CARA MEMBUAT NASI SISA MENJADI CIRENG NASI

Post a Comment
Konten [Tampil]

 


Orang Indonesia identik dengan makanan pokoknya nasi. Pokoknya kalau makan nggak pakai nasi pasti ada yang kurang. Setuju nggak? Padahal ada banyak sumber karbohidrat selain nasi lho misalnya jagung, ubi, oat dan masih banyak lagi lainnya. Tapi, bagi sebagian orang yang terbiasa makan nasi akan menganggap kalau tidak makan nasi akan merasa lapar atau tidak kenyang.

Nah, pastinya selalu tersedia nasi di rumah kalian ya kan guys? Tapi, terkadang pasti ada aja nasi sisa yang tidak termakan. Hingga akhirnya nasi sisa berakhir di tong sampah. Duh sayang bangetkan? Apalagi kalau ternyata nasinya masih layak untuk dikonsumsi. Namun, sayangnya banyak orang yang bingung cara memanfaatkan nasi sisa. Ternyata nasi sisa dapat diolah lagi lho bahkan bisa jadi cemilan.

 

Cara Memanfaatkan Nasi Sisa Di Rumah

 

1. Rengginang

Siapa yang tak suka dengan cemilan rengginang? Duh pasti semua suka ya kan. Camilan kerupuk yang renyah yang enak disantap saat lagi santai sambil nonton drakor. Rengginang merupan salah satu kudapan tradisional nih. Cara membuatnya pun cukup mudah lho guys. Cukup keringkan nasi yang tersisa biasanya dijemur nah kemudian kalau sudah kering digoreng. Oh iya, untuk membuat rengginang ini pastikan nasi sisanya tidak berbau ya nanti malah bikin rengginangnya tidak layak dimakan.

 

2. Nasi Goreng

Siapa yang biasa mengolah nasi sisa jadi nasi goreng nih? Pasti seringkan bikin nasi goreng pagi-pagi dari sisa nasi semalam. Nah, kamu bisa kreasikan nasi sisa menjadi nasi goreng nih. Ada banyak cara memasak nasi goreng mulai dari yang simpel sampai dengan yang ribet. Biar nasi gorengnya makin nikmat bisa tambahkan topping ya biar makin maknyuss deh. 

 

3. Pupuk Organik

Hayoooo, siapa yang baru tau kalau nasi sisa bisa dijadikan pupuk organik? Yuk, yang hobinya berkebun cocok banget nih. Manfaatkan nasi sisa jadi pupuk organik cair. Dijamin tanamannya makin subur dan bebas dari bahan kimia lho. 

 

4. Cireng

Wah siapa nih yang doyan banget sama cemilan satu ini? Dicocol dengan bumbu rujak pedas duh ngebayanginnya aja sudah bikin ngiler. Eits, ngomongin cireng biasanya identik dengan campuran tepung kanji bukan? Nah, ada yang pernah cobain cireng nasi nggak nih? Pasti ada yang belum pernahkan? Kamu wajib banget cobain nasi sisa yang diolah menjadi cireng guys.

 

Kobe Tepung Bumbu Putih


 

Ngomongin cireng nasi, aku punya salah satu rekomendasi cara bikin cireng nasi yang super simpel dan praktis. Kamu bisa membuat cireng nasi dengan menggunakan kobe tepung bumbu putih lho. Kobe Tepung Bumbu Putih ini memiliki tekstur tepung yang berbentuk kristal dengan butiran tepung yang renyah sehingga membuat gorengan menjadi lebih krispi dan lebih tebal. 

Selain menghasilkan gorengan yang krispi, Kobe tpeung bumbu putih memiliki banyak kelebihan diantaranya yaitu:

-tekstur lebih garing dan membuat kerenyahan bertahan lebih lama

-mengantung tapioka yang membuat makanan lebih kenyal dan juicy

-Gluten free, tanpa pengawet dan tanpa warna buatan.

Nah, sudah tau kelebihan membuat cireng nasi dengan menggunakan Kobe Tepung Bumbu Putih. Yuk, selanjutnya kita langsung bikin Cireng Nasi Kobe.

 

Cara Membuat Cireng Nasi Kobe

Nah, sebelum kita memulai memasak Cireng nasi mari kita siapkan bahan-bahannya. Selain membuat cireng nasi, pastinya sekalian nih juga membuat bumbu rujaknya untuk pelengkap agar cireng nasinya semakin nikmat. Yuk kita siapkan bahan-bahannya:

Bahan cireng nasi kobe

-200g nasi putih

-100 ml air

-1 bungkus kobe tepung bumbu putih (75gr)

-10 gr daun bawang

 

Bahan bumbu rujak

-1sendok makan kacang tanah (digoreng)

•100 gr gula merah

•terasi secukupnya

•50 ml air hangat

•1 sachet BonCabe level 10, rasa Original

•1 sendok makan air asam

Cara Membuat Cireng Nasi Kobe

1.Aduk 200 gr nasi dengan 100 ml air. Campurkan 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih 75 gr dan 10 gr daun bawang. Aduk hingga tercampur rata.

2.Panaskan minyak dalam wajan. Setelah panas ambil 1/2 sendok makan adonan, goreng hingga kuning keemasan.

3.Cireng Nasi Kobe siap disajikan.

 

Cara Membuat Bumbu Rujak

1.Haluskan kacang tanah, gula merah, terasi dan air hangat.

2.Tuang BonCabe level 10. Campurkan dengan air asam dan aduk hingga rata.

3.Bumbu rujak siap disajikan sebagai cocolan Cireng Nasi Kobe.

Gimana? Cara membuatnya cukup mudah dan simpelkan. Yuk, mulai sekarang manfaatkan nasi sisa di rumah jadi olahan makanan biar nggak mubadzir ya guys. Oh iya, kamu biasanya mengolah nasi sisa menjadi apa nih. Boleh dong sharing di kolom komentar. Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk tepung Kobe kamu bisa mengunjungi website www.dapurkobe.co.id atau sosial media @dapurkobe (tiktok, twiter, ig, maupun facebook).



 

 

Related Posts

Post a Comment