ULM KAMPUS PILIHANKU SEMAKIN TERKEMUKA DAN BERDAYA SAING

7:47:00 PM


Assalamualaikum...
 
Masih teringat dulu pada beberapa tahun yang lalu aku bingung dalam menentukan pilihan ingin melanjutkan kuliah kemana. Awalnya aku sempat ingin melanjutkan kuliah di luar pulau Kalimantan. Tapi, rasanya untuk merantau jauh dari orang tua harus dipikirkan ulang beberapa kali. Hingga akhirnya waktu pendaftaran SNMPTN tiba. Aku menjatuhkan pilihan melanjutkan kuliah di Universitas Lambung Mangkurat. Ini salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbesar di Kalimantan Selatan. Adapun pilihan jurusan pertama yaitu Teknik Lingkungan dan pilihan kedua Agroekoteknologi. Sempat tidak terlalu banyak berharap pada seleksi SNMPTN ini karena aku sadar pesaingnya memang banyak. Tapi, pada saat pengumuman SNMPTN aku menjadi orang yang beruntung karena aku lolos dipilihan pertamaku yaitu Teknik Lingkungan pada jalur SNMPTN. 



Hingga akhirnya seiring waktu berjalan,aku menikmati masa-masa menjadi mahasiswi di salah satu PTN terbesar di Kalimantan Selatan yaitu Universitas Lambung Mangkurat yang dulunya dikenal dengan singkatan UNLAM, tetapi sekarang singkatannya sudah diresmikan menjadi ULM. Mungkin sebagian dari kalian masih belum mengenal tentang PTN yang ada di Kalimantan Selatan ini. Baiklah ijinkan aku untuk mengenalkan kepada kalian tentang ULM kampus pilihanku ini.

Pengenalan Tentang Universitas Lambung Mangkurat (ULM)

Bagaimana sejarah berdirinya Universitas Lambung Mangkurat (ULM)?

Gerbang ULM (Source: www.kanalkalimantan.com)

 

Universitas Lambung Mangkurat resmi didirikan pada tanggal 21 September 1958 pada saat itu yang menjadi Rektor pertamanya adalah Letnan Kolonel Hasan Basry dan wakilnya adalah Drs. Asful Anwar. Diawal berdirinya Universitas Lambung Mangkurat ini hanya terdiri dari 4(empat) Fakultas, yaitu fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sosial dan Politik, dan  Fakultas Islamologi. Hingga akhirnya pada tanggal 1 November 1960 Universitas Lambung Mangkurat diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Pada saat itu Fakultas Islamologi diserahkan kepada Fakultas Syariah  IAIN Yogyakarta dan ditambahkan Fakultas Pertanian.

Awal berdirinya Universitas Lambung Mangkurat hanya terdapat di Banjarmasin (Kalimantan Selatan) , hingga  pada tahun 1960 dibangun lagi empat unit Gedung perkuiahan di Banjarbaru (Kalimantan Selatan). Hingga sampai saat ini Fakultas yang ada di Universitas Lambung Mangkurat terdiri dari 11 Fakultas. 

Dulu Universitas Lambung Mangkurat dikenal dengan singkatan UNLAM tetapi sejak 3 April 2018 resmi menjadi ULM. Rencana perubahan singkatan ini sudah ada sejak 22 April 2016 lalu. Alasan perubahan  akronim ini  terkait dengan branding Universitas dan diyakini dapat menjadikan ULM lebih dikenal dan kedepannya akan membuat ULM semakin terkemuka dan berdaya saing.

Sampai saat ini ULM pun semakin berkembang dan tepat pada 19 Maret 2019 yang lalu akhirnya ULM resmi menyandang akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) hingga 19 Maret 2024.
 
Profil ULM (source: humas ULM)

Apa Saja Visi & Misi Universitas Lambung Mangkurat (ULM)?


 

Fakultas apa saja yang ada di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ?

Saat ini Fakultas yang ada di ULM terdiri dari 11 Fakultas, dan terletak di 2 tempat yaitu Banjarmasin dan Banjarbaru yaitu:
1.


1. Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan



2. Fakultas Ekonomi & Bisnis


 

3. Fakultas  Hukum


 

4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik


 

5. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam


 

6. Fakultas Perikanan & Kelautan


7. Fakultas  Kehutanan


8. Fakultas  Pertanian


9. Fakultas  Teknik


 

10. Fakultas  Kedokteran


 

11. Fakultas  Kedokteran Gigi


 

Fasilitas apa saja sih yang bisa dinikmati di ULM?

Universitas Lambung Mangkurat tentunya tidak berbeda degan universitas lainnya yang punya banyak fasilitas, diantaranya yaitu:






Nah, sudah cukup mengenal Universitas Lambung Mangkurat? Eits, ternyata masih banyak fakta menarik seputar Universitas Lambung Mangkurat (ULM ) ini. Yuk disimak dulu!

Fakta Menarik tentang Unversitas Lambung Mangkurat (ULM)

ULM Berfokus Pada Lahan Basah

Lahan Basah (source : www.kumparan.com)
Berdasarkan visi dan misi ULM, ULM ingin menjadi universitas terkemuka dan berdaya saing di bidang lingkungan lahan basah. Karena, mengingat wilayah Kalimantan Selatan merupakan dataran rendah yang tergenang pada musim hujan karena luapan air sungai. Sehingga, visi misi ULM bertekad untuk menjadi universitas yang unggul di bidang lingkungan lahan basah. 

Maka tidak heran jika selama ini seminar-seminar yang diadakan oleh ULM selalu berkaitan dengan lahan basah.  Harapannya dengan berfokusnya ULM sebagai universitas yang concern pada lahan basah dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan pihak terkait tentang potensi-potensi lahan basah yang ada di Kalimantan Selatan ini khususnya agar semakin dimanfaatkan secara bijak. 

ULM Sudah memiliki Akreditasi A

Bagi mahasiswa atau alumni ULM patut bangga karena sejak 19 Maret 2019 kemarin ULM resmi ditetapkan oleh BAN-PT akreditasinya A. Nah, tentunya ini sebuah batu loncatan untuk ULM semakin meningkat menjadi ULM terkemuka dan berdaya saing dalam hal apapun. Tidak hanya universitasnya saja, bahkan untuk program studi yang ada di ULM sudah banyak yang memiliki akreditasi A.

ULM Merupakan Universitas Terbaik di Kalimantan

Sudah tahukan kalian tentang ini? Nah, menurut berbagai sumber Universitas Lambung Mangkurat ini merupakan universitas terbaik di Kalimantan. Apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan segala aspek di ULM ini akan semakin membuat ULM dapat melaju menjadi ULM terkemuka dan berdaya saing baik dalam hal akademik maupun non akademik.

ULM Memiliki 49 Orang Guru Besar

Pengukuhan Guru Besar (source : ulm.ac.id)
Pada tahun 2019 ini ULM resmi memiliki 49 orang guru besar, tentunya dengan banyaknya para civitas akademik yang memiliki gelar professor akan semakin meningkatkan kualitas akademik mahasiswa di ULM. Bahkan, menurut Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si.,M.Sc dalam 4 tahun kedepan jumlah guru besar di ULM bisa menembus angka 100 orang. Tentunya dengan berbagai program yang semakin ditingkatkan oleh ULM ini akan memperbanyak jumlah guru besar.

ULM TERKEMUKA DAN BERDAYA SAING

Tidak hanya itu, semakin kesini semakin yakin ULM mampu menjadi ULM terkemuka dan berdaya saing. Karena, sejak akronimnya menjadi ULM Bapak Sutarto Hadi sebagai Rektor ULM dan segenap civitas akademik yang ada di ULM semakin meningkatkan sarana maupun prasarananya diantara yaitu:

ULM Bersiap Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Seminar Industri 4.0 ULM (source: ulm.ac.id)

 

Sekarang perkembangan zaman sudah semakin pesat, bahkan akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan tentang industri 4.0. Nah, begitu pun dengan ULM yang terus semakin meningkatkan kualitasnya juga tidak mau ketinggalan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Berbagai macam kegiatan dilakukan diantaranya yaitu seminar ataupun konferensi  yang bertujuan agar mahasiswa ULM siap menghadapi era industri 4.0. Tidak hanya mahasiswa saja, bahkan para civitas akademik dituntut untuk siap menghadapi era industri 4.0 salah satunya adalah dengan pengajaran melalui daring seperti perkuliahan E-Learning.

Harapannya dengan kesiapan ULM untuk menghadapi era industri 4.0 ini sangat berperan penting untuk semakin membuat ULM terkemuka dan berdaya saing yang menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang inovatif, kreatif, informatif serta siap menghadapi tantangan di era industri 4.0 ini.

Gedung Baru Semakin MeningkatkanMutu ULM 

Peresmian Gedung Baru ULM (source: ulm.ac.id)

Pada bulan Maret 2019 lalu diresmikan 12 gedung baru di ULM. Tentunya dengan adanya gedung baru ini akan semakin meningkatkan mutu dan kualitas ULM. Gedung baru yang terdiri dari 12 bangunan ini juga memiliki desain yang unik dengan warna kuningnya yang ditonjolkan menyamai almameter ULM. Dengan adanya gedung baru ini, tentunya ULM tak kalah dengan universitas di pulau jawa.


General Building Lecture Theater ULM (Source : beritabanjarmasin.com)

General Building Library ULM (source: www.beritabanjarmasin.com)

Auditorium & Spot Center ULM (Source: mining.ft.ul.ac.id)

ULM KAMPUS PILIHANKU, GO INTERNATIONAL!

Sebagai seorang mahasiswa di ULM selama beberapa tahun ini, menurut aku ULM tidak hanya mampu menjadi ULM terkemuka dan berdaya saing, tetapi berpotensi untuk Go International. Dari berbagai persiapan serta hal yang dilakukan selama ini ULM Go International tentu semakin nyata. Karena apa? 

ULM Telah Banyak Bekerjasama dengan Luar Negeri

Program Summer Course ULM (source : ulm.ac.id)
Tidak hanya meningkatkan sarana maupun prasarana, tetapi ULM sudah bekerjasama dengan negara-negara lain diluar sana. Diantaraya yaitu: Malaysia, Jepang, Korea, dan Taiwan. Kerjasama dengan luar negeri ini tentunya akan semakin membuat ULM Go International.  Salah satu kerjasama ULM di International ini adalah dengan adanya program Summer Course, program ini biasanya pesertanya dari luar negeri.

ULM menuju World Class University

Untuk mewujudkan ULM Go International tentu harus dengan usaha yang keras, nah salah satunya adalah usaha ULM di World Class University ini dengan cara meningkatkan para dosen untuk aktif menulis jurnal international. Dengan banyaknya dosen yang aktif menulis jurnal international maka ULM akan semakin dikenal oleh dunia.

ULM Memiliki Program Go International

Program Sea Teacher ULM (source : ulm.ac.id)
ULM juga memiliki program yang Namanya Sea Techer project, ini adalah sebuah program yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar di negara Thailand dan Philipina. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari universitas yang ada di Asia Tenggara untuk memiliki pengalaman praktikum mengajar di sekolah-sekolah di negara lain. Dengan adanya program ini tentu mahasiswa ULM yang mengikuti program ini bisa mendapatkan pengalaman yang bisa diterapkan pada saat menjadi tenaga pendidik setelah lulus nantinya. Selain itu, ULM juga aktif mengikuti event yang berskala international sepeti PSU Higher Education Fair Thailand.

Dengan berbagai program ULM yang sudah ada tentunya harapan  untuk menjadikan ULM Go International semakin nyata. Hanya saja perlu usaha keras, karena untuk mencapai peringkat international harus bersaing dengan berbagai universitas di luar sana.

***
Sebagai seorang mahasiswa yang menghabiskan masa perkuliahan di ULM ini aku sangat bangga sekali melihat perkembangannya semakin pesat dari waktu ke waktu. Rasanya setelah melihat dan merasakan sendiri bagaimana ULM semakin meningkat dari segi pelayanan, akademik, sampai dengan pembangunan yang tahun ini sudah ada 12 bangunan baru. Menurutku ULM layak untuk menjadi ULM terkemuka dan berdaya saing serta untuk menembus ranah international pun tentu sesuatu hal yang mungkin.

Dan, ternyata tidak hanya memberikan fasilitas bagi para mahasiswa maupun civitas akademik, bahkan ULM juga memiliki Career Development Center atau biasa disebut CDC. Program yang diadakan oleh CDC ini juga sangat menarik mulai dari pelatihan skill yang bertujuan agar nantinya lulusan ULM siap bersaing dengan pasar kerja. Selain itu, CDC ini juga memberikan info-info terkait mengenai lowongan kerja. Keren? Tentu, semakin membuat aku bangga menjadi bagian dari ULM ini.
Jika dulu banyak orang-orang berpikir untuk mengambil kuliah di luar pulau Kalimantan. Setelah melihat perkembangan ULM yang semakin ditingkatkan seperti ini rasanya pikiran itu harus dibuang jauh-jauh. ULM sekarang sudah semakin keren, tentunya tidak kalah dengan universitas yang ada di luar sana. Semoga kedepannya ULM akan melahirkan alumni-alumni yang mampu bersaing di ranah nasional maupun internasional.

Tentunya, untuk membuat ULM semakin terkemuka dan berdaya saing serta menuju ULM Go internasional harus diimbangi peran serta partisipasi semua warga yang ada di ULM. Mulai dari civitas akademik sampai dengan seluruh mahasiswa. Tidak hanya berkontribusi untuk ULM, tentunya ULM akan melahirkan lulusan terbaik yang siap berkontribusi untuk negeri ini.

Untuk itu, ULM akan semakin mampu meningkatkan kualitasnya jika beberapa tahun ke depan seluruh elemen yang ada di lingkungan ULM terus memperbaiki kualitasnya, mempertahankan kualitasnya, serta meningkatkan kualitasnya.







Sumber:

You Might Also Like

14 komentar

  1. Masya Alloh, beda banget sama 7 tahun yang lalu. Berprogress sekali kampusku. Jadi mau kuliah lagiii, huhuhu. Bangunannya bertambah semoga makin berdaya guna. Masya Alloh, di luar ekspektasi progressnya

    ReplyDelete
  2. Nggak nyesel deh kuliah di ulm. Semogga dengan akreditasi A ini para alumni semakin bisa membangun banua agar semakin maju.

    ReplyDelete
  3. Gedung perpustakaannya keren bangetttt, kayaknya bakal jadi salah satu tempat favorite mahasiswa neh. Koleksi bukunya gimana Kak? Berapa ribu?

    ReplyDelete
  4. Keren nih kalau aku ke lampung kapan-kapan aja aku keliling ULM ya kak hehe terutama librarynya :3

    ReplyDelete
  5. Gerbang masuknya berkarakter sekali, ya, dan terlihat tuanya. Saya suka yang tua-tua gitu. Begitu menelusuri gedung-gedung fakultas dan penunjang lainnya, malah tampak sangat modern.
    Semoga fokus ULM yang ingin memfokuskan pada studi lahan basah di sana, membuat kampus berhasil memberdayakan seluruh elemen masyarakat di sana. Aamiin.

    ReplyDelete
  6. Jurusan di ULM banyak, jadi bisa pilih sesuai minat dan passion kita. Aku dulu gak kuliah di daerahku karena jurusannya gak kuminati. Sekarang sih sudah beragam. ULM juga kelihatan modern ya, fasilitasnya lumayan lengkap

    ReplyDelete
  7. Fasilitasnya lengkap banget, kak.
    Aku kesana lumayan jauh, karna di pulau jawa.
    Tapi kalau untuk ilmu, dikejar sampai kemanapun hajar terus iya kak.

    ReplyDelete
  8. Kebayang kalau ibu kota negara pindah ke Kalimantan, kampus ini pasti tambah jadi incaran ya Kak.
    Secara fasilitasnya sudah lengkap dan modern

    ReplyDelete
  9. Pas nama perguruan tingginya disebut kayak gak asing. Kayak pernah tau dari siapaaaa gitu. Sampe akhirnya inget... Oh ternyata punya mantan yang kuliahnya di sana ehehehe

    ReplyDelete
  10. Sebagai warga banjar, aku bangga banget loh punya ULM disini karena akreditasi A. Semoga semua doa dan garapan baik untuk ULM terwujud

    ReplyDelete
  11. Wisma itu maksudnya asrama ya??
    apa ada syarat khusus untuk mahasiswa jika mau menempati wisma tersebut??

    Langsung notice juga sama pusat studi koreanya!!
    ada oppa-oppa yang diimport langsung dari Koriya juga kah?

    ReplyDelete
  12. Dulu pernah ke universitas lambung mangkurat untuk ikutan tes beasiswa ke belanda. Universitasnya lumayan luas dan bagus juga

    ReplyDelete
  13. Jadi kampus ini lebih dikenal dengan singkatan UNLAM atau ULM nih kak?

    Aku kepo itu sama fasilitas Pusat studi Korea kaya apa. Semoga next posting ada detail informasinya ya ☺

    ReplyDelete
  14. ULM sepertinya universitasnya cukup bagus juga ya kak disana dan apalagi fasilitasnya cukup lengkap cocok banget deh paket lengkap ditambah ada wisma khususnya juga lagi

    ReplyDelete

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN