BLOGGER TAK SEKEDAR MENULIS TAPI PERLU TINGKATKAN SKILLSETUP

Post a Comment
Konten [Tampil]

Menjadi seorang Blogger mungkin kelihatan hanya tentang menulis. Padahal menjadi blogger justru mengajarkan aku banyak hal. Awalnya menulis di blog ini hanya sebagai keisengan yang aku inginkan “tulisan nangkring di page one Google”. Dan, tidak disangka hingga sampai sekarang aku justru menekuni menulis blog ini dan menjadikannya sebuah hobi. Yup, sebuah hobi yang aku lakukan ketika penat dengan aktivitas sehari-hari.


Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Blogger 

Selama menjadi blogger tidak hanya tentang mempelajari bagaimana menyajikan konten tulisan yang bermanfaat tetapi aku juga belajar banyak hal untuk menjadi seorang blogger juga perlu untuk menambah skill yang lainnya. Skill apa sajakah itu? 


1. Pengetahuan

Pernah nggak sih kalau tulisan yang ditulis di blog terus mendapat komentar “Kak, tulisannya memberikan pengetahuan baru buatku”. Nah! Ternyata menulis itu juga nggak bisa asal-asalan dong juga harus ada ilmunya dan pengetahuannya. Untuk itu, seorang bligger juga perlu untuk meningkatkan pengetahuannya entah itu perihal tentang tulisan yang akan ditulis ataupun tentang teknik kepenulisan yang akan ditulis. Tidak hanya itu, menuli blog juga ada ilmunya lho jika ingin tulisanmu nangkring di halaman pertama Google. Untuk itu seorang blogger juga pentjng belajar bagaimana teknik penulisan yang benar, bagaimana menggunakan penulisan sesuai SEO, dan sebagainya.


2. Kemampuan

Tidak hanya pengetahuan, seorang blogger juga penting untuk memiliki kemampuan jika ingin terus menjadi blogger yang mumpuni. Apa saja kemampuan yang harus dimiliki seorang blogger? Kemampuan yang harus dimiliki seorang blogger adalah memahami SEO (Search Engginr Optimization), memahami kode template blog, bahasa pemrograman web, dan seluk beluk kemampuan lainnya yang berhubungan dengan cara mengoperasikan blog itu sendiri.


3. Sikap Profesional

Seorang blogger juga harus memiliki sikap profesional? Yup, saat kamu memiliki sebuah blog besar atau blog kamu sudah diketahui oleh banyak orang maka bukan tidak mungkin nantinya akan bertemu klien ataupun komunitas. Melalui hubungan yang profesional tentunya akan terjalin komunikasi yang bagus antara berbagai pihak dong. 


Nah ngomongin skill yang harus dimiliki blogger, pas banget nih beberapa minggu yang lalu aku mengikuti kegiatan BloggerDay2023 yang diadakan oleh BloggerCrony. Mau tau bagaimana keseruannya?


Keseruan BloggerDay 2023 Bersama Bloggercrony


Tahun ini salah satu tahun yang berkesan buatku, karena untuk pertama kalinya aku mengikuti BloggerDay 2023 yang di adakan oleh Bloggercrony. Ternyata, BloggerDay ini sudah diadakan sejak tahun 2017. Sayang sekali kenapa aku baru tau tentang acara BloggerDay ini? Oh iya, mungkin karena aku sebelumnya memang tidak terlalu banyak mengikuti komunitas Blogger. Dan memang, tahun ini untuk tahun pertama aku benar-benar menjadi anggota Bloggercrony dan bergabung di WhatsApp grup komunitasnya. 


BloggerDay 2023 ini ternyata diadakan bertepatan dengan bulan kelahiran komunitas BCC dan tahun ini genap usia komunitasnya 8 tahun. Untuk acara BloggerDay 2023 tahun ini diadakan secara offline dan online lho dengan tema “Skill set Up”. Menariknya, acara offline BloggerDay 2023 ini diadakan di atas Gunung Halimun, Bogor. Seru bangetkan? Yup! Kebayang ya gimana keseruannya. Meskipun untuk kali ini aku hanya bisa mengikuti acara BloggerDay 2023 secara Online, tapi ternyata nggak kalah seru lho.


Acara Online BloggerDay 2023 Bersama Bloggercrony 


Dimulai dengan acara hari pertama BloggerDay 2023 yang diadakan webinar pada 24 Februari 2023. Acara berlangsung dengan semarak dan dihadiri oleh 100 peserta yang terpilih untuk mengikuti acara BloggerDay 2023. Kegiatan yang dilaksanakan bersifat hybrid langsung diadakan lewat zoom dari Gedung Riset Tebet, Jakarta. Acaranya sangat seru mulai dari bertabur hadiah sampai dengan dihadiri oleh Narasumber yang hebat dibidang kepenulisan tentunya.

Salah satu narasumber yang berhadir diacara bloggerday 2023 yaitu, Kak Anwari Natari. Kak Aneari juga akrab disapa Bang Away. Kak Anwari saat ini juga sebagai pengawas Komunitas Bloggercrony lho. Nah, pada saat sesi webinar Kak Anwari membeberkan ada tiga hal yang harus dimiliki apapun profesi yang kita jalankan saat ini yaitu Pengetahuan (Knowledge), Keterampilan (Skill), dan Sikap (Attitude).

Menariknya lagi, Bang Away juga memaparkan tentang kehadiran ChatGPT alis robot teks yang menjadi kekhawatiran para blogger. Gimana tuh kalau sampai benar-benar posisi para blogger akan terasingkan dengan kehadiran ChatGPT ini. Justru menurut Bang Away dengan kehadiran ChatGPT ini justru menjadi peluang bagi para blogger untuk mampu beradaptasi dengan teknologi. Menenangkan ya? Bukan berarti ini menjadi sebuah ancaman untuk kita justru akan menjadi pemicu agar terus belajar dan meningkatkan skill biar gak kalah sama robot.

Acara Offline Bersama Bloggercrony


Keseruan BloggerDay 2023 tidak hanya sampai disitu, ternyata acara Offline pun tak kalah seru. Kemping yang diadakan selama 2 hari di Puncak Halimun Camp, Bogor. Terlihat bagaimana keseruan merek saat dikumentasi dibagikan di grup Whatsapp. Kapan lagikan healing setelah melewati pandemi selama 1 tahun belakangan dan berkumpul bersama member? Meskipun aku hanya penikmat keseruan mereka lewat dokumentasi di Grup WhatsApp yang dibagikan. Justru bikin iri banget dong. Semoga suatu saat nanti bisa mengikuti kegiatan Bloggercrony secara offline dan bertemu dengan para blogger. Aamiin!


Komunitas BloggerCrony yang Tidak Hanya Sekedar Komunitas

Komunitas Bloggercrony lahir untuk memberikan alternatif kepada blogger yang membutuhkan komunitas yaitu untuk mewadahi dan memfasilitasi teman-teman blogger mengembangkan kualitas dirinya (capacity building), membangun jejaring yang dapat membuatnya bertumbuh (networking), dan berkegiatan khusus untuk blogger agar dapat memproduksi tulisan-tulisan yang informatif,bermanfaat dan inspiratif bahkan membuatnya berdaya secara moral dan material (empowering). BloggerCrony sampai saat ini memiliki beberapa proggram diantaranya blogger hangout, Blogger Care+ dan juga Blogger View. 

Menjadi bagian dari Komunitas Bloggercrony Indonesia tentunya sangatlah membanggakan dan memberikanku banyak pengalaman. Tidak hanya dibidang kepenulisan blog, tetapi juga bagaimana tentang menjadi blogger yang terus mengembangkan skill set up biar tidak hanya diam ditempat. Sesuai dengan motto yang dimiliki oleh mereka “Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/ konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.”

Siapa nih yang penasaran dengan Komunitas Bloggercrony? Kamu bisa kepoin lebih lanjut tentang Bloggercrony di akun media sosial Instagram dan Twitter @bloggercrony. Pokoknya, selamat dan sukses terus untuk Komunitas Bloggercrony. Semoga tetap menjadi komunitas yang menjadi wadah para blogger terus meningkatkan skill set menjadi blogger yang mumpuni dan berkualitas. 



FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment