TIPS MENJADI IBU YANG CAKAP DIGITAL DI ZAMAN SEKARANG

Post a Comment
Konten [Tampil]

 

Cakap digital bagi ibu-ibu rumah tangga cukup menantang.. Karena, dengan berbagai informasi yang bertebaran, mulai dari gosip, politik, persaingan bisnis, dan lain sebagainya membuatku semakin harus pintar menyaring informasi yang disajikan. Apalagi tsunami informasi menghadirkan cukup banyak hoaks Aku sih gak mau kemakan hoaks, begitu juga harapan ini buat ibu-ibu rumah tangga lainnya.

 

Tips Menjadi seorang Ibu Muda yang Cakap Digital di zaman Sekarang

 

Nah, untuk itu penting bangetkan menjadi seorang ibu yang cakap digital. Yuk, ikuti tips berikut ini ya moms. 

 

1.Menyaring informasi yang didapatkan

 

Pokoknya saat moms mendapatkan informasi ada baiknya jangan ditelan mentah-mentah. Perhatikan saja dulu, tanpa tendensi apa-apa ya. Pelan-pelan dicerna dengan baik dan tentunya coba lakukan riset sendiri terlebih dahulu malah lebih baik. 

 

Mana sempat ngurus anak ditambah harus riset? Eits, kalo soal ini harus disempatkan dong moms. Kasihan anaknya kan kalau malah ikutan menerima hoaks. Nggak kebayang kalau ada ibu-ibu muda yang baru saja menjadi ibu terus kemakan berita hoaks. Apalagi kalau berhubungan dengan anaknya atau masalah parenting. 

 

Contoh nih ya, sering banget dengar kalau anak demam dan kejang diminumin kopi. Gimana? Bayangin kalau lagi panik anak kejang terus gak pikir panjang langsung dikasih kopi. Apalagi kalau anaknya masih bayi atau kurang dari setahun. Padahal jelas-jelas kafein tidak dianjurkan untuk bayi. Duh, bahaya bangetkan jika tidak dibarengi dengan kemampuan cakap digital menerima informasi hoaks seperti ini? Pokoknya perlu menyaring informasi yang diterima dan lakukan riset sendiri ya moms. 

 

2. Tidak Membagikan Data Pribadi Anak

 

Sekarang emang mengerikan ya kalau berhubungan dengan data pribadi. Bisa disalahgunakan oleh pihak tertentu lho. Apalagi sekarang lagi marak pinjaman online yang ternyata karena kebobolan data pribadi tuh moms. Nah, sebaiknya kita tidak membagikan data pribadi anak ya seperti nama lengkap, tanggal lahir, akta kelahiran anak, dan sebagainya. Apalagi kalau berhubungan dengan anak malah rentan dengan penculikan lho moms. Ngeri bangetkan? Duh, jangan sampai ya terjadi hanya karena kelalaian kita membagikan data pribadi anak. 

 

3. Berhati-Hati Dengan Berita Hoaks

 

Sekarang emang ya kalau informasi tuh cepat banget deh. Bahkan, salah satunya di grup WhatsApp. Siapa yang sepakat berita hoaks cepat banget apalagi kalau dari grup satu ke grup lainnya? Duh, bahaya banget sih ini. Bayangin aja kalau kita iya-iya aja saat menerima berita. Dan nggak melakukan riset terlebih dahulu. Bakalan jadi ibu-ibu yang kemakan berita hoaks dong. Jangan sampai ya moms. Karena, ibu itu nggak cuma harus pinter ngurus anak tapi juga harus cakap digital. Salah satunya dengan berhati-hati jika menerima berita apalagi beritanya hoaks.

 

4. Membagikan Konten Kreatif Di Media Sosial

 

Sekarang senang banget lho kalau lagi main sosial media. Apalagi pelajaran parenting mulai dari tentang MPASI, ide bermain anak, psikologi anak tuh bertebaran. Nah, ini nih hal yang harus dilakukan oleh ibu-ibu zaman now. Berbagi konten kreatif di media sosial. Biar ibu-ibu muda tidak kesulitan mendapatkan informasi dan akhirnya dapat teredukasi dengan baik. Yuk, bikin konten tentang parenting selain bisa bermanfaat ke orang lain moms juga berperan sebagai ibu yang memanfaatkan media digital dengan baik.

 

5. Menggunakan Internet Untuk Mengakses Konten Positif

 

Kalau anak tidur, enaknya emang berselancar di media sosial menggunakan  wifi rumah dari Indihome. Itu sih yang aku rasakan selama ini. Ngomongin internet emang paling betah pake Indihome yang merupakan layanan internet resmi dari Telkom Group sih. Apalagi layanannya selalu berkualitas untuk semua pelanggan. Berselancar di internet jadi semakin cepat dan mudah. 

 

Nah, kerasa banget pas punya anak akhirnya kalau lagi berselancar di internet aku cuma gunakan untuk mengakses konten positif aja. Misal nih, besok bingung mau masak apa buat anakku? Yasudah aku carilah informasi masakan MPASI yang sesuai untuk anakku. Atau biasanya paling sering mengakses informasi ide bermain bersama anak. 

 

Jujur, dengan padatnya pekerjaan beres-beres rumah terkadang malah lupa harus ngajak anak main juga. Nah, daripada bingung mau main apa bersama anak. Akhirnya, setiap malam kalau sudah selesai mengerjakan pekerjaan rumah akhirnya aku langsung cari ide bermain bersama anak di internet. Senangnya di zaman sekarang semua informasi bisa diakses dengan mudah apalagi kalau mengandalkan wifi rumah. Nggak perlu takut kehabisan paket internet deh.

 

Nah itulah, tips menjadi seorang ibu yang cakap digital di zaman sekarang. Tentunya ini akan jadi bekalku juga yang nantinya akan mengajarkan anak untuk menjadi orang yang cakap digital di zamannya. Nggak kebayang sih kalau anak kita di umur sekarang udah pada besar nanti gimana arus informasi itu semakin deras. Pada zaman sekarang aja udah makin banyak informasi dan yang paling menakutkannya malah banyak informasi yang hoaks. Nggak kebayang generasi selanjutnya kalau kebanyakan menerima informasi hoaks. Makanya penting banget untuk kita manfaatkan wifi rumah agar bisa mencari informasi yang benar. 

 

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

Post a Comment