TIPS MENCAPAI FINANCIAL FREEDOM DI MASA TUA

7 comments
Konten [Tampil]

 


Siapa yang sering melihat nominal saldo di rekening terus meringis? Apalagi saat pertengahan bulan kok gaji cepat banget ya habis? Pengen deh suatu saat nanti mencapai titik financial freedom di masa tua. Keadaan dimana nggak perlu khawatir mau belanja apapun duitnya ada, nggak takut habis, dan nggak perlu meringis kehabisan uang saat pertengahan bulan. Bisa nggak ya? Insha Allah bisa ya, asal diusahakan.

Nah, tentunya untuk mencapai financial freedom ini perlu perjuangan yang nggak langsung bim salabim. Perlu proses yang panjang dan juga sebagai bekal utamanya harus belajar mengatur keuangan terlebih dahulu. Kebetulan nih, kemarin pas 17 Agustus-an aku ikutan nonton bluMusical yang acaranya keren banget lho. Ada banyak insight yang didapatkan saat menonton drama musikalnya. Penasaran nggak sih? Baca dulu gih gimana keseruan saat aku nonton bluMusical yang diadakan oleh BCA Digital.

Nonton bluMusical Untuk Melek Literasi Finansial

Nonton bluMusical

Sekarang tuh ada banyak jalan untuk kita para anak muda melek dengan yang namanya finansial. Salah satunya adalah dengan nonton bluMusical yang diadakan oleh BCA Digital. bluMusical ini berkolaborasi dengan musisi Yura Yunita. Acaranya tayang perdana pada 17 Agustus kemarin. Oh iya buat kamu yang belum nonton bluMusical bisa kok menonton siaran ulangnya. Pokoknya rugi deh kalau kamu nggak nonton karena ada banyak pesan-pesan yang bisa diambil dari acara bluMusical tersebut.

bluMusical tidak hanya mengenalkan fitur-fitur yang dimiliki oleh produk digital BCA. Tetapi, pada acara bluMusical itu BCA Digital menyampaikan beberapa pesan dan juga mengedukasi para nasabah dengan pendekatan yang lebih menyenangkan tentang literasi finansial. Karena, bluMusical juga menghadirkan 3 sosok muda inspiratif yang sudah berhasil mewujudkan impian mereka. Ada siapa sajakah?

Ada Jehian Panangian Sijabat, sebagai seorang Youtuber dan juga entrepreneur. Jehian meceritakan bagaiamana ia berproses membangun bisnis mulai dari bisnis F&B Menantea hingga menjadi talent manager beberapa influencer internasional. Selain itu juga ada Raymond Chin sebagai CEO & Co Founder Ternak Uang yang juga dikenal sebagai seorang Youtuber & Content Creator. Raymond Chin biasanya membagikan berbagai motivasi untuk menjalankan bisnis yang saat ini digelutinya. Dan, ad Eva Alicia, seorang perempuan yang memiliki bakat melukis sekaligus entrepreneur muda. Eva Alicia ini dikenal memiliki karya lukisan sepanjang 30 meter lho. Keren-keren bangetkan sosok muda yang dihadirkan di acara bluMusical ini?

Selain dengan hadirnya 3 sosok inspiratif itu, saat menonton bluMusical #MulaiLangkahmu ini semakin membuat aku ingin mewujudkan kembali mimpi-mimpi yang tertunda. Gimana tidak, lirik lagu bluMusical selalu terngiang-ngiang lho seakan-akan diingatkan untuk #YangPentingLakuin aja apapun yang kamu impikan. Kalau nggak percaya, nih penggalan lirik lagu bluMusicalnya.

 Mimpi-mimpi kita, Mimpi kita yang muda

Angan-angan kita, Ada di kepala

Rencana-rencana, Hanya jadi wacana

Jika diam saja


Habis waktumu, Banyak takut ini itu

Percayalah selalu, Bahagia menunggu

Incaran yang dulu, Tepat di hadapanmu

Jika kamu mau


Mulai langkahmu, Mulai langkahmu,

Make your move, Make your move,

Make your move, Ready make your move

Jujur, aku kagum banget sih sama acara bluMusical ini karena pesan-pesan yang disampaikan sangat mengena meskipun dikemas dengan cara sederhana. Selain itu, yang dihadirkan pada acara bluMusical juga merupakan orang-orang yang memiliki perjalanan hidup yang inspiratif dan sesuai dengan campaign #MulaiLangkahmu dan #YangPentingLakuin dari BCA Digital.

Menurutku, ini drama musical yang seru banget sih sampai nontonnya aja nggak berasa sampai udah dimenit terakhir. Drama musical yang dikemas dengan sangat apik dan banyak pesan-pesan yang bisa diambil, salah satunya buat para anak muda yang masih struggle dengan permasalahan keuangan. Penasaran nggak sih gimana drama musicalnya? Kamu bisa lho nonton bluMusical langsung ke youtube ya.

 



Nah, aku setuju banget saat Eva Alicia di acara bluMusical ditanya tentang bagaimana dengan pencapaian 100 juta di umur 25 tahun? jawabannya “Semua orang punya timeline masing-masing, yang penting fokus untuk kembangin diri semaksimal mungkin. Cobain semuanya agar kita tidak menyesal dikemudian hari. Dan nggak boleh lupa untuk menikmati prosesnya”.

Impianku : Financial Freedom di Masa Tua

Saat ini sudah banyak orang yang melek dengan finansial, begitu pun denganku. Jujur, aku iri banget dengan orang yang bisa bersantai di hari tua. Karena, aku melihat orang tuaku yang masih harus bekerja keras diusia senja mereka. Seharusnya waktu tua mereka diisi dengan bersantai dan menikmati hidup bersama dengan keluarga dan juga anak.

Ada banyak hal yang bisa kupelajari dari mereka, salah satunya aku harus memiliki kebebasan financial di masa tua nanti. Kata orang, mending kerja keras dimasa muda dibandingkan harus kerja keras dimasa tua. Karena, saat usia sudah menua tentu kita tak punya energi yang banyak dibandingkan saat masa muda. Kalau dipikir-pikir ya emang ada benarnya sih, tapi tidak menutup kemungkinan juga ada orang yang ternyata karirnya bagus saat di masa tua. Eits, tapi jangan sampai membuat terlena sih karena karir bagus tidak akan menjamin hidupmu kedepan kalau tidak diimbangi dengan mengatur keuangan dengan tepat.

Nah, untuk mencapai financial freedom ini tentu bukanlah jalan yang mudah. Salah satu hal yang harus kulakukan adalah mengatur keuangan agar bisa saving, memenuhi dana darurat dan dana pensiun di masa tua nanti.

Oh iya, ada cuplikan yang sangat mengena saat aku nonton bluMusical yaitu sebuah quotes yang diucapkan oleh Raymond Chin, Jehian, dan Eva Alicia “perlahan tapi yakin, yang penting dilakuin”. Nah, ini ada benarnya lho saat pengen mewujudkan mimpi apapun itu. Misal, aku punya impian untuk mencapai financial freedom di usia tua. Artinya, aku harus menikmati proses, berprogres, lama-lama sukses mencapai financial freedom.

Apa saja sih hal yang aku lakukan untuk mencapai financial freedom di masa tua nanti?

Tips Mencapai Financial Freedom

Tips mencapai financial freedom

 

1. Belajar Mengatur Keuangan

Hal yang terpenting saat ingin mencapai financial freedom maka kamu harus terlebih dahulu belajar mengatur keuangan. Dengan mengatur keuangan dengan benar maka kamu sudah bisa mengendalikan sifat konsumtif. Kamu lebih bisa membedakan mana kebutuhan dan juga keinginan saat ingin mengeluarkan uangmu untuk berbelanja. Apakah belajar mengatur keuangan harus dengan ahlinya? Bisa saja jika kamu punya budget berlebih untuk berkonsultasi dengan financial planner terlebih dahulu. Namun, jika tidak ada budget maka kamu bisa belajar mengatur keuangan dengan cara banyak membaca dan juga mencari tau diberbagai platform mana saja.

2. Memahami Kondisi Keuangan

Setelah belajar mengatur keuangan, tentunya kamu akan lebih memahami kondisi keuangan kamu. Ingat ya, yang paham pengeluaran untuk hidupmu ya kamu saja. Dengan memahami kondisi keuanganmu, maka kamu akan lebih mudah mengetahui bagaimana alur keuanganmu. Apakah sudah sesuai dengan pendapatan? Atau justru pengeluaran lebih besar daripada pendapatan?

3. Menentukan Tujuan Keuangan

Apa sih tujuan keuanganmu saat ini? Ingin membeli rumah di usia bla-bla, bebas cicilan, atau ingin punya dana darurat dan pensiun dimasa tua. Tujuan keuangan bisa kamu rencanakan terlebih dahulu, dengan begitu kamu akan lebih mudah mengatur untuk dana saving kedepannya lho!

4. Mulai Belajar Investasi

Setelah kamu berhasil mengatur keuanganmu dengan benar maka kamu tentunya sudah bisa menyisihkan sebagian uangmu. Nah, tidak ada salahnya lho untuk menyisihkan sebagai investasi. Tapi, pastikan keuanganmu sudah di skala aman ya. Jangan sampai dana darurat digunakan untuk investasi, justru ini bakalan bikin rugi lho. Ada banyak kok cara untuk belajar investasi, tinggal belajar pelan-pelan aja sampai paham.

5. Memisahkan Rekening Tabungan dan Setiap Pos-Pos Keuangan

Ada banyak orang yang terkadang mengeluh, “Duh…aku kok nggak bisa nabung ya uangnya kepake terus?”. Nah, biasanya kendalanya Cuma 1 yaitu tidak memisahkan rekening tabungan dan setiap pos-pos keuangan terlebih dahulu. Penting banget lho memisahkan rekening tabungan ini. Makanya tak jarang ada banyak orang yang memiliki 2 sampai 3 tabungan untuk memisahkan pos-pos keuangan tertentu.

Nah, ngomongin memisahkan rekening tabungan dan setiap pos-pos keuangan kok kayaknya ribet ya? Eits, tenang aja sekarang tuh kita berada pada zaman yang serba mudah. Sekarang sudah ada aplikasi tabungan online blu yang bakalan sangat membantu untuk menabung dan juga memisahkan pos-pos keuangan tertentu. Bukan hanya itu sih, ada banyak kelebihan dari aplikasi blu by BCA Digital ini. Yuk disimak dulu!

Mengenal Aplikasi blu by BCA Digital Sebagai Platform Perbankan Next-Generation

 
Aplikasi blu by BCA Digital

blu merupakan aplikasi mobile banking dari BCA Digital yang didesain dan dikembangkan untuk memberi kemudahan agar bisa melakukan transaksi finansial dan non finansial hanya dengan melalui handphone. Mulai dari pendaftaran pun kamu sudah bisa melakukannya secara online tanpa harus ke kantor cabang lho! Tabungan online blu ini sangat memberikan keuntungan bagi pengguna baik dari segi fitur dan juga aplikasinya. Kamu bisa mengakses aplikasinya kapanpun dan dimanapun.

Cara Daftar Aplikasi blu by BCA Digital

Tabungan Online blu

 

Sudah penasaran nggak sih sama aplikasi blu ini? kalau penasaran langsung aja deh aku kasi tau cara daftarnya ya.

1. Download aplikasi blu di App Store (Pengguna iphone) ataupun Playstore (pengguna android)

2. Siapkan Nomor HP yang aktif, KTP, NPWP (jika ada), email untuk proses verifikasi dan jaringan internet yang stabil.

3. Setelah aplikasinya di download, maka lakukan pendaftaran.

4. Ikuti step by step pendaftarannya.

5. Lakukan verifikasi dengan video call.

Untuk verifikasi melalui video call ini bisa dilakukan dari jam 06.00 – 23.59. Proses video call pun terbilang cukup singkat dan setelah proses video call akun aplikasi blu langsung terverifikasi dengan cepat.

Tabungan Online blu

 

Fitur Aplikasi blu by BCA Digital

Sebagai aplikasi perbankan digital baru, blu ini juga memiliki berbagai fitur yang sangat menarik lho. Berikut beberaapa fitur yang akan membuat hidupmu semakin mudah saat menggunakan aplikasi blu, yaitu:

1. bluAccount

2. bluSaving

3. bluGether

4. bluDeposit

5. Transfer uang, Cek saldo, dan cek riwayat transaksi

6. Tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA 

7. Beli pulsa dan bayar tagihan pascabayar

8. Pembayaran internet/TV Kabel

9. Top up OVO dan GoPay

10. Pembayaran menggunakan QRIS

Review Penggunaan Aplikasi blu by BCA Digital

Gimana, kamu udah daftar jadi sobat blu belum? Jangan sampai kelewatan deh, apalagi sekarang ada bonus Rp. 25.000 buat yang  mau jadi sobatblu periode 20 Agustus s.d. 19 September 2021. Buruan gih!

Download aplikasi blu

 

Setelah menggunakan aplikasi blu by BCA Digital ini aku sangat merasakan kemudahan yang banyak banget. Salah satunya aplikasi blu ini sangat praktis dan fleksibel. Dimulai dari proses pendaftaran yang sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama, akun blu langsung terverifikasi dan langsung dapat digunakan.

Dan yang paling aku suka dari aplikasi blu ini fitur utamanya sangat support untuk menabung. Seperti fitur bluAccount, bluSaving, bluGether, dan bluDeposit. Dengan menggunakan beberapa fitur tersebut jadinya semakin mudah untuk mengatur keuangan agar impianku mencapai financial freedom semakin mudah.

tabungan online blu

 

Yuk, tunggu apalagi? Kamu wajib banget langsung download aplikasi blu melalui App Store dan Play Store. Yuk #MulaiLangkahmu kapan lagi melek finansial untuk menuju bebas finansial di masa tua nanti dengan menggunakan Aplikasi blu. Pokoknya kalau urusan manage keuangan #YangPentingLakuin dulu, sedikit demi sedikit untuk memulai menabung. Ingat semua itu perlu proses, begitu pun dengan mengatur keuangan maka semuanya perlu proses, berprogres, dan nanti akan kelihatan hasilnya.


FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

7 comments

  1. Asyiknya ada aplikasi Blu BCA ini,transaksi finansial dan non finansial pun terlayani.
    Lalu, bagimana dengan aplikasi Klik BCA, m-banking BCA itu ya mbak?

    ReplyDelete
  2. finansial freedom dimasa tua siapa sih yang ga mau ... hampir sebagian pada mau tapi untuk mewujudkannya perlu konsisten dan disiplin dalam mengelola keuangan, saya juga lagi belajar dengan blubybca digital ini utk lebih disipin lagi dalam mengatur pos-pos keuangan yang ada...

    ReplyDelete
  3. Duh, sudah harus mikirkan Keuangan untuk masa tua. Huhu..jadi sedih belum ngapa-ngapain. Lagunya nyindir. Tapi bener adanya. Hehe

    ReplyDelete
  4. Nonton bluBCA ini buat kita jadi sadar ya, semua orang bisa sukses bahkan di usia muda sekalipun, yang penting mau berusaha dan #YangPentingLakuin dan tentunya harus menikmati proses juga ya.
    senang banget deh bisa nonton drama musikal ini :)

    ReplyDelete
  5. Pengen banget nih punya kebebasan finansial terutama di masa tua nanti. karenanya mulai dari sekarang aku dan suami membuat pos-pos tabungan di blu. lumayan bisa punya banyak tabungan tetapi cuuma dalam 1 rekening saja. jadi gak ribet.

    ReplyDelete
  6. Semua orang punya timeline masing-masing, yang penting fokus untuk kembangin diri semaksimal mungkin. Cobain semuanya agar kita tidak menyesal dikemudian hari. Bener banget deh. Tapi selagi kita bisa produktif saat ini, harus dimanfaatkan baik-baik agar bisa mencapai financial freedom di masa tua.

    ReplyDelete
  7. Muda foya-foya dan tua kaya-raya itu memang prinsip hidupku sih mba mwkwk. Meskipun masih terseok-seok, tapi kayaknya BLU bakal bantuin banget untuk menggapai itu ya. Karena gimanapun juga, penting kelola finansial sedini mungkin.

    ReplyDelete

Post a Comment