APA ITU COVID-19?

10:59:00 PM


Hallo, gimana kabarnya hari ini? Sehatkan? Dimasa sekarang ini saat sedang ramainya virus pandemic Covid-19 diperbincangkan rasanya kesehatan semakin menjadi hal utama. Benar nggak? Betapa terkejutnya saat berita tentang Covid-19 semakin merebak. Mulai dari social media hingga televise isi beritanya tentang Covid-19 semua.

Masih ingat dulu awal-awal tentang virus Covid-19 ini merebak di Wuhan, Cina. Tentunya pada saat membaca berita itu berharap virusnya tidak sampai ke Indonesia. Tetapi, ternyata keadaan justru tidak sesuai harapan kita. Ketika virus pandemic Covid-19 ini berangsur puih di Wuhan. Ternyata pada akhirnya giliran kita, di Negara Indonesia. Tidak hanya Indonesia tetapi negara lain pun dibuat kelimpungan setelah dikabarkan adanya pasien positif dengan virus ini.

Nah, mungkin beberapa dari kalian sudah familiar dengan virus Covid-19 ini. Tetapi, tidak ada salahnya aku juga ingin berbagi pengetahuan mengenai Virus Covid-19 ini. Yuk disimak dulu!

Apa Itu Covid-19?

Coronavirus itu adalah kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan ataupun manusia.Pernah dengar tentang MERS ataupun SARSkan? Yang virusnya juga terkenal pada tahun…. Nah, Coronavirus ini bisa menyebabkan infeksi pada saluran nafas manusia guys biasanya itu mulai dari batuk pilek atau kalau yang paling parah sih seperti Pneumonia, MERS, dan SARS. Nah coronavirus sama nggak sih dengan Covid-19?

Jadi, Coronavirus yang jenis baru ditemukan ini menyebabkam Covid-19. Covid-19 merupakan virus baru saja. Jadi Virus Covid-19 ini penularannya emang dianggap cepat banget.Meskipun terlihat sepele, tetapi covid-19 ini sangat beresiko loh. Apalagi kalau penderitanya itu sudah lanjut usia, sedang hamil, atau bahkan memiliki penyakit tertentu seperti perokok, daya tahan tubuhnya lemah, dan juga penderita kanker.

Gimana Sih Penularan Covid-19 ini?

Ada beberapa hal yang mengakibatkan seseorang bisa tertular penyakit Covid-19 ini, yaitu:

Jadi kronologisnya seperti ini, misal nih ya ada penderita Covid-19 kemudian dia bersin, nah pada saat bersin ternyata percikan ludah/bersinnya menempel di benda dan kemudian bendanya dipegang oleh orang yang tidak tau apa-apa. Ini namanya penularan melalui Droplet (ludah). Kemudian, yang tidak tau apa-apa tadi tidak mencuci tangan terlebih dahulu lalu dia memegang mulut atau hidungnya. Otomatis virusnyakan bersemayam, kemudian dia masuk ke pernafasan melalui hidung ataupun mulut yang tersentuh tadi. selain itu, kontak jarak dekat dengan penderita Covid-19 juga bisa menyebabkan tertular guys. Makanya kita di anjurkan untuk Social Distancingkan?


Apa Gejala Jika Terkena Virus Covid-19

Sebenarnya untuk mengetahui terkena virus Covid-19 ini rada susah sih guys, beda tipislah ya kek nebak-nebak kode cewek. Hahaha. Karena, terkadang ada pasien yang terkena Covid-19 ini tanpa gejala, oke aku ulang ya tanpa gejala. Ngeri bangetkan? Nggak ada angin nggak ada ujan eh tiba-tiba badai. Enggak ada sakit apa-apa eh kena Covid-19. Nggak maukan kek gitu?

Tetapi, kalau pasien Covid yang memiliki gejala juga ada nih diantaranya rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Nah, untuk gejala ini pun nggak timbul serta-merta guys, prosesnya bertahap. Kalau sampai parahnya sih pasien Covid-19 ini sampai kesusahan saat bernafas.

Oh iya pada saat bermunculan gejala ini kemarin aku sempat parno banget tau nggak. Waktu itu kebetulan aku lagi sakit tenggorokan. Duh kek udah nggak bisa berpositif thinking lagi deh sampai mengira “duh jangan-jangan aku kena Covid-19 nih. Ya ampun masih muda Ya Allah aku belum membahagiakan orang tua” kataku dalam hati sih. Tapi, untungnya kemarin sembuh sih sakit tenggorokannya. Sepertinya faktor kebanyakan makan yang berminyak guys, Hahaha.

Nah, segitu dulu ya pembahasan tentang Covid-19 ini. Pokoknya jangan lupa untuk selalu cuci tangan ya guys dan usahakan untuk menerapkan perilaku hidup sehat. Oke!

You Might Also Like

0 komentar

BLOGGER PEREMPUAN NETWORK

BLOGGER PEREMPUAN NETWORK

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN