CARA INSTALL/PASANG GOOGLE ANALYTICS 4 (GA4) DI BLOGSPOT

Post a Comment
Konten [Tampil]

Siapa nih disini yang sudah migrasi dari Google Analytic lama atau Universal Analytic(UA) ke Google analytic 4 (GA4)? Setiap membuka Google Analytic versi lama beberapa waktu ini aku selalu disuguhkan dengan peringatan bahwa harus update menjadi GA4. Karena sejak tanggal 1 Juli nanti UA tidak akan berlaku lagi nih artinya mau tidak mau emang harus instal GA4.Sebagai buibu yang masih berusaha keras membagi waktu untuk blog dan anak tercinta. Sungguh rasanya untuk migrasi ke GA4 ini perlu effort dong ya. Karena, salah satunya nggak punya waktu banyak untuk oprek blog seperti zaman masih single, hehe. Kalau sekarang? Mau oprek blog eh tiba-tiba anak nangis yaudah deh tunda dulu ngerjainnya. Siapa juga nih yang sama kek gjni juga? 

Untungnya, aku dapat info ternyata BRT Network mau ngadain kelas cara Install Google Analytic 4 (GA4) di blog. Tentunya aku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini dong. Cuss ajalah daftar dulu kelasnya, mau pas hari H berjalan lancar atau nggak ikut kelasnya urusan belakangan.

Belajar Cara Pasang GA4 Bersama Kelas BRT Network

Nah, kelas cara install atau pasang Google Analytic 4 (GA4) di blog ini diselenggarakan oleh Mas Pewe dan Mba Monic. Awalnya sempat ragu-ragu ya mau ikut atau nggak karena takutnya aku nggak bisa fokus ikut kelasnya apalagi kelas BRT Network ini nggak cuma dengerin aja sih tapi langsung praktek. Sangat disayangkan sih kalau aku melewatkannya apalagi kelasnya 100% gratis lho. Dan kebetulan materi tentang GA4 ini aku belum paham banget. 

Untungnya kelasnya juga diadakan malam hari yang kemungkinan anakku juga udah tertidur. Meskipun pada saat kelasnya mulai aku terlambat masuk kelas dan akhirnya kelewatan step by step diawal. Alhamdulillahnya Mas Pewe dengan sabar memberikan penjelasan step by step cara pasang GA4 secara berulang-ulang dikelas ini sampai semua peserta paham cara install Google Analytic 4(GA4) di blog.

Langkah-Langkah Install/Pasang Google Analytic 4 (GA4) di Blogspot Terbaru

Pastinya buat kamu pengguna blogspot sudah tidak sabar ingin mengetahui bagaimana cara pasang GA4 di blogspot. Sebelumnya ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan nih, langsung saja ya aku bakal ngasih tau langkah-langkahnya, yaitu:

1. Cara Setting GA4

2. Cara Setting Google Tag Manager

3. Memasang script Google Tag Manager di Blogspot

Cara Setting GA 4

Nah, sebelumnya kamu perlu membuat properti GA4 baru di Google Analytic ya:

1.Buka halaman Google Analytics dan masuk ke bagian admin (simbol roda gigi sudut kiri bawah)

2. Buat sebuah properti baru



3. Lalu isi detail properti dengan nama properti sesuai keinginan. Pilihan negaranya Indonesia dan ubah zona waktu ke wilayah masing-masing (GMT+7, +8 atau +9) dan Pilih mata uang Rupiah kemudian klik berikutnya. 



4. Setelah itu kamu akan diminta mengenai detail bisnis, tujuan bisnis, dan terakhir pengumpulan data pilih “web”.





5. Setelah itu maka kamu diminta untuk membuat aliran data baru dengan memasukkan nama aliran data dan url. Setelah itu klik buat aliran data baru


6. Nah setelah itu muncullah detail aliran data web yang sudah dibuat. Nanti kamu akan mendapatkan ID pengukuran datanya G-XXXX (Di kanan atas), ID ini yang nanti akan digunakan di setup Google Tag Manager.


Cara Setting Google Tag Manager

Selanjutnya kita buka tab baru Google Tag Manager. Jika kamu belum memiliki Google Tag Manager maka kamu bisa membuatnya dengan menggunakan akun Google ya. 

1. Buka halaman tagmanager.google.com

2. Lalu dikanan atas klik buat akun, tambahkan nama akun, negara, di bagian container setup masukkan url blog kita tanpa http/https dan target platformnya web

3. Setelah kita ada di halaman workspace GTM klik tambahkan tag baru



4. Di bagian tag configuration klik dan pilih GA4 Configuration. Masukkan ID pengukuran GA dan untuk ntuk bagian triggering/pemicuan pilih All Page untuk mengukur pageview


Nah, sampai sini tahapan pemasangan GA4 belum selesai ya. Kamu masih perlu pasang kode GTMnya di blogspot nih!

Cara Memasang script Google Tag Manager di Blogspot

1. Masih di GTM pindah dari tab workspace ke tab Admin

2. Di bagian penampung ada menu install Google Tag Manager silahkan di klik bagian ini


3. Ada dua kode yang perlu kamu pasang di blogspot, yaitu kode atas untuk bagian head dan kode bawah di bagian body. Copy dulu bagian head

4. Sebelum di paste ke template, silahkan parse dulu kode GTMnya ya. 

5. Setelah diparse, selanjutnya buka dashboard Blogger.com dan masuk ke bagian tema. Klik sesuaikan dan pilih edit html

6. Paste hasil parse tadi dibawah kode <head>

8. Selanjutnya kembali ke GTM untuk mengcopy kode kedua. Sama seperti kode pertama, lakukan parse kode dulu sebelum dicopy ke template blogger ya

9. Cari kode <body> lalu Pastekan kode parse kedua kamu di bawah kode <body> tersebut

11. Setelah itu simpan template kamu

Nah itulah cara pemasangan GA4 di blogspot terbaru ya. Semoga membantu buat kamu yang bingung bagaimana cara pasang GA4 di blogspot .Oh iya, karena bakal ada kelas lanjutan aku bakal nambahin tulisan ini nantinya tentang bagaimana cara melihat apakah settingan GA4 sudah berhasil di blogku atau tidak. 

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment