TIPS MENDAPATKAN PEKERJAAN SECARA ONLINE DI ERA DIGITAL

Post a Comment
Konten [Tampil]

Kebayang nggak sih kalau dulu justru untuk mendapatkan informasi lowongan kerja sangatlah sulit? Nah, untungnya di era digital ini ternyata sangat memudahkan para pencari kerja untuk mendapatkan informasi lowongan kerja. Tidak hanya itu, bahkan proses melamar kerja di era digital ini pun sangatlah mudah. Tidak dipungkiri, dengan adanya perkembangan teknologi dan internet membuat proses lamaran kerja menjadi mudah dan lebih efisien.

Tips mendapatkan pekerjaan secara online di era digital

Kemudahan mencari kerja zaman dulu vs zaman sekarang

Dulu pernah scroll sebuah forum lowongan pekerjaan di grup facebook. Nah, pada saat itu ada orang yang ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan A. Sayangnya, pada saat itu proses melamar pekerjaan belum yang secara online saat sekarang. Maka, untuk melamar pekerjaan tersebut harus menyiapkan dokumen yang di print atau ditulis tangan dan diantar ke perusahaan yang bersangkutan. 

Meski terlihat  simpel namun proses melamar kerja zaman dulu nyatanya sangatlah membuang waktu dan biaya. Pertama, waktu mendatangi perusahaan A untuk memberikan dokumen lamaran kerja. Bagaimana jika ternyata jarak si pelamar kerja dari rumah ke perusahaan jauh? Disisi lain, juga memerlukan biaya yang tidak sedikit salah satunya memprint dokumen yang disiapkan. Bahkan, pernah baca komentarnya ada si pelamar kerja yang sampai berhutang cuma untuk menyiapkan lamaran kerja. Kebayang nggak sih gimana sedihnya kalau ternyata lamaran kerjanya ditolak. Sudah rugi waktu dan biaya eh gimana cara balikin modalnya.

Untungnya, di zaman era digital ini mencari pekerjaan jadi lebih mudah dengan waktu yang lebih singkat. Dan tentunya dengan kehadiran internet cepat di Indonesia inilah yang membantu proses melamar kerja jadi lebih mudah. Selain itu, juga membuka kesempatan bagi perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak kandidat dengan membuka lowongan kerja secara online. 

Sekarang untuk menemukan lowongan kerja tinggal duduk manis saja di rumah. Bisa membuka situs perusahaannya langsung ataupun melalui aplikasi/platform lowongan kerja secara online. Dan untuk mengiriman lamaran kerja pun tidak perlu tulis tangan ataupun di print/fotocopy tinggal kirim melalui email dan tunggu balasan dari perusahaan. Gimana? Dengan teknologi digital dizaman sekarang maka akan mempermudah untuk mencari pekerjaan bukan? Jadinya para pencari kerja nggak perlu keluar rumah dan ribet urus ini itu, tinggal online semuanya beres.

Cara menemukan informasi lowongan kerja secara online

Nah, ngomongin mendapatkan lowongan kerja secara online. Gimana sih caranya kita menemukan informasi lowongan kerja secara online dengan tepat. Melansir dari situs tekno, berikut beberapa cara untuk menemukan informasi lowongan kerja secara online.

Mesin Pencari Pekerjaan: Sekarang ada banyak lho situs untuk mencari lowongan kerja seperti Kalibrr, Loker.id, Karir.com, JobStreet, dsb, yang menyediakan fitur mesin pencari pekerjaan atau job search engine. Kamu bisa mencari posisi yang tersedia di perusahaan-perusahaan atau dalam industri tertentu, berdasarkan lokasi, jenis pekerjaan, dan kriteria lainnya.

Website Perusahaan: Banyak perusahaan memiliki laman “karir” di website resmi mereka. Laman ini menampilkan posisi yang tersedia, kriteria yang dibutuhkan, dan cara untuk mengajukan lamaran. Ada juga informasi tambahan tentang perusahaan dan budaya kerja mereka sehingga memudahkan kamu untuk mengetahui sedikit informasi tentang perusahaan tersebut.

Media Sosial: Sekarang sosial media tidak hanya untuk mencari informasi nih. Bahkan bisa untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Kamu bisa memanfaatkan situs media sosial seperti LinkedIn, Twitter, Instagram, Facebook, bahkan TikTok, untuk memperluas jaringan dan menemukan lowongan pekerjaan. Kamu bisa mengikuti akun perusahaan di media sosialmu, sehingga jika ada informasi lowongan pekerjaan dapat kamu apply langsung.

Aplikasi Pencari Kerja: Tidak hanya sampai disitu, sekarang bahkan sudah banyak aplikasi pencari kerja yang bisa diunduh di perangkat smartphone. Pencari kerja bisa memperbarui profil dan mencari pekerjaan yang cocok dengan preferensi mereka secara mudah hanya dengan menggunakan aplikasi. Bahkan, fitur di aplikasi pencari kerja juga sangat banyak, salah satunya ada penyedia jasa konsultasi dan rekomendasi pengembangan karier melalui live-chat yang dapat membantu kamu menemukan pekerjaan terbaik.

Job Fair Online: Siapa bilang job fair cuma ada di offline? Sekarang justru banyak perusahaan mengadakan job fair online, di mana mereka menampilkan posisi yang tersedia dan memberikan kesempatan untuk berbicara langsung dengan tim perekrutan. 

Tips Mendapatkan Pekerjaan Secara Online

Dengan kemudahan teknologu di zaman era digital ini untuk melamar pekerjaan tentu ada beberapa tips atau hal yang perlu kamu lakukan agar proses melamar pekerjaan dapat berjalan dengan lancar dan lamaran kerjamu diterima. Yuk, simak dulu apa aja sih tipsnya?

1.Buatlah CV Semenarik mungkin

Saat melamar pekerjaan tentu CV ini merupakan bagian yang penting. Karena, biasanya perusahaan melihat bagaimana profil kamu melalui CV tersebut. Nah, usahakan membuat CV dengan semenarik mungkin dan kreatif ya. Dengan curriculum vitae yang kamu buat semenarik mungkin maka akan jadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk memilih apakah kamu pantas dan melihat apa saja kelebihan yang kamu miliki.

2. Sesuaikan dengan bidang yang disukai

Bekerja sesuai passion itu lebih menyenangkan, bukan? Usahakan untuk mencantumkan bidang yang kamu kuasai dan sukai saat melamar pekerjaan secara online ya. Karena, ini akan berdampak dengan kinerja kamu kedepannya. Hal yang ditakutkan jika tidak sesuai bidang yang kamu kuasai malah pada akhirnya resign, padahal baru saja diterima kerja. 

3. Gunakan situs terpercaya

Saat melamar pekerjaan online usahakan gunakan situs yang terpercaya ya. Karena, sekarang banyak banget lho informasi lowongan pekerjaan yang ujung-ujungnya cuma minta uang dan merugikan. Dengan mengggunakan situs terpercaya tentunya akan terhindari dari penipuan. Disisi lain, situs terpercaya biasanya akan memberikan informasi yang lebih lengkap dan akurat. 

4. Bangun personal branding di Media Sosial

Saat ini sosial media sudah sangat dikenal di Indonesia. Selain di website atau aplikasi pencari kerja biasanya perusahaan juga mencari karyawan dan membuka lowongan kerja lewat sosial media seperti facebook dan instagram. Nah, tidak menutup kemungkinan bukan untuk kamu mendapatkan pekerjaan melalui sosial media. Oleh karena itu, membangun personal branding di media sosial sangatlah penting jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. 

5. Maksimalkan Proses Pada saat wawancara

Jika kamu melamar pekerjaan secara online maka biasanya proses wawancara pun akan berjalan secara online. Saat proses wawancara secara online usahakan berpakaian rapi ya. Selain itu, usahakan jaringan internet stabil. Kebayang nggak sih saat wawancara ternyata koneksi internet sedang tidak stabil? Nah, penting banget untuk menggunakan internet cepat IndiHome dari Telkom Indonesia nih saat proses wawancara agar berjalan dengan lancar tanpa hambatan. 

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan secara online. Tidak dipungkiri memang dengan kehadiran internet di era digital ini membuat pencarian lowongan pekerjaan lebih efisien dan mudah diakses, sehingga membantu para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya.


Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment