5 TIPS BERINVESTASI UNTUK PEMULA

Post a Comment
Konten [Tampil]

 


Untuk memulai berinvestasi bagi investor pemula tentunya tidaklah mudah. Karena, berinvestasi bukanlah hal yang bisa dilakukan sembarangan. Apalagi investasi merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara tepat untuk mencapai berbagai tujuan keuangan seperti membeli rumah, membeli kendaraan, liburan, dan pendidikan maupun untuk dana pensiun. Nah, tentunya untuk para investor pemula pasti membutuhkan tips berinvestasi untuk pemula. Yuk, kamu bisa ikuti beberapa tips ini agar memilai investasi tanpa ragu-ragu lagi.

1.Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum memulai berinvestasi, maka kamu perlu menentukan tujuan investasi yang akan kamu lakukan. Misal kamu ingin mempersiapkan dana darurat, dana menikah, dana pendidikan anak, dana pensiun, liburan dan sebagainya. Dengan adanya tujuan investasi ini maka akan memudahkan kamu untuk komitmen mencapai segala keinginan. Kebayangkan jika ternyata investasi yang kamu lakukan tanpa ada tujuan sama sekali, duh bisa-bisa malah akhirnya komitmen berinvestasi berakhir ditengah jalan. Sangat disayangkan lho, nah jadi penting banget untuk membuat tujuan investasi diawal ya. 

2. Menentukan Jangka Berinvestasi

Setelah memiliki tujuan berinvestasi, maka kamu perlu menentukan jangka berinvestasi yang akan kamu lakukan. Dengan adanya jangka waktu investasi ini maka akan membantu kamu untuk mencapai target keinginan denagn tepat waktu. Kamu bisa menentukan jangka berinvestasi dengan jangka pendek, jangka menengah, atapun jangka panjang. Sesuaikan saja jangka berinvestasi ini dengan tujuan investasi yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

3. Sesuaikan Investasi dengan profil resiko

Nah bagi investor pemula penting banget untuk menentukan tujuan investasi, jangka investasi dengan profil risikonya. Jika para investor ingin memilih investasi dengan jangka pendek maka bisa memilih reksadana pasar uang. Karena, reksadana ini memiliki profil risiko rendah. Sedangkan untuk investasi jangka menengah maka kamu bisa memilih reksa dana pendapatan tetap atau reksa dana campuran. Dan untuk investasi jangka panjang maka kamu bisa memilih reksadana saham. 

4. Lakukan Secara Rutin

Berinvestasi sama dengan menabung, maka kamu harus melakukannya secara rutin. Karena, hal ini merupakan kunci utama saat kamu memulai berinvestasi. Kamu dapat berinvestasi secara rutin setiap bulannya. Sesuaikan dengan pendapatan kamu nantinya, sehingga kamu tidak menunggu uang sisa dulu baru berinvestasi. Jadikan berinvestasi merupakn agenda rutin yang wajib kamu lakukan setiap kali mendapatkan gajian.

5. Buka Rekening Investasi

Sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk mulai berinvestasi maka hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuka rekening investasi. Saat ini untuk membuka rekening investasi sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan dokumen seperti KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak(NPWP), nomor rekening dan juga foto diri.

 

Investasi dengan aplikasi investasiku

Bagi para investor pemula yang ingin memulai berinvestasi tentunya tidak perlu takut lagi dong. Kamu bisa memulai berinvestasi jika sudah memahami tips untuk memulai berinvestasi. Nah, saat ini kamu bisa memulai berinvestasi melalui aplikasi InvestasiKu lho. 

Investasiku merupakan aplikasi finansial yang dikelola dan juga dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas. Investasiku ini memiliki misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aaman dan terjangkau.

PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, memfasilitasi transaksi saham, reksa dana, dan obligasi. 

Cara Membuat Akun di Aplikasi Investasiku

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memulai berinvestasi di aplikasi Investasiku ini tentu saja kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Cara daftarnya sangat mudah kok!


 

Setelah memilki akun, kamu bisa mendownload aplikasinya melalui Google Playstore (Android) dan App Store (Apple). Tentunya dengan aplikasi ini akan memudahkan kamu untuk memantau bagaimana investasi yang sedang kamu lakukan. 


 

Setelah mendownload aplikasi Investasiku maka kamu bisa login langsung melalui aplikasinya. Untuk memulai berinvestasi maka kamu harus melakukan tahapan e-KYC (eletronic Know Your Customer).

Kamu tinggal ikuti langkah-langkah untuk melengkapi tahan e-KYC tersebut. Jika sudah selesai maka setelah itu akan menerima email informasi RDN (Rekening Dana Nasabah). Untuk bank RDNnya adalah bank Mega yang mana masih satu naungan di CT Corp. Cukup mudahkan regitrasinya? Dan tentunya tidak memakan waktu yang lama kok. 

Belajar Investasi di aplikasi Investasiku

Saat ini mungkin sebagian orang masih ragu untuk mulai berinvestasi. Hal itu dikarenakan kurangnya informasi tentang bagaimana caranya berinvestasi dengan tepat. Nah, di aplikasi Investasiku ini tidak hanya untuk berinvestasi lho. Kamu juga bisa belajar melalui aplikasinya. Menarik bangetkan? Learning by doinglah jadinya.

 


 

Pada aplikasi Investasiku ini terdapat media belajar yang bisa kamu pelajari. Mulai dari artikel, podcast, dan video. Yuk, mulai sekarang kamu bisa mulai berinvestasi sambil belajar. Tidak perlu takut lagi untuk mulai berinvestasi. Karena, sekarang justru berinvestasi menjadi hal yang wajib dilakukan. Salah satunya untuk tabungan di hari tua. Yuk, wujudkan hari tua bebas finansial biar bisa menikmati hari-hari tua dengan happy. Jika kamu tertarik untuk memulai berinvestasi di aplikasi Investasiku kamu bias menggunakan referral ini ya guys : FATI244518


 

 


Related Posts

Post a Comment