BAGAIMANA PERKEMBANGAN VAKSIN UNTUK MENANGANI VIRUS CORONA

Post a comment

 

Tahun 2020 ini merupakan tahun yang berat, tidak Cuma berat bagi satu orang tetapi hampir seluruh lapisan masyarakat mengalaminya. Dari awal tahun kita semua sudah dihadapkan dengan virus corona yang membuat segala aspek terganggu. Mulai dari dibatasinya kegiatan di luar rumah yang menyebabkan aspek perekonomian masyarakat terganggu.

Beragam cara dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona yang terjadi. Mulai dari segala peraturan yang semaakin ketat agar masyarakat memenuhi segala protocol kesehatan apabila sedang beraktivitas di luar rumah. Meskipun begitu, ternyata masih banyak yang terinfeksi positif terkena virus corona ini. Tetapi, di penghujung tahun 2020 ini di Indonesia sendiri akhirnya mendapat kabar baik mengenaik vaksin untuk penyembuhan pasien yang positif terkena virus corona. Salah satu vaksin yang sedang di uji klinis di Indonesia sekarang adalah Vaksin Sinochem.

Apa itu vaksin Sinochem?

Vaksin Sinocem atau nama lainnya CoronaVax ini merupakan vaksin yang diproduksi oleh perusahaan bioteknologi di China. Vaksin ini sudah memasuki klinis fase III. Pada oktober kemarin, pemberian dosis pertama diberikan kepada 1620 sukarelawan dalam uji klinis fase III dan sudah selesai. Dan pada dosis kedua lebih dari 1.074 sukrelawan sudah mendapatkan vaksin Sinovac. Dalam pembuatan vaksin, uji klinik fase III ini dinamakan uji klinis kritis tahap akhir. Pada tahap ini, para ahli akan memberikan vaksin pada ribuan orang dan inilah tahap yang akan menentukan apakah vaksin ini bekerja dengan baik serta melindungi tubuh dari SARS-CoV-2.

Bagaimana Menentukan Vaksin Sinovac Ini bekerja Secara Efektif

Untuk menentukan Vaksin Sinovac ini berhasil atau tidak, maka setidaknya harus melindungi sebanyak 50 persen orang yang sudah divaksinasi sehingga dapat disimpulkan bahwa vaksin ini bekerja secara efektif. Selain itu, para ahli melihat apakah ada efek samping yang ditimbukan terhadap pasien yang diberikan vaksin.

Jika nanti uji klinis fase III rampung maka Vaksin Sinovac ini akan diberlakukan di Indonesia. Setelah uji fase III kemudian Bio Farma akan segera mengajukan hasilnya pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pengajuan ini bertujuan untuk mendapatkan izin terkait penggunaan darurat vaksin.

Apabila vaksin Sinovac telah tersedia di Indonesia maka lebih kurang 340 juta dosis atau 170 juta orang akan mendapatkan prioritas vaksin pada tahun 2021 nanti. Perkiraan, apabila 2 dosis vaksin per oraang maka ada 340 juta dosis vaksin yang akan tersedia. Tentunya vaksin ini akan diusahakan dapat menjangkau seluruh masyarakat di Indonesia.

Selain itu, vaksin ini akan diprioritaskan untuk kelompok tertentu. Misalnya para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan menghadapi pasian-pasien positif corona.

Berapa Biaya Untuk Vaksin Sinovac

Untuk harga vaksin sinovac ini belum bisa dipastikan, karena perlu bekerjasama untuk menentukan harga dengan lembaga-lembaga terkait. Semoga harga yang dipatok dapat dijangkau semua lapisan masyarakat dan Indonesia bebas dari virus ini ya guys!

Oh iya buat kamu yang mau tau info terupdate mengenai vaksin untuk menangani virus corona bisa pantengin aplkasi Halodoc. Selain dapat info tentang kesehatan, kamu juga busa langsung berkonsultasi dengan dokternya loh. Dokter yang ada di Halodoc bisa kamu hubungi kapanpun dan dimanapun.


 

Jadi, apa harapan kamu setelah vaksin ini ada guys? Pasti sudah pada kangen jalan-jalan dengan tenang keluar rumah tanpa perlu khawatir terkena virus corona kan? Eits, meskipun nanti di Indonesia sudah dinyatakan bebas dari virus corona tetap jaga kesehatan dan biasakan hidup bersih & sehat ya.

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a comment