mbelajar dari cerita mereka.

Meskipun namanya kebahagiaan itu kita yang menciptakan sendiri, tapi terkadang saat ada orang sedih terus cerita ke orang lain bisa jadi orang yang mendengarkan itu udah jadi moodbooster banget buat yang sedih barusan. Memang bahagia sesimpel itu, apalagi kalau yang curhat bilang “Duh, terima kasih ya udah dengerin aku. Kamu udah jadi moodbooster banget, denger nasihat kamu aku jadi tambah semangat nih”. Sesimpel itu, meskipun kita gak bisa membuat masalah dia selesai secara 100% setidaknya kita udah menumbuhkan bibit semangat dihidupnya sekian persen.

Nah, itulah beberapa hal sederhana yang bisa membuatku bahagia. Terkadang sesuatu hal sederhana yang kita syukuri itu emang lebih penting dibandingkan sesuatu hal yang “Wah”. Jika ita merasa bahagia untuk hal-hal kecil, pasti kita akan merasa lebih bersyukur. Kalau kalian apa sih hal ssederhana yang bisa membuat bahagia? Boleh dong dibagiin di kolom komentar biar kita bisa berbagi kebahagiaan. 

You Might Also Like

16 komentar

  1. "Misal aku hari ini sudah berencana untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumahku, tiba-tiba ada teman minta tolong bantu sesuatu hal otomatis pekerjaan yang harus aku selesaikan itu tertunda. Siapa yang salah?"

    Ini juga saya banget, saya pernah manyun seharian sama suami gara-gara to do list saya gagal, padahal saya yang salah sih, wkwkwk. Saya juga orangnya ga enakan, jadi galau juga kalau ada hal-hal yang mengganggu to do list, tapi tak bisa saya tolak. Jadi serba salah. Dan akhirnya jadi manyun sendiri, hahaha.

    ReplyDelete
  2. Point pertama alias kumpul bareng keluarga itu nggak ternilai harganya. Lihat senyuman anggota keluarga bagai disiram air yang menyejukkan. Dengan catatan pas ngumpul gagdet disimpen dulu.

    ReplyDelete
  3. Kok hal yang membuat kita bahagia sama ya fat?? Apalgi yg penawaran kerjasama itu wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Kumpul keluarga emang bisa bikin bahagia bangettt

    ReplyDelete
  5. Menjadi moodboster bagi org lain bagiku membanggakan. Tp nggak enaknya kl orang yg merasa terboster oleh kita justru malah ketergantungan & manja...

    ReplyDelete
  6. Melakukan sesuatu tanpa di buru2 menurutku kebahagiaan yang hqq banget lah. Jarang soalnya dapat moment begitu. Hahaha

    ReplyDelete
  7. Berkumpuo dg keluarga it sih bnr2 point utama tp kdg lupa disyukuri. Hihi. Kdg kalo mengingat yg lain dimana keluarganya terpisah2 dst ak mrs bersyukur..

    ReplyDelete
  8. Wah kalo aku mah dapat email nih, seneng banget yaa hhi.
    Qtime keluarga juga wajib banget dan bisa bikin bahagia

    ReplyDelete
  9. Ketika anak-anak sudah gedhe, berkumpul lengkap itu susah. Jadi ketika bisa berkumpul bersama rasanya itu luar biasa, bahagia banget. Pengennya tiap hari begitu.

    ReplyDelete
  10. Fatimah, ini tuh ya poin satunya aja udah nyelekit buatku yang lagi menjalani LDM. Beneran deh, yang namanya kumpul keluarga itu hal yang bikin bahagia jadi maksimal.

    ReplyDelete
  11. Eh yg nomer satu sama banget kaya aku mbak hehe.
    Ku juga bahagia banget kalo dapet GIVEAWAY wkwk
    Eh, dapet chat dr gebetan juga sih

    ReplyDelete
  12. De, ini tempalte baru atau gimana? Kok baru liat ya aku dan aku suka.. lebih fresh. Oh ya, totally, aku setuju sih sama statement km di atas. Tapi, yang no 1, kadang aku stres juga karena ditanya kapan nikah, kadang ada perbandingan-perbandingan, hehe. But mostly, itu bahagia sih. lebih bahagia lagi kalau nggak ada pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan. Haha

    ReplyDelete
  13. Yg dapat email kerja sama itu bener banget. Sebete2nya hari itu, kalo dapet email kerja sama, pasti langsung semringah hahaha

    ReplyDelete
  14. No.2 itu bujur banar. Asli kalau kada selsesai kada bisa bahagia. Wkwkk

    ReplyDelete
  15. Kumpul keluarga itu bakalan seru kalau ga ada keluarga yg julid tp biasanya banyak banget yg julid, bikin males. Kecuali keluarga kecil sih.

    ReplyDelete
  16. Menjadi moodbooster bagi orang lain itu memang bnr2 membahagiakan. Fatimah kayaknya tipe yg begini.

    ReplyDelete

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN