BERSAMA BERGERAK BERDAYA UNTUK KEBERLANGSUNGAN BUMI DIMASA DEPAN

Post a Comment
Konten [Tampil]

Akhir-akhir cuaca terasa sangat panas sekali, bahkan sudah pakai kipas angin tetap saja berasa gerahnya. Bikin malas mau keluar rumah dong jadinya? Iya, di rumah aja kerasa panas banget apalagi jalan keluar rumah. Ada apa sih dengan bumi sekarang? Apakah bumi sedang tidak baik-baik saja?

 

Fakta Terkini Keadaan Lingkungan Di Indonesia

Bumi sedang tidak baik-baik saja itu menurutku memang benar adanya. Jika kita bisa melihat fenomena alam yang akhir-akhir terjadi maka kita akan sadar bahwa saat ini keadaan bumi memang sedang tidak baik-baik saja. Yuk coba kita intip apa saja sih fakta yang terjadi dengan bumi saat ini!

1.  Peningkatan Suhu Bumi

Salah satu efek paling cepat dan paling nyata dari pemanasan global adalah peningkatan suhu di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Apalagi yang kerasa akhir-akhir ini tentunya tidak lepas dari akibat pemanasan global dan juga perubahan iklim. Meskipun, BMKG mengatakan bahwa peningkatan suhu panas di Indonesia yang terjadi sekarang bukan karena akibat gelombang panas. Namun, tentunya peningkatan suhu panas ini sangat jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 

2. Terjadi bencana Alam 

Akibat dari perubahan iklim yang terjadi di daerah Indonesia khususnya tentu akan mengakibatkan kejadian ekstrem seperti banjir, longsor, dan puting beliung. 

3. Kerusakan Hutan

Seiring waktu berjalan hutan Indonesia sekarang semakin berkurang lho. Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS), luas tutupan hutan Indonesia sudah berkurang 956.258 hektare (ha) selama periode 2017-2021. Angka tersebut setara dengan 0,5% dari total luas daratan Indonesia. Kebayang ya? Artinya hutan Indonesia sekarang sudah semakin berkurang sedangkan penambahannya tidak sebanding dengan luasan hutan yang hilang. Bahkan, tidak hanya itu sekarang sudah banyak terjadi pembakaran hutan secara besar-besaran padahal Hutan mengatur iklim bumi dengan cara menyerap dan menyimpan karbon dioksida dari atmosfer. Karbon dioksida bebas akan berkontribusi terhadap perubahan iklim. Saat hutan dibakar, ditebang atau dirusak, karbonnya terlepas kembali ke atmosfer dan berakibat pada perubahan iklim.

4. Pencemaran Udara

Menurut Laporan Kualitas Udara Dunia IQAir 2021, Indonesia adalah negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ke-17 di dunia lho. Dan berdasarkan laporan tersebut juga menyebutkan bahwa Jakarta merupakan kota terpadat pertama yang paling berpolusi di Indonesia. Kebayang ya gimana pencemaran udara ini juga merupakan salah satu hal yang terjadi sekarang. Padahal dengan keadaan udara yang tercemar salah satunya adalah dapat mengggangu kesehatan. Ada banyak hal yang mengakibatkan pencemaran udara ini. Dan salah satunya adalah asap kendaraan bermotor yang ada diperkotaan. 

Hal-Hal yang bisa dilakukan untuk tetap Menjaga Bumi 

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga bumi ini. Bahkan, dari hal-hal kecil yang kiranya kita lihat biasa saja juga berdampak lho pada lingkungan dan menahan laju pemanasan global yang terjadi sekarang. Berikut hal-hal kecil yang aku lakukan untuk tetap menjaga bumi ini, yaitu:

1.  Tidak Membuang sampah Sembarangan

Yep, ini adalah hal yang paling dasar dan paling penting menurutku. Kenapa? Karena masih banyak orang diluar sana yang seenaknya membuang bungkus permen, bungkus makanan dan sebagainya disembarang tempat. Disisi lain, permasalahan sampah di Indonesia ini termasuk permasalahan yang besar lho. Khusus sampah sendiri, dampaknya sangat besar karena memberikan kontribusi besar terhadap emisi gas rumah kaca dalam bentuk emisi metana (CH4) dan karbondioksida (CO2). Nah, kalau kita tidak bisa mengelola sampah dengan baik setidaknya tidak membuang sampah sembarangan. Bagus lagi, jika kita sadar untuk mengelola sampah dengan baik. 


2. Hemat Listrik & Air

Siapa yang sering kalau habis charger handphone terus colokannya nggak dilepas? Hayo ngaku! Entah kelupaan atau emang kebiasaan hal ini juga berdampak lho untuk lingkungan. Nah, penting banget untuk menghemat listrik nih. Apalagi jika pada saat siang hari tidak menyalakan lampu. Selain menghemat listrik, penting juga untuk menghemat pemakaian air. Kenapa? Karena, menghemat air juga mengurangi polusi karbon. Hal itu karena butuh banyak energi untuk memompa, memanaskan, dan mengolah air yang kita gunakan.

3. Menggunakan Transportasi Umum

Sadar nggak sih sekarang setiap orang sudah memiliki kendaraan pribadi masing-masing. Bisa dilihat ya dari transportasi umum yang semakin sepi. Padahal dengan cara menggunakan transportasi umum kita juga berperan penting untuk menjaga bumi ini.

Bisa juga dengan cara membatasi penggunaan mobil dan sepeda motor untuk menempuh jarak jauh, untuk jarak dekat kamu bisa memulai kebiasaan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Hal ini akan membatasi peningkatan karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer juga lho. Kalau jarak jauh? Kamu bisa menggunakan transportasi umum.

4. Menanam Pohon

Pohon berperan penting dalam meredam gas rumah kaca yang menjadi penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim. Karena, pohon berfungsi menyimpan karbon yang menjadi sumber utama penyebab pemanasan global. Dengan adanya pohon, zat karbon akan diikat oleh pohon dan disimpan untuk menjadi bahan makanan yang akan diproses dalam fotosintesis. Dan tumbuh-tumbuhan membutuhkan karbon dioksida (CO2) untuk melakukan fotosintesis yang kemudian akan menghasilkan oksigen (O2).

Nah gimana? Memang sudah seharusnya tugas kita semua untuk #BersamaBergerakberdaya menjaga bumi ini dan dimulai dari tindakan kecil yang bermanfaat #UntukmuBumiku. Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau #BersamaBergerakBerdaya versi kalian apa nih? Boleh dong tulis di kolom komentar ya!



Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment