WANITA DAN DUNIA POLITIK

Post a comment

 


 Apa sih yang ada dipikiran kalian ketika mendengar kata “politik”? Pasti ada banyak berbagai macam persepsi jika mendengar kata politik. Menurut aku sendiri ketika mendengar kata politik itu adalah ribet. Serius, menurut aku politik itu ribet. Terkadang bahkan susah dimengerti. 

 

Itulah alasannya beberapa tahun yang lalu, aku sangat menghindari pemberitaan politik ataupun membicarakannya. Pernah mikir juga sih “Ngapain sih mikirin politik hidup kita aja ribet.” Sedangkal itu sih dulu mikirnya, tapi Alhamdulillah sekarang sudah mulai tertarik sama pembicaraan politik ataupun pemberitaannya.

Selain itu, kalau dilihat-lihat dunia politik itu sifatnya dinamis bisa berubah sepanjang waktu. Misal ada tokoh si A yang dulunya benci banget sama B, tapi beberapa tahun kemudian mereka malah bersatu maju dalam dunia politik. Terkadang mikirnya kok aneh ya kayak gitu.

Tapi emang pada dasarnya, ternyata manusia ini hidup juga udah menggunakan prinsip politik yang dinamis loh. Contoh kecilnya, misal ketika beberapa tahun yang lalu kita benci banget sama orang. Dan siapa sangka ternyata beberapa tahun kemudia justru malah temenan dan justru akrab, begitupun sebaliknya. Ternyata, emang dinamis perpindahan dari waktu kewaktu ini nggak bisa dipungkiri. Kuncinya sih kalau dalam dunia politik, kita boleh menyukai calon wakil rakyat yang akan maju tetapi ambil yang baiknya dan kalaupun benci sama wakil rakyat, ya seperlunya saja. Karena, kita nggak pernah tau justru dari waktu ke waktu mereka bakal berubah dan justru malah berpasangan dengan calon wakil rakyat yang kita sukai.

 

Beruntung sih aku dipertemukan sama pasangan yang bahkan bisa dikatakan dia senang membicarakan politik dan menurut aku pengetahuannya juga bagus tentang politik. Jadi, dulu waktu belum nikah sering cerita tuh telponan sampai akhirnya mengarah ke politik. Jujur, dulu aku benci banget sama apapun yang berhubungan sama politik. Tapi, karena dia ceritanya perlahan sampai akhirnya aku ngerti. Awal-awal sih berasa “Kok pengetahuan tentang politik yang aku punya sedikit banget ya?”Tapi, malah jadi bikin semangat “Wah aku kayaknya harus banyak belajar pengetahuan politik nih.”

 

 

Nggak nyangka juga sih bisa berubah haluan menjadi tertarik untuk membicarakan politik, meski terkadang kalau lagi dengerin pembicaraan politik sama orang atau dia masih banyak “manggung-manggut doang atau oh gitu ya”. Udah pahamlah ya sedikit-sedikit.

 

Terkadang karena kebawa pemikiran kalau politik kayaknya lebih dominan laki-laki deh. Eits, ternyata itu pemikiran yang salah sih. Sebenarnya banyak alasan mengapa penting banget bagi wanita untuk ikut andil mengetahui dunia politik?

Untuk menambah pengetahuan

Jika tidak tertarik untuk terjun ke dunia politik, tetapi menurut aku setidaknya perempuan punya pengetahuan di bidang politik. Akan menjadi bekal ketika ia berperan sebagai pemiih wakil rakyat. Untuk memilih wakil rakyat tentu kita harus mengetahui seluk belum si calon di dunia perpolitikan. Nah, bayangin aja kalau kita nggak tau apa-apa tentang ppolitik. Takutnya malah membuat kita memilih wakil rakyat seperti memilih kucing dalam karung.

 

Tentunya nggak maukan seperti itu? Nah, kalau kita sebagai wanita melek sama politik nggak ada salahnya kan? Malah jadi pengetahuan lebih dan tentunya menjadi bekal pada saat kita mau memilih calon wakil rakyat.

Wanita juga punya hak memilih

Bayangin jika kita nggak punya pengetahuan sama sekali? Sedangkan kita sebagai wanita punya hak untuk memilih wakil rakyat. Bahkan, mayoritas penduduk pun terkadang lebih banyak perempuan loh disbanding laki-laki. Artinya, dalam pemilihan wakil rakyat  wanita punya andil besar.

 

Menyampaikan aspirasi

Mengapa sih dalam dunia perpolitikan harus ada wanita? Karena, terkadang sifat wanita dan laki-laki berbeda dalam pengambilan keputusan. Tentunya, dengan adanya kedudukan wanita dalam dunia perpolitikan juga bisa menyampaikan aspirasinya sebagai perempuan. Bayangin aja kalau peraturan-peraturan yang dibuat tanpa melibatkan wanita. Pasti ada kalanya akan membuat peraturan itu tidak bisa diterima dong, yak arena disatu sisi terkadang kepentingan wanita dan laki-laki pasti ada yang berbeda.

 

Nah, inilah beberapa alasan mengapa penting banget untuk wanita lebih melek politik. Tulisan ini diikutsertakan dalam FBB Kolaborasi. Semoga membuka pikiran kalian para wanita untuk sedikit demi sedikit lebih melek politik. Karena, penting banget untuk kita mengetahui tentang politik.

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a comment