PENYEBAB DAN CARA MENGATASI BIBIR KERING

Post a Comment
Konten [Tampil]

 Pernah nggak sih kamu mengalami kondisi di mana bibir terasa kering dan sampai pecah-pecah? Pasti rata-rata pernah merasakannya nih. Padahal saat bibir kering dan pecah-pecah itu jadi suatu hal yang mengganggu penampilan lho. Karena, kalau pakai lipcream terasa ada yang mengelupas gitu (Paham nggak si?). Nah, ternyata ada lho penyebab bibir kering yang sering terjadi. Yuk, cari tau penyebabnya apa saja?

Apa Penyebab Bibir Kering

1. Kurang Minum Air Putih

Seberapa sering kamu mendengar peringatan untuk selalu minum air putih yang cukup setiap hari? Pasti sering bangetkan? Nah, inilah gunanya air putih salah satunya agar kamu terhindar dari bibir kering lho. Lihat saja saat kamu kekurangan asupan cairan atau sedang mengalami dehidrasi maka bibirmu akan rentan terasa kering. Hayooo, apakah ini salah satu penyebabnya?

2. Terlalu Sering Menjilat Dan Menggigit Bibir

Saat bibir terasa kering emang jadi godaan banget untuk membasahi bibir dengan menjilatnya kan? Memang sih ini akan membuat bibirmu tidak kering lagi namun efeknya Cuma sementara lho. Karena, air liur mengandung enzim yang fungsinya untuk membantu tubuh mencerna makanan. Ketika kamu menjilat bibir dan air liur yang tersisa akan menguap dengan cepat sehingga bibir kembali terasa kering bahkan mengelupas. Selain, menjilat bibir kebiasaan mengigit bibir juga menjadi salah satu penyebab bibir kering.

3. Alergi

Bibir kering juga bisa disebabkan karena pemakaian produk tertentu sehingga menyebabkan alergi. Misalnya penggunaan lisptik atau produk lainnya yang diaplikasikan pada bibir. Biasanya hal ini ditandai dengan kekeringan, iritasi dan gatal-gatal. Jika kamu mengalami gejala ini kamu bisa menghentikan pemakaian produknya ya.

4. Terpapar Sinar Matahari Berlebihan

Paparan sinar matahari dalam jangka panjang bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Bahkan, jika cuaca sedang berawan dan mendung.. Hal ini karena kulit bibir sangat tipis dan halus.

5. Penggunaan obat

Ternyata, penggunaan beberapa jenis obat merupakan salah satu penyebab bibir kering lho. Misal seperti obat kemoterapi, obat penekan pembuluh darah, ataupun obat vertigo.

Cara Mengatasi Bibir Yang Kering

1.Cukupi asupan cairan tubuh

Kekurangan asupan cairan tubuh menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Untuk itu penting banget nih memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara minum air putih minimal sebanyak 8 gelas perhari.

2.Hindari pemicu alergi

Usahakan untuk lebih teliti dalam penggunaan produk yang akan diaplikasikan pada bibir. Apabila sudah merasakan ketidakcocokan atau tanda-tanda alergi terhadap sebuah produk maka segera hentikan pemakaiannya.

3.perhatikan pemakaian obat tertentu

Beberapa obat ada yang dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah. Jika kamu mendapatkan resep dokter, maka jangan ragu untuk menanyakan efek sampingnya terlebih dahulu ya. Jika kamu memiliki alergi terhadap obat tertentu maka biasanya dokter akan mempertimbangkan untuk menggantinya dengan yang lain.

4.kurangi kebiasaan menjilat/menggigit bibir

Saat bibir terasa kering, usahakan jangan sampai menjilat bibir ya guys. Karena, kebiasaan ini dapat membuat bibir kering dan semakin terkelupas.

5. gunakan pelembab bibir

Jika bibir terasa kering jangan lupa untuk menggunakan pelembab bibir ataupun lip balm untuk mengurangi bibir yang pecah-pecah. Kamu bisa mencoba pelembab bibir alami seperti madu, minyak kelapa, minyak zaitun dan juga lidah buaya.

Rekomendasi Perawatan Untuk Bibir Kering

 

Nah, sudah tahu penyebab, cara mengatasi, dan beberapa rekomendasi untuk bibir keringmu kan? Semoga kamu nggak perlu bingung lagi ya untuk mengatasi bibir yang kering. Jika kamu merasa bibir kering yang dialami tak kunjung sembuh maka jangan ragu untuk pergi ke dokter.

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤
Newest Older

Related Posts

Post a Comment