PENYEBAB DAN CARA MENGATASI KULIT KERING

Post a Comment
Konten [Tampil]

 

Pernah nggak sih merasakan kalau kulit kamu kering banget? Bahkan, biiasanya ada yang sampai mengelupas gitu. Ternyata, kulit kering yang terjadi di wajah ataupun badan ada penyebabnya loh. Yuk, cari tahu apa penyebab kulit kering dan cara mengatasinya.

Penyebab Kulit Kering Yang Sering Dialami

Beberapa penyebab kulit kering yang terjadi diantaranya yaitu:

1. Faktor Genetika

Kulit kering yang terjadi biasanya juga bisa disebabkan oleh faktor genetika. Meskipun kulit kering ini bawaan sejak lahir bukan berarti tidak ada kemungkinan lho untuk mengatasinya. Oleh karena itu, penting banget untuk melakukan perawatan yang tepat jika ternyata kulit kering yang kamu alami disebabkan oleh faktor genetik.

2. Kesalahan dalam penggunaan sabun/skincare

Biasanya ada beberapa orang yang mengalami kulit kering saat salah dalam penggunaan sabun/skincare. Karena, biasanya sabun/skincare memiliki kandungan kimia tertentu. Nah, penting untuk kamu memilih kandungan yang ada dalam sabun/skincare tertentu agar terhindar dari kulit kering ini. Karena, apabila menggunakan kandungan kimia yang terlalu keras maka akan menghilangkan kelembaban alami yang ada pada kulit.

3. Terlalu sering melakukan eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi memang dianjurkan, namun jangan sampai melakukannya berlebihan ya. Selain menyebabkan kulit kamu akan semakin kering justru terkalu sering melakukan eksfoliasi ini akan menyebabkan kulit iritasi. Ada baiknya eksfoliasi dilakukan cukup 2 kali seminggu.

4. Terlalu sering mandi dengan air hangat

Hayooo, siapa nih yang suka mandi pakai air hangat? Emang sih kalau mandi pakai air hangat tuh enak banget bawaannya jadi bikin tambah rilekskan? Eits, tapi gak baik loh ternyata kalau terlalu sering mandi air hangat. Karena, ini bisa menjadi penyebab kulitmu kering.

5. Kekurangan cairan/dehidrasi

Siapa yang masih malas-malasan minum air putih? Idealnya sih minum air putih minimal banget 2 liter/hari lho. Nah, saat kulitmu kering maka bisa jadi kamu sedang kekurangan cairan. Saat kekurangan cairan ini bukan hanya berdampak pada kulitmu, girls! Tetapi ini bisa menjadi salah satu sebab penyakit lainnya.

Cara Mengatasi Kulit Kering

1. Gunakan Sabun/Skincare Yang Tepat

Saat kamu memiliki permasalahan kulit yang kering maka kamu wajib banget nih untuk memilih sabun/skincare yang tepat. Salah satunya dengan cara memilih sabun/skincare yang memiliki klaim melembapkan. Kamu juga bisa lebih teliti dengan melihat detail kandungan yang ada pada sabun/skincare yang akan digunakan.

2. Gunakan Pelembap Secara Rutin

Pelembap merupakan salah satu produk yang tak boleh dilewatkan bagi kamu yang memiliki kulit kering. Pasalnya, pemakaian pelembap secara rutin ini dapat mengunci kelembapan kulitmu sehingga lapisan pelindung kulit tetap terjaga dari kerusakan kulit. Waktu yang tepat untuk menggunakan pelembap adalah setelah mandi. Hal ini karena saat setelah mandi kulit masih setengah lembap sehingga produk yang digunakan dapat menyerap dengan baik.

3. Minum Air Putih Yang Cukup

Kebutuhan air putih setiap orang minimal banget 2 liter/hari, nah kebayang gak sih kalau tidak tercukupi kulitmu akan mengalami dehidrasi? Oleh karena itu, jangan sampai malas untuk minum air putih ya. Dengan banyak minum air putih ini akan membuat kulitmu tampah sehat lho.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Air Hangat

Mungkin banyak orang yang sangat menyukai mandi ataupun berendam menggunakan air hangat ini karena membuat tubuh lebih rileks. Namun, hal ini justru berdampak pada kulit. Karena, air hangat dapat memapas minyak alami di kulit sekaligus mampu merusak pelindung kulit.

5. Konsumsi Makanan Yang Menyehatkan Kulit

Memilih makanan yang sehat tidak ada salahnya ternyata, karena ini juga berdampak untuk kulit. Kulit tidak hanya membutuhkan cairan namun juga beragam vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya. Untuk mendapatkan vitamin kamu bisa mengonsumsi buah, sayur-sayuran, ataupun biji-bijian. Nah, jangan sering-sering makan junk-food ya, hehe.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kulit kering yang wajib kamu ketahui. Apakah kamu pernah mengalami kulit kering baik dibagian wajah ataupun tubuh? Yuk, share pengalamannya di kolom komentar ya.

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment